Hallo?

Kriiiing Kriiinggg.. "Haloooooo..........." 
Kenapa sih kita mesti ngucapin Hallo waktu ngangkat telepon atau moshi moshi (Jepang) Yeoboseyo (Korea) atau Wei (Cina) -yang cina kayaknya enak banget ya, begitu angkat telepon weeeiii, kayak manggil orang- hihi..

tapi emang menurut beberapa sumber Haloo yang meski dalam berbagai bahasa berbeda mempunyai makna yang sama yaitu tolong perhatiannya ini telepon udah saya angkat loohh.. 
gue sih setuju nih sama sumber yang mengatakan itu "Hallo" yang diartikan sebagai sudah diangkat nih, karena coba kalo udah diangkat gak ada yang nyaut sama sekali, waduh ntar dikira telepon rusak padahal billing terus jalan (cieelaah billing berasa di warnet, wekekekk)
Ini menurut satu sumber, adalagi sumber yang mengatakan dari jamannya Graham Bell, si bapak tercinta yang menemukan Tilipun...
bahwasanya.. 
Namanya Tivadar Puskas yang pertama kali mengawalinya, siapa dia? silahkan googling, XD
Doi ngegunain kata "Hallom" (sama kayak B.Ing bedanya cuman +m aja yaak), "Hallom" ini dalam Bahasa Hungarian artinya "Saya mendengar anda", hal itu dilakukan ketika si Puskas menerima telepon dan dia mendengar suara dari seberang sana (pasti sebelumnya si Puskas berkata nanti angkat telepon dari gue terus loe langsung ngomong aja yaak), dan kemudian ketika terdengar suara si Puskas langsung melantangkan bahwa dia denger. Namun sayangnya hal ini gak bisa dibuktikan secara resmi karena gak ada dokumen resminya, tapi jangan risau dan galau karena cerita ini sudah mengalir kental dalam cerita rakyat modern Hungaria. Dalam perkembangannya pun kata ini hilang satu huruf jadi hallo. Ohyaa dia juga ini bapak yang memperkenalkan switchboard multipleks, yang merupakan langkah revolusioner dalam pengembangan pertukaran telepon.
Nah berhubung kita ngomongin "haloooo..", kalian tau gaaakk sih kapan tuh telepon masuk Indonesiaa??
Ternyata eh ternyata telepon sudah ada sebelum Indonesia merdekaa loohh.. we-o-we banget yak..
nah lebih jelasnya lebih lengkapnya bisa kalian liat dimari niih >> Sejarah Perkembangan Telepon di Indonesia 
Yang pasti nih kalo ditelisik lebih jauh banyak hal yang sangat unik menyangkut telepon..
mulai dari kabel telepon kenapa spiral, bentuk telepon dari masa ke masa, dan fungsi yang bergeser dari masa ke masa (huft banget deh ya) banyak yang memilih telepon rumahnya dimatikan ketimbang handphonenya dimatikan -hihi, ini sih udah jelas banget karena perbedaannya yaa-

Woke untuk kring kring hallo-nya sekian dulu ^^



Sumber:

No comments:

Post a Comment