UPIL

Hoiiii..
udah pada tau dorodongsss judul yang diatas itu apaann..
UPIL ato kotoran idung dan aktivitas melakukannya adalah mengupil yang dalam bahasa inggrisnya nose-picking dan bahasa ilmiahnya RHINOTILLEXOMANIA (buset dah ribet banget namanya )
bagi sebagian orang bahasa ilmiah ini bisa juga dianggap aktivitas mengupil lalu memakannya..
wew memakannya??

yap begitulah ada looh yang bilang mengupil lalu memakannya adalah sebuah tindakan yang baik untuk kesehatan dan akan meningkatkan imunitas kita. Tapi sebelum kita loncat kesitu, gue bakal jelasin dulu tentang asal muasal si UPIL, aktivitas yang paling menyehatkan ini..


Bagaimanakah UPIL terbentuk 

UPIL ini terbentuk ketika kita bernafas, dimana mikro-organisme dan debu yang berada diudara masuk ke hidung dan tersangkut di bulu hidung. Itulah makanya warna upil sering terlihat coklat kehitaman, karena itu merupakan warna dari debu yang bertebaran di udara. Uniknya saat kita bernafas di daerah yang memiliki kandungan debu yang banyak di udara atau daerah berpolusi, maka upil yang ada di hidung bisa berukuran sangat besar (dalam kata lain, upil itu adalah sebuah pengukur terbaik tingkat kebersihan udara disekeliling kita). Nah fungsi dari bulu hidung yang ada di idung itu sendiri untuk menangkal debu-debu dan kotoran masuk ke paru-paru. Walaupun debu dan mikro-organisme itu bisa melewati bulu hidung, masih ada nih lendir/ingus yang bertugas membantu bulu hidung mencegah kotoran dan mikro-organisme memasuki paru-paru.
selain tuh bulu idung sebagai saringan nih, tuh bulu idung dan lendir/ingus berfungsi untuk memabntu meningkatkan kelembaban udara yang kita hirup agar nyaman saat masuk ke paru-paru (Sumber)
nah, buat yang doyan cabut bulu idung, harus mempertimbangkan untuk mereboisasinya lagi tuh.. seenggaknya kalo si bulu lebih panjang dari idungnya bisa atuh dipotong ^^

Terjadinya Aktivitas Mengupil

Ketika proses penyaringan terjadi oleh barikade bulu-bulu yang terdapat dihidung, lalu mengering, terbentuklah gumpalan-gumpalan kecil hasil dari proses penyaringan segala kotoran yang mengendap di lubang hidung kita, nah bila kotoran dilubang hidung udah mulai banyak dan numpuk biasanya nih upil bakal nyembul dari persembunyiannya. Nah bila udah begini segeralah bersihkan dan dari sinilah aktivitas yang nikmat a.k.a mengupil itu terjadi.
ini adalah cara ngupil yg ajaib

Mengapa UPIL asin?

Pasti kalian nebak-nebak berhadiah tau darimana coba gue kalo upil tuh asin (yang meski sebenernya gue agak ragu kalo abis ngupil gue cuci tangan apa kagak ya?) tapii menurut temen-temen gue yang kebetulan suka makanin upilnya dan jangan tanya gue cara mereka memakannya bagaimana..
UPIL itu rasanya asin asin begimana gituu... nah sebenernya rasa asin dari upil itu timbul karena komponen lendir hidung yang memang terdiri atas cairan yang mengandung protein, karbohidrat, garam-garaman hasil ekskresi dan juga debris sel. (we-ew-we bingit yee guys, lendir kitee ada karbohidrat plus proteinnya)

Memakan UPIL, Sehat?

Nah, ini diaa..
menurut dokter spesialis paru-paru asal Austria, Prof Dr Friederich Bischeinger, pernah menyarankan orang untuk makan upil, karena diklaim bisa meningkatkan kekebalan tubuh. 
Penemuan Prof Bischeinger tahun 2004 sempet jadi kontroversial nih guys. Jelasnya sih banyak orang awam dan paramedis yang menolak mentah-mentah teori ini dan mengatakan teori itu gak masuk akan.
Menurut Doi..
"Makan upil kering adalah cara yang bagus untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Secara medis itu masuk akan dan hal yang wajar dilakukan. Dalam sistem kekebalan tubuh, hidung adalah filter yang menyaring banyak bakteri menjadi satu dan ketika campuran ini tiba di usus akan bekerja seperti obat.
Obat moderen selalu berusaha untuk melakukan hal yang sama dengan metode yang jauh lebih rumit, orang-orang mengupil dan memakannya secara alami mendorong sistem kekebalan tubuh mereka secara cuma-cuma jadi bisa dikatakan upil juga bisa bertindak sebagai vitamin yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh" (wah ini kayak kalo kita minum urine kita sendiri yaa lebaiers..)

Mengupil Sehat

Well lebaiers, bagaimanapun mengupil adalah sebuah kegiatan yang menyenangkan dan menyehatkan, maka dari itu selalu ada kaidah-kaidah dari mengupil ini, yakni :
  1. Mengupil harus dilakukan setiap hari atau secara rutin mengingat kita selalu bernafas, dan dari kegiatan itu hidung pun berproduksi menghasilkan kotoran-kotoran. 
  2. Jangan pernah memaksakan upil loe keluar, karena dapat menyebabkan sakit didalam hidung yang luar biasa, mungkin hal ini bisa dikeluarkan dengan memencet lubang hidung lalu menghembuskan nafas dengan kencang untuk mengeluarkan si upil atau benda asing didalam idung
  3. Jangan pernah mengupil di depan orang lain, karena dapat menimbulkan prasangka yang tidak-tidak
  4. Ngupil dapat menjadikan hidup anda sehat dan lebih bahagia, karena dengan begini anda tau bahwa bagian dalam tubuh anda telah bekerja dengan baik dan semestinya 
  5. dan yang terakhir menurut gue, mengupil akan lebih nikmat menggunakan tangan sendiri (yakalii ada orang lain yang mau bantuin ngupil, hahaha)
Strategi Mengupil

Wew mengupil punya strategi?? itulah yang juga gue pertanyakan begitu ngebaca artikel ini dan akhirnya nyantumin di blog gue ::
" Even the simplest things in life need theory, even strategy. (kalo diterjemahkan sekenanya kira-kira: Bahkan sampe hal paling sepele dlm hidup pun butuh teori, bahkan butuh strategi)
Begitu yg ditulis di iklan dari Dentsu Strat, yg dimuat di sebuah majalah periklanan, yang saya baca di suatu klinik.
Ternyata ini “cuma” soal teori bgm mengupil yg baik. Tp walau Cuma urusan bagaimana cara mengupil, saya kok percaya ini teori yang serius. Ini soal strategis.
Begini bunyi teori itu: (1)Saat mengupil, pastikan tak ada yg melihat. (2) Gunakan jari ukuran terkecil utk bs menjangkau upil di hidung kita. (3) Lakukan gerakan memutar dg ujung jari, shg upil yg menempel di ujung jari, bs ditarik keluar hidung. (4) Sekali lagi, pastikan tak ada yg melihat kita (5) Bidik dan jentikkan upil yg msh menempel di ujung jari ke arah yg kita suka (6) Kembali berkegiatan normal. Seakan tak terjadi apa2. Agar tak menarik perhatian org di sekeliling. "


BAHAYA KELEBIHAN MENGUPIL

Di atas gue jelasin gimana mengupil itu adalah kesehatan, tapi ini dia bahaya mengupil kalo keseringan alias sudah tergila-gila dengan mengupil (inget loh, sering dan setiap hari/rutin itu berbeda). Jadi inilah dampak yang ditimbulkan kalo keseringan ngupil :

1. Mudah terjangkit virus flu ::
Terjadi karena sering masuknya jari-jari yang sudah terkontaminasi oleh virus flu. Maka dalam beberapa hari kedepan, loe bisa aja mengalami flu, tenggorokan terasa gatal dan timbulnya bersin-bersin.
  
2. Mimisan ::
Nah kondisi yang macem ini terjadi ketika loe ngupil keseringan dan paksaan, lapisan dalam hidung luka sehingga memicu timbulnya mimisan.

3. Infeksi ::
keseringan memasukkan jari yang entah udah dicuci ato belum, dapat menyebabkan kuman dan bakteri lebih mudah masuk kedalam tubuh melalui hidung dan menyebar ke bagian tubuh yang lain

4. Merontokkan rambut hidung ::
kalo loe pada udah ngupil terus-terusan dan konsisten ini akan menimbulkan kerontokan rambut hidung. padahal yang udah dijelasin diatas, bulu hidung sangat berguna dalam penyaringan debu dan polutan udara, dan jelas banget semakin sering tuh bulu idung rontok maka semakin mudah debu dan bakteri hinggap di badan loe.

5. Membuat Meninggal
Ini yang gue bilang di sebelumnya, ketika loe paksa upil atau benda asing yang sulit dikeluarkan lalu (dalam hidung terdapat tulang yang disebut tulang ethmoid, yaitu tulang pemisah hidung dari otak) tertusuk atau terluka, maka cairan otak bisa bocor dan menyebabkan meningitis.


10 comments:

  1. Diliat dari judulnya udah nyangka kalo itu upil, dan ternyata beneran upil :D
    Ga nyangka aja kalo ternyata ngupil butuh strategi juga. Semangaaat dah buat ngupilnya *ikutan ngupil* hahhahaa

    ReplyDelete
  2. pengalaman gue, emang bener gue suka ngupil, tp g sesering jaman SD dulu, soalnya pernah pengalaman akibat ngupil yg terlalu semangat akhirnya idung gue mimisan dan pas itu gue terpaksa harus dipulangkan ke rumah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wew... pasti perih banget sampe goyang pinggul tuh..

      Delete
  3. Hahaha ngakak baca ini... detail banget ngomong tentang upil, sampe ngebahas strateginya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. well sekecil apapun itu pasti butuh strategi, kayak kalo mau pedekate #eaaa

      Delete
  4. Replies
    1. yoii.. bedanya kalo udah dapet langsung dibuang #kasian

      Delete
  5. guru SMA gue bilang "Bergerilya"~ hahaha :D

    Nice post :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jiakakakak, mungkin kalo dilakukannya bergerilya juga menyenangkan XD

      Delete