My Android My World


Android Community Gathering

                
Hola Lebaiers, kita balik ketemu lagi nih, kali ini gue bakal ngebahas tentang Android Community Gathering yang berlokasi di fX Sudirman, pintu senayan satu.
Setelah tanya sana sini dan sempet ragu akhirnya gue dan motor beaty gue nyampe (lokasinya ternyata sering gue lewatin #tepokjidat), rintangan pertama terlewati datang lagi rintangan berikutnya, parkirannyaa dimana!! -__-“ dan setelah bertanya sana sini (lagi) gue nemu parkiran motor yang letaknya nyempil kayak sumpelan dan sumfeh kapasitasnya sedikit sekali (ya iyalah prioritas mobil XD)






Nah sudah parkir pe-er lagi nyari dimana tempatnya (harap mahfum baru pertama kali masuk lewat sih gak usah ditanya). Nah pas udah nyampe tempat dan regis, jam udah nunjukin pukul 11.30 dan undangan langsung dipersilahkan untuk makan #inidiayangguetunggu #makangratis #makanenak #hoho, kita makan diiringi sama Sky Sound Indo (lu bisa langsung cekidot ke twitter atau cloud dengan nama yang sama @skysoundindo).
Pukul 13.15 pembukaan sambutan dari chip, lalu Agus Hamonangan pendiri ID Android yang sedikit memberikan presentasi tentang sejarah dan perkembangan Android yang dimulai. Dimulai dari Andy Rubin sang bapak Android, lalu tahun 2007 konsorsium sekitar 80-an, tahun 2008 setelah melewati proses panjang akhirnya Android lahir dan dipublikasikan.
Perkembangan Android OS sendiri terdiri dari CDEFGH
Cupcake (ver 1.5/2009)
Donut (ver 1.6/2009)
Éclair (ver 2.0/2.1/2009)
Froyo;Frozen Yoghurt (ver 2.2/2010)
Gingerbread (ver 2.3/2010)
Honeycomb (ver 3.0/3.1/2011)
ICS;ice cream sandwich (ver 4.0/2011)
Jelly Bean (ver 4.1/2012)
Jelly Bean (ver 4.2/2012)
Nah lho gue juga baru sadar yang ini nih, ternyata tingkatan OS Android itu dimulai berurutan dari cdefgh (soal kenapa gak dari A aja jangan tanya, karena beliau juga gak tau *okey!)

Setelah itu beliau memaparkan 10 negara terbanyak mendownload, tetapi Indonesia Negara dengan penduduk keempat terbanyak dan gue rasa pemakai android juga banyak tidak menempati 10 negara terbanyak -_-“ haii kalian para android lovers pasti punya hape cuman buat nelfon sms, sukur-sukur internetan :P

Selesai sesi dengannya ternyata dibuka pertanyaan (dan berhadiah power bank #sayang #gaksempettanya)
Dimulai dari
Q : Cara menanggulangi anggota yang banyak
A : Kalo dia melakukan kesalahan jangan pernah menghukumnya dimuka umum, biarkan sesama anggota yang menilai apakah dia salah atau tidak
Q : Bagaimana kalo ID Android sebagai komunitas mengulik lebih jauh masalah teknis dan bagaimana dengan bundling
A : disini ID Android dan komunitas lain umumnya hanya sebagai mendiator terlebih ID Android lebih mengulas kepada OS bukan masalah spesifik teknis seperti itu diluar daripada sharing

(13.05)

Akhirnya tibalah pembicara utama acara ini Andry Jiang, mengawali sesi pertama ini dia menyampaikan hal-hal berikut (yang udah gue singkat sebisa mungkin, hehe)
Android Innovations Jelly Bean
-multi user
-day dream
-external display support
-rich notifications
-google now
-photosphere
-Smarter keyboard with gesture typing
-processor and ram
-display (lcd & ips)
-sensors
-usb otg






(13.35)
Sesi satu yang gue rasa singkat banget dan kebanyakan mengulas hal-hal yang emang (mungkin) bisa langsung di searcholeh mbah google yang (malah) bakal lebih spesifik lagi. Sesi satu ini ditutup dengan pertanyaan.
Q : Cara upload .apk ke google play
A : beli account > punya kartu kredit > bikin google wallet tapi sayang di Indonesia sendiri hal ini masih tidak memungkinkan
Q : Google Now apakah hanya notif saja
A : dia adalah panel utama yang menggabungkan beberapa informasi

(14.00)
Usai tanya jawab acara langsung dilanjutkan sesi dua untuk para developer, nah disini semua mata langsung terfokus dan orang-orang rasanya jadi lebih khusyuk untuk mendengarkan w.o.w
Ini dia gue ringkas apa yang disampein yang sebenernya udah sangat ringkas (haha)
Jadi simplenya developer itu kalo digambarkan gampang cukup ide > olah > upload tapi kalo dipraktekannya sangat sangat butuh programming plus desain skill, apalagi untuk para develop game membuat game sampai berbulan-bulan bahkan tahunan merupakan suatu kewajaran, untuk .apk sendiri sebenarnya tidak terlalu susah, kesulitan itu sendiri ditemui ketika pengaplikasiannya, karena satu hp dengan hp lain, dengan tingkat OS yang berbeda, dengan tingkat kemampuan yang berbeda menjadi soal tersendiri untuk para developer.
Belajar lebih detail pun sebenarnya bisa dilakukan secara manual dan mudah karena kini sudah terlalu banyak komunitas dan orang-orang pintar yang senang sharing tentang ilmunya dalam wadah yang disebut mbah google.

Monetizing our app
-          Sell it on play store or other application store
-          We sell digital contents or extra features as in app purchase
-          We put ads on it (and yeah absolutely some users hate that)


Dan inilah jejak terakhir kita tanya jawab
Q : Bagaimana kalo kita mau menjual sedangkan kita adalah programmer?
A : gunakanlah marketing, kita tidak perlu memikirkan hal-hal seperti itu kalau sudah ada ahlinya bukan, namun kalo memang kita mau bekerja benar-benar secara mandiri maka belajarlah business plan dan berkomunikasi dengan orang lain
Q : Engine game apa yang paling sering dipakai
A : Open Go Mobile
Q : Sponsor apa yang paling gampang
A : teman keluarga saudara, tawarkanlah ke orang terdekat sebelum ke pasar yang lebih luas

Okey usai tanya jawab pengumuman pemenang pun segera dilemparkan yang berarti pertanda kita harus out dari tempat itu.
Tapi lebaiers sebelumnya gue mampir dulu nih ke sebelahnya penggalangan 60 earth hour. :D














2 comments:

  1. masiih ga suka android sama bb sih aku hehehehe... tapi nice post lah!

    ReplyDelete