Seminar Meraih Beasiswa Untuk Studi Lanjut ke Prancis dan Pengakuan Interanasional untuk Universitas Gunadarma

Pembicara :
Dr Ery Prasetyo Wibowo ( Universitas Gunadarma)
Anton Hilman S.Pd.MM (Charge de Promotion et Cooperation Campus France Jakarta)

Seminar yang berlangsung Sabtu, tanggal 05 Mei 2012 dari pukul 09.30-12.00 yang diselenggarakan di Auditorium Gedung 4 Lt 6, Depok, Kampus D, dihadiri dengan sedikit partisipan yang hadir, mungkin karena memang kuota yang terbatas dan banyak mahasiswa yang mendaftar berhalangan hadir. Namun tidak dapat dipungkiri antusiasme para mahasiswa jelas terpancar..
lalu apa sih yang melatar belakangi adanya seminar ini?
itulah pertanyaan pertama dan kebetulan langsung terjawab dalam pembukaan seminar ini, Universitas Gunadarma mempunyai visi pada tahun 2012 menjadi basis dengna langkah :
> mengundang profesor profesional
> delegasi Universitas Gunadarma mengunjungi Prancis
> penjajagan kerjasama
terlebih Universitas Gunadarma telah cukup lama mengalami proses dan menjalani pertukaran pelajar ataupun mengirimkan lulusan terbaiknya untuk dibeasiswakan penuh ke luar negeri (dan dalam hal ini prancis tentunya)
melihat prospek cerah tergantung dalam naungan negara Prancis Universitas Gunadarma pun secara inisiatif dengan intensif akan terus mendatangkan Campus France yang adalah lembaga resmi pengiriman para pelajar beasiswa untuk ke prancis dan mengawasi kehidupan mereka disana.
Campus France sendiri datang selain untuk mengeratkan hubungan kepada Universitas Gunadarma, juga mensosialisasikan bagaimana caranya pelajar yang menginginkan studi lanjut ke prancis, tentunya ini bukan disambut gembira tapi wah oleh para pelajar yang memang berkeinginan untuk beranjak dari negeri sendiri dan mendapatkan modal lebih dari negara lain,apalagi dari negeri yng memang dikenal dengan basisnya orang pintar.
Pak Hilman menegaskan kembali bahwa Campus France adalah agensi yang berada dibawah kementrian pendidikan dan tentunya bertugas untuk menyeleksi para pelajar yang akan dikirim ke Prancis dan menentukan sudah siap atau belumnya pelajar itu, pak Hilman turut menegaskan bahwa setidaknya untuk mereka yang berniat meraih beasiswa ke Prancis harus menguasai bahasa Prancis meskipun dasarnya meski memang tidak ada tuntutan penuh atas kefasihan berbahasa ini, Pak Hilman turut menuturkan  bahwa biasanya Universitas yang menggunakan bahasa Prancis sebagai bahasa resmi kampusnya mengharuskan para pelajar memegang sertifikat bahasa (dan ini sebenarnya berlaku juga untuk umum yang berkuliah, kerja ataupun berkehidupan diPrancis) adapun sertifikat itu dibagi menjadi DELF dan DALF, juga TCF
perbedaan DELF DALF dan TCF ini hanya terletak pada masa berlakunya, dimana DELF DALF berlaku selamanya karena dia dalam bentuk ijazah dan TCF berlaku 2 tahun dan harus diperbaharui.
dan perlu diingat Universitas di Prancis selalu menekankan kepada study project dimana ini bukanlah tentang siapa kamu tapi apa tujuan kamu dan bagaimana kamu akan mempergunakan ilmumu inilah salah satu alasan kuat diterima tidaknya beasiswa yang anda ajukan.
beasiswa di Campus France ini ada beberapa:
a. Eiffel Scholarship ; dimana beasiswa ini adalah beasiswa penuh dari pemerintah Prancis, dimulai dari Uang kuliah sampai akomodasi dan juga makan,
b. Erasmus Mundus
c. DIKTI (BDIP) -Biasanya calon dosen muda
d. DIKNAS (Beasiswa Unggulan)    
e. Beasiswa Enterprise (beasiswa perusahaan

dan perlu diketahui juga bahwa pembiayaan kuliah di Prancis sangat berbeda jauh dari Indonesia, dimana dia hanya membayarkan Uang Gedungnya saja tanpa membayar sks yang ada, dan untuk setiap makanan yang ada biasanya mendapatkan potongan harga jika ia menunjukkan status kepelajaraannya.
dan sekarang beralih ke status pengakuan pada judul diatas, ini sih cuman sedikit aja, garis besarnya Universitas Gunadarma mau memberitahu kepada semua pihak bahwa Universitas Gunadarma sudah diakui oleh dunia internasional.

yap mungkin ini sedikit banget yang bsa gue share sama kalian-kalian, but guys check this out langsung ke pusat infonya di  http://www.institutfrancais-indonesia.com/  atau langsung aja ke kedutaan prancis ^^

No comments:

Post a Comment