Cerita di hari Sabtu

Baiknya kita mulai darimana cerita yang pengen banget gue ceritain dari A sampai Z, dari melek mata sampai merem lagi, tadinya bahkan dari gimana proses pembuatan gue, cuman takut gak lulus sensor KPI, bisa-bisa blog gue yang udah punya rakyat sejuta dan pembacanya cuman hasil nyasar atau gagal keyword diblok, akhirnya gue sedih dan gali ubin di pojokan buat nanemin kabel macem pemerintah yang kerjaannya cuman bongkar pasang jalanan.
Bayangin aja nih ya, itu jalanan udah dibagus-bagusin, pinggirannya udah dirapih-rapihin, pakenya beton bukan maen kan, terus tiang listrik yang ditengah jalan udah digusur minggir eh besoknya tiba-tiba ada galian alai alam, gimana hati gak jadi menderu-deru kesal bin titannya eren dan segala mahkluk bumi jadi pengen dikatai-katai.
Kemacetan pun tak terelakkan menjadi hal yang diwajarkan dan jam keberangkatan jadi maju. Tapi masalahnya buat apa kalian bayangin kalau didaerah kalian juga begini? ya sudahlah kita merasakan hal yang sama, mari kita bersulang atas teh botol di kemasan kotak.

 Pagi ini gue bangun dikala toa masjid dengan suara bapak-bapak cempreng neriakin orang-orang biar bangun dan kelewatan sholat subuh, kira-kira begini bunyinya yang mampu gue tangkep dengan sangat sadar karena secara kebetulan masjidnya ada persis didepan gang rumah gue yang tusuk sate.
"Bangoonn bangooonn, bapak ibu bangoon sekalian anaknya bangoniiinn, ayo ayo sholat", caranya mengingatkannya memang sangat menyentuh hati yaa cuman secara suaranya cempreng gue yang gak semangat aja bisa jadi suntikan semangat.. dengan ngetawain dia, kurang dosa apa gue coba begitu melek mata udah ngetawain niat baik orang.


Hari ini gue ujian Pajak, iye gegaya banget emang. Sok-sokan belajar Pajak kayak kapasitas otaknya mampu aja, sampe sekarang aja gue lulus kuliah udah cukup mengherankan kok apalagi ditambah ikut beginian. Cuman demi harkat martabak asin punya kang Hasan yang uenak menurut versi daerah gue, gue beranikan diri mengikuti Brevet AB. AB aja kalau ditambah C takut jadi profesor pajak gue.
Belajar semalam, padahal niat belajarnya udah seminggu lalu. Hal cerdas yang gue lakukan adalah gue adalah tipe orang yang sebenernya gak bisa belajar instan, seperti yang gue bilang kapasitas otak gue itu terbatas, khayalannya aja yang gak ada tepinya. Belajar dari jam 4 pagi sampe jam 7an setelah itu gue merem melek, ngantuk bro..
Bercandain ponakan yang lagi nginep sampe badannya kejang-kejang ngeliat tingkah laku gue yang absurd, makan terus gue berangkat.
Dalam hati jelas deg deg serr rasanya pengen gue nyanyiin jaran goyang bedanya gue ke mbah dukun minta jawaban dari soal yang keluar nanti.
Sampe kelas jam 9 dan udah ada pengajarnya, sebenernya udah menurunkan gengsi gue nih, mana pernah ada pengajar dateng ngeduluin gue, sakit hati bener gue #gegayaan
Duduk, terus ngedengerin dia ngomong. Gue kurang suka cara ngajar dia yang udah terlalu text book, soalnya Puji Tuhan sampe sekarang gue masih bisa baca dan gue bisa banget cuman baca PPT dia.

Ngedengerinnya sebentar abis itu gue lanjut belajar dimana gak konsen karena ngantuk parah. Gak lama setelah snack time datenglah pengawas, kali ini gue sujud syukur karena meski dia ngawasnya ketat tapi mukanya gak kayak muka setan macem pengawas ujian pertama kali, yang sempet kena tegor sama temen gue untuk nyeting mukanya biasa aja, kita gak bakal makan satu sama lain kok.
Anjay tiba-tiba gue bebayang dia adalah juri dalam sebuah kandang berisi zombie yang akan memakan satu sama lain karena kelaparan, begitu ada yang mau makan temennya dia gak segan-segan mengeluarkan sinar dari matanya. Kacoow banget kalau kata McQueen.

Singkat kata singkat cerita karena kalau kepanjangan takutnya gue buat novel terus laku, dijadiin script, dimaenin artis-artis kenamaan dan kekinian, meledak dipasaran dan gue jadi ikutan terkenal terus repot. Untuk ujian kali ini gue give up, melambaikan tangan tepat ke arah ujung tembok kemudian gue digeplak karena ternyata itu bukan ajang reality show dimana banyak setan berkeliaran, terus kesurupan dan ngomong pake bahasa jawa, kali-kali gue mau dong dimasukkin terus dia ngomongnya pake bahasa inggris, syukur-syukur pas kesurupan gue lagi ikut ujian TOEFL atau IELTS.
Ternyata apa yang gue rasain dirasain juga sama temen-temen gue yang jumlahnya gak seberapa, sebenernya seberapa waktu pertama kali mulai, 8 orang. Eh makin kesini yang mampu bertahan dan tidak pulang membawa koper hanya 6 orang, itu juga syukur alhamdulilah kalau ada yang gak cabut macem gue yang kerjaannya cuman cabut-in bulu ketek tetangga.
Pada akhirnya obrolan di chat room Brevet sehubungan dengan "Pasti ngulang nih.." berlandaskan ketidakyakinan yang sangat hakiki membuat pembaca pun menganggukkan kepala. Sebenernya bukan soalnya yang susah, unpredictable aja.
Jadi begini lu dengan susah payah mengerjakan lahan buyut lu, gimana itu diwariskan turun temurun sampe penyusutan hasil panen dari lahan tersebut, tapi pertanyaannya ternyata bukan cuman lahan buyut lu sampe keturunannya, segala tetangga sampe pak RT dan camat ditanyain juga. Gimana kagak modar sekalian ampyar itu otak. Bukan berceceran lagi udah jadi cairan dah, syukur-syukur masih sisa sejengkal buat ngadepin masa depan yang suram.

Udah ngantuk, nahan berat badan pula, lapar, panas terik membuat tenggorokan dahaga tidak berujung, bahkan sampe gue nelen ludah juga masih berasa aus.
Ternyata ada operasi Zebra di BKT. Gue yang gak sengaja ngejauh malah dikira menjauh, akhirnya malah dihadang.
Dengan sopan si Bapak polisi minta gue minggir lalu minta nomor telpon gue. Oh My.. bukan itu gaes, dia minggirin gue dan dengan sangat sangat sopan meminta gue mengeluarkan SIM dan STNK, tadinya mau gue keluarin juga KTP, Akte Lahir sama keperluan ke penghulu tapi katanya gak usah, bapaknya udah ada yang punya. Yaudah gue sih gak papa, sambil mendesah.
Pas gue buka dompet kan agak lama tuh, lu pada taulah dompet cewek macem mana, keliatan duitnya cuman 2rebu doang, kebetulan gue adalah tipe anak yang gak pernah bawa uang lebih dari 20rebu didompet. Istilahnya bensin aman ajalah.
Agak lama, tuh bapak polisi kayaknya ngeliat gue kasian amat, mata hitam berkantung karena bangun subuh, bibir pucat karena kurang minum, muka putih akibat nahan lapar dan pusing banget kayak mikirin utang negara yang kagak kelar-kelar. Diliat sebentar, boro dicek itu plat nomor sama STNK, cuman buka STNKnya doang terus dia bilang, "lanjut aja dik, hati-hati di jalan"
coba bayangin dia ngomong begitu, kurang tersentuh apa gue sebagai wanita berbudiman dan berakhlak ketuhanan Yang Maha Esa?
Tadinya gue mau bilang, "aku tidak akan meninggalkanmu pak, tahan aku tahan, jangan sampai kamu menyesal" tapi gue urungkan karena dia udah berhentiin pengguna motor lain. KECEWA gue, dia udah berpaling sama yang lain.
Ah, sudahlah..

Kalau dipikir-pikir, gue masih juga merasa heran bisa sampai dirumah dengan selamat dan tidak kekurangan apapun, paling 20rb gue aja yang udah lenyap beli bensin, tadinya gue gak mau beli bensin tuh, niatnya mau dorong aja itung-itung olahraga sambil ngurusin badan, tapi ternyata gue masih sayang sama lemak jenuh yang sudah sekian lama menempel erat sampai ke hati yang terdalam #hasiik.

Pada akhirnya hari yang melelahkan ini gue coba tutup dengan mensyukuri bahwa gue masih dikasih nafas, masih dikasih kebodohan-kebodohan yang hakiki dan cara pandang yang tidak biasa.
Pas gereja juga bersyukur, karena kebetulan gereja yang gue datengin lagi ulang tahun, jadi banyak yang tidak biasa.
Syukuran besar-besaran mereka.
Gue sama ponakan gue juga menghabiskan malam minggu bersama di meja Mekdi.
Yang gue perhatikan sekarang ini begini.
Dulu ketika gue kongkow, gue jarang ngongkow di mekdi ataupun kaepci, selain PPN yang buat gue melejit gue juga lebih doyan makanan murah.
Ketika melihat mekdi begitu rame oleh massa, gue tau pergaulan udah lama berubah, tawa canda biasanya diselingi dengan menengok HP, bahkan sekeluarga yang makan pun diam-diaman, sibuk sama HPnya, pas gue tengok, lah bapaknya nonton youtube tapi pake kuota sendiri. Anjhay.. gue takut aja dia juga buat status di IG dengan hashtag menghabiskan malming dengan keluarga.
Ada lagi dua orang cewek yang sibuk banget sama HP nya dan ngebiarin makanan didepannya dingin. Padahal cewek yang satu lagi cuman naik turunin feed IG. Lah ilah ngobrol apa ngobrol, orang didepannya udah macem patung selamat datang aja.
Tapi emang kebanyakan mereka usia sekitaran SMP sampai SMA, kalau dulu kan didominasi orang kuliah sampe kerja. Sekarang mah isinya bocah-bocah.
Dan yang mereka omongin adalah pasangan mereka masing-masing. Tadinya sih gue mau ikutan, cuman gue takut diusir karena mengganggu kesejahteraan bertetangga.
Yaaah macam-macamlah orang-orang yang ada di sana itu. Mulai dari sayang anak, sayang pacar, sayang temen, sayang selingkuhan sampe sayang duit. Belinya minuman, numpang wifi, ngobrolnya 3 sampe 4 jam.
Wajarlah~
Karena ngetag mekdi lebih keren daripada ngetag pos ronda depan rumah.

No comments:

Post a Comment