Cerita Rujak Bebeg

Sumber


Cerita ini berawal dari santai sore di teras rumah gue yang enggak seberapa sambil mandangin ikan-ikan lucu terus ngebayangin enaknya ditepungin, dicabein atau digoreng gitu aja (lalu siap dilempar bata sama kakak gue selaku yang empunya peliharaan).

Sambil ngebayangin ngegoreng ikan seakan dilempar ke masa lalu gue juga jadi inget gimana gue dulu doyan banget maen sepak bola depan rumah atau jajan bajigur dan ah.. satu hal teringat di otak gue yang lebih kecil daripada kepalan tangan gue, terselip sempurna seperti celana dalam di bagian batang otak gue (apakah kalian sudah merasakan kejanggalan hubungan antara ngegoreng ikan sama cerita masa lalu gue? oke abaikan saja gengs).

Cerita misteri dari tukang rujak bebeg, tahu kan kalian rujak bebeg?
Itu loh rujak yang di bejek-bejek, biasanya anak sini ngomongnya babang rujak bebeg paporit, ingat gengs pake ‘P’ ya bukan ‘F’ dan ‘V’.
Nah abang rujak bebeg ini sangat suka bercerita, syaratnya gampang. Ente beli ane ceritain.
Kita para anak-anak muda dengan semangat menggelora yang sangat haus akan kasih sayang cerita anak-anak dengan antusias mengantri membeli untuk mendengarkan cerita yang sangat gue inget sampe sekarang karena itu cerita kebawa sampe mimpi gue. Kalau gue pikir sekarang ini cerita itu sangat tidak mendidik dan rasional hingga gue merasa waktu kecil gue dihabiskan dengan sangat tidak berfaedah.
Kalau anak-anak yang beli sudah dirasa cukup itu babang rujak paporit akan mulai bercerita dengan berdeham dahulu.
Gue yang biasanya barisan paling depan, karena badan gue cukup gede kala itu dan bisa dibilang ‘laki’ bener makanya selalu dapet tempat strategis bisa jadi yang terdepan.
“Jadi begini ceritanya.. Heh tong kalau mau dengerin beli dulu”
Sepetik cerita dipenggal epik dengan warning yang sangat semangat, anak yang mau dengerin itu pun akhirnya beli.
Nah akhirnya tuh babang ngebebeg sambil cerita. Sebenernya kalian pada bisa bayangin enggak sih, dia cerita dengan efek hujan sambil ngebebeg rujak?
Gue sih sekarang mual ngebayanginnya. Ternyata camilan gue sarat dengan ludah dari tuh babang.

Nah singkat potongan tuh babang bebeg, begini cerita lengkapnya.

“Jadi begini ceritanya, ini cerita dari Kalimantan punya. Kisah nyata, enggak bohong dan teruji. Dahulu kala ya, ada seorang wanita berparas cantik. Saking cantiknya banyak pemuda yang mau melamar. Tapi namanya nih wanita sok jual mahal akhirnya dia nolakin pemuda yang melamar ini wanita. Kalian tahu kan, cowok kalau ditolak itu nyeremin, akhirnya ini wanita hidupnya enggak tenang dan meninggal di tangan pemuda-pemuda yang udah ditolak lamarannya sama dia. Dia meninggal terus jadi hantu gentayangan, nah gentayangannya juga tuh ya cuman dari kepala sampe organ tubuhnya melayang-layang”

“lah kok bisa cuman organ tubuhnya doang bang?” diselak sama temen setongkrongan

“ya bisa..” timpal abangnya

“Ngomong-ngomong organ tubuh apaan?” disahutin sama gue, wajar anak kelas 3 SD elu ngomongin organ tubuh gue tahunya juga organ tunggal terus disawer, sawerannya taro dibelahan dada.

Abangnya diem.
Ditungguin abangnya masih diem.
Terus ditungguin abangnya diem.
Sampe akhirnya dia naro alat bebegnya di pikulannya. Waktu zaman itu abang-abang masih banyak yang pake pikulan, jarang gerobak karena masih mahal banget.

“Nah cerita ntu nih hari sampe sini aje dulu. Besok kalian beli lagi sama abang entar abang ceritain lengkapnya”

Kita pun terdiam,
Terdiam sampe abangnya ninggalin
Lalu kompak berkata
“yaaahhh..”

Besoknya kita nunggunya excited kayak nungguin Lady Gaga pake BH berapi dong, mantengin tempat tongkrongan dia biasa jualan, dengan sangat sabar tingkat dewa sampe akhirnya maghrib menghampiri dan satu satu mulai berguguran diseret emak pulang buat mandi dan belajar.

Babang rujak bebeg paporit tiada kabar seperti hilang ditelan bumi, apakah dia digondol hantu gentayangan yang cuman organ tubuh itu doang?
Bahkan sampe sekarang pun kita tidak bisa menemukan jawaban sesungguhnya dari abang itu kenapa si wanita itu jadi hantu gentayangan tapi cuman kepala sampe organ tubuhnya doang.

Ini sungguh sebuah misteri yang tidak terpecahkan.
Sungguh sungguh sebuah ironi kehidupan.

No comments:

Post a Comment