ESPer

Eng Ong Eng..
Kali ini gue akan ngebahas ESPer, apakah itu ESPer.. atau sudah adakah dari  kalian yang tau tentang ESPer ini?
Sebelum nulis ini gue nemuin kata ini dari anime Dangonranpa The Animation, sebelumnya gue juga cukup sering nemuin kata-kata ini dari novel-novel fiksi yang gue baca, yang biasanya bernuansa mistis dan sihir, dunia yang imajinatif banget deh kalo kata orang-orang, dan akhirnya gue menemukan kembali kata-kata ini dari anime DTA, tepatnya si Naegi yang punya kekuatan ini, tapi doi seringnya menggantikannya dengan definisi "bisa merasakannya"..
Nah sebenarnya pengertian yang tepat untuk si ESPer ini apa sih? dan kenapa juga gue nulisnya ESP- huruf besar dan -er dengan huruf kecil, ada gak sih manusia yang punya kekuatan ini, bisa gak sih yang gak punya jadi punya, itu kelainan bukan sih?
Yuk coba kita langsung bahas aja..




Apa Sih ESPer itu...


 Setelah gue cari kesana kesini, mondar mandir bingung, akhirnya gue nemuin blog yang memberikan penjelasan tentang si ESPer ini, meski hanya sekelebat, sulitnya menemukan definisi nyata dari ESPer ini sebenernya agak ngebingungin gue juga, karena rata-rata yang tampil di search engine adalah ESPer dalam dunia gaming, manga, anime dan novel.
Jadi ESPer sebenarnya mengacu kepada si individu itu sendiri, dan ESP adalah Extrasensory Perception, bentuk dari kemampuan psychic.
Extrasensory Perception kira-kira kalo diartikan dalam bahasa Indonesia berarti "Penerimaan oleh indera khusus" indera khusus?? indera macem apa tuh?? gampangnya sih indera keenam kalo gue bilang..
karena dia adalah indera tambahan dari kelima indera yang kita punya.
Kemampuan ini pun keren banget dengan menyediakan informasi dalam bentuk bisa saat ini, masa depan bahkan masa lalu.

"Kemampuan panca indera yang dimiliki individu yang memiliki ESP juga bernilai lebih, seperti orang ESP dapat merasakan, mendengar, melihat hal-hal yang tidak terlihat oleh orang pada umumnya (schmeidler, 1994)."
 ESP, PK, KEMAMPUAN SINTESIS

Siapakah mereka? Apakah mereka?
Jadi sesungguhnya saudara-saudara yang saya cintai dan hormati dengan setulus kasih sayang juga penuh cinta dari saya *apasih* XD
Lebih akuratnya tuh ya, Psychic dibagi menjadi 2 yaitu ESP dan PK. 

EXTRASENSORY PERCEPTION

Diatas kan udah dikasih tau tuh, kekuatan ini lebih condong kepada kekuatan perasa. Kemampuan ini adalah kemampun merasakan yang sensitif.. Apa sajakah jenisnya, ini diaaaaa....

  1. Clairvoyance dan Remote Viewing, yaitu kepekaan yang lebih dalam penglihatan terhadap orang, tempat dan situasi secara langsung tanpa bantuan indera normal lainnya
  2. Precognition atau Retrocognition, yaitu penglihatan yang bekerja melampaui atau melalui waktu
  3. Kemampuan membaca aura dan intuisi medis, yaitu penglihatan atau persepsi tentang beberapa aspek manusia, seperti aura, yang manusia lainnya tidak dapat melihatnya
  4. Psychometry, Clairaudience, Clairsentience, Clairalience dan Clairgustance, yaitu penglihatan atau persepsi yang dimiliki terhadap suatu aspek yang tidak dapat dirasakan orang lain melalui indera normalnya.
  5. Telepathy, yaitu merupakan suatu hubungan antara kesadaran-kesadaran dari dua orag atau lebih tanpa adanya bantuan-bantuan indera yang kelihatan atau nyata
  6. Out-Of-Body ecperiences sering disebut juga dengan meraga sukma/astral projection yaitu pengalaman memisahkan roh dari tubuhnya
  7. Mediumship, yaitu kemampuan berkomunikasi dengan roh seseorang atau binatang yang sudah meninggal
  8. Psychokinesis, yaitu kemampuan untuk menggerakkan objek dengan pikiran tanpa menyentuhnya atau memanipulasinya.
PSYCHIKINO

Nah kalo dalam psychokino dengan jenis menggerakkan sesuatu atau mengubah keadaan dengan pikiran, kayak mentalist-mentalist itu yaak broo..
jenis kemampuan ini sendiri adalah :
  1. Psychokino/Psychokinesis
  2. Hypnosis (kemampuan menidurkan/menidurkan kesadaran) sesungguhnya dalam hal ini di Indonesia banyak sekali, liat aja modus-modus jambret jaman sekarang.
KEMAMPUAN SINTESIS

Ini kemampuan yang lebih kompleks, karena mereka yang udah ampe tahap ini berarti menciptakan kekuatan original atau buatan mereka sendiri, we-o-we banget gak sih, punya kekuatan yang ESP biasa aja gue udah nganga ditambah dengan kekuata original lagi, kira-kira kalo diusahain bisa ngehasilin uang berapa yak :P

Selain Psychic yang terbagi, kemampuan esper pun dibagi menjadi dua, yaitu yang ada sejak lahir (itu bukan gue) dan selama perjalanan hidup seseorang (mungkinkah gue? #jengjeng). Perbedaan mendasar dari pembagian ini adalah kemampuan ESP yang 'didapat' sejak lahir lebih mudah dikendalikan oleh inangnya daripada yang bangkit setelah lahir, ini sih sebenernya udah jelas banget, dimana emang kalo udah 'didapat' berarti dia sudah terbiasa. Lebih lanjut lagi kemampun ESP yang 'didapat' sejak lahir lebih kuat daripada yang bangkit setelah lahir (jadi ingat HarPot kalo begini ceritanya, meski doi darah campuran tapi buktinya bisa ngalahin Voldemort tuh :P #salahfokus#)

Kita udah tau ESPer, udah tau apa itu, meski gak sepanjang sejarahnya yang udah ngebuat lebih dari 50.000 peneliti bergerak untuk meneliti apakah pada faktanya ada yang memiliki kekuatan ini, gue jadi terusik untuk mengulik juga kemampuan-kemampuan lain, tapii ya gak gue usik disini juga yee.. ntar jadi gak fokus, hehe..

Oke Next!
Pastinya selanjutnya kita mau tau dong, siapa sih orang-orang beruntung yang punya kekuatan ini, dan jawabannya adalah 

KITA SEMUA

Yak! kita semua punya kekuatan ini lebaiers.. ^^
Kita semua punya lalu permasalahan selanjutnya adalah kita tidak mengerti kenapa kita tidak tergolong kepada jenis-jenis diatas atau fatalnya kita malah meragukan bahwa kita punya..
wah wah.. ini ada nih Quote seru dari babe Einstein
“Pikiran intuitif adalah karunia yang mulia dan pikiran yang rasional adalah hamba yang setia. Kita telah menciptakan suatu masyarakat yang menghormati hamba dan telah melupakan karunia itu.” -Albert Einstein-
Kita punya tapi gak ngerti ngaktifinnya, itu doang problemnya..
sekarang bagaimana mengaktifkannya?
ini dia selanjutnya yang bakal kita kupas, tapi sebelumnya kita ulas dulu tanda-tanda bahwa sebenernya nih indra keenam, esper ataupun intuisi kita ada tapi belum terasah..

MIMPI

Mimpi yang terwujud sebenarnya adalah pandangan kita tentang masa yang belum terjadi, indera keenam kita yang mungkin kalah dengan nafsu duniawi, hanya bisa memperingatkan kita melalui otak dan mewujudkan peringatan tersebut lewat mimpi.
Gue sering banget nih ngalamin yang begini, mimpi dan kemudian menjadi nyata, dan kadang karena peringatan lewat mimpi itu ya gue jadi selamat :D

TIDAK SENDIRI

Pernah merasakan sesuatu didekat kita tapi tidak ada seorang pun? jawabannya adalah sebenarnya anda tidak sendiri, ada seorang tamu tak diundang yang lagi pengen pedekate sama kalian, tapi sayangnya dalam tanda kutip, hihi..
tapii berhubung perasaan negatif seringnya menguasai dahulu maka yang mau pedekate malah ngisengin dengan membuat hawa gak enak sehingga bulu kuduk kalian malah berdiri, hihi.. makanya jangan keseringan nonton film setan jadi suka parno kan :P

DIPERHATIKAN

Aku aku aku diperhatikan, aku aku merasa diperhatikan, mungkinkah dia fansku? ataukah dia penguntit mata keranjang?? bagaimana ini bagaimanaa!!!
ups setooopp jangan kegeeran dulu, begitu anda cari seseorang yang memperhatikan anda tapi begitu ditengok gada.. jeng jeng itu mungkin sanak saudara, tetangga ataupun pengelana dari negara alam lain..
kalo yang bagian ginian gue seringnya dikamar nih, kalo udah menjelang subuh dan gue masih begadangan depan laptop kayaknya makin banyak yang merhatiin, alhasil biasanya gue langsung tutup laptop dan tidur..

DEJAVU

Ini bukan saingaannya Opera Dejava yaakk (Opera Van Java keless) wekekekek..
tapi ini adalah dimana kita merasakan telah melalui suatu kejadian yang padahal mungkin seminggu sehari atau sejam yang lalu kita telah melewati moment tersebut.
Gue sendiri takjub banget sama kemampuan satu ini, gimana enggak, kita bisa ngerasain apa yang harusnya terjadi di kemudian hari, mirip final destination yak, terbangun seperti bermimpi namun mimpi yang seperti kenyataan. Hingga kadang mimpi dan kenyataan bersatu padu sampai sulit dibedakan. eh wow.. penyakit loh itu sulit membedakan mimpi dan kenyataan o.O


AURA

Terkadang kalo kita memperhatikan suatu benda dan tiba-tiba saja kita menangkap cahaya yang menyelimuti benda tersebut, tapi kemudian hilang. Nah itu bisa disebut dengan aura/prana yang menyelimuti benda tersebut. Aura juga menyelimuti orang-orang, biasanya ketika kalian ketemu seseorang yang baru pertama kali ditemui dan merasakan ketidakcocokkan atau ketidaksukaan, itu adalah alarm dari indera keenam, dimana aura yang kita miliki menyatu dengan orang tersebut, kalo cocok ya melebur kalo tidak cocok ya perasaan kita akan diliputi perasaan yang sangat tidak enak dan niatan untuk menjauh.
Gue sendiri seringnya begini nih, mencocokkan apakah anaknya asik ato gak lalu mulai berteman dan kemudian memutuskan untuk melanjutkan pertemanan atau tidak.
well, gimanapun banyak teman banyak rejeki XD

BAYANGAN

Nah ini juga sering gue alamin, dimana seringnya gue ngeliat sekelebat bayangan kalo lagi dirumah sendirian, boring, dan butuh teman. Tiba-tiba aja nih bayangan lewat, merinding? iya banget... gue kan butuh temen nyata bukan temen dari dunia lain -_-"
apalagi kalo mati lampu dan gue sendirian dirumah, pasti gue langsung ngibrit kerumah tetangga.. takut cooyy..



MATI SURI

Sering denger sesudah mati suri orang-orang mendadak bisa ngeliat yang aneh-aneh, ngerasain yang aneh-aneh dan parahnya menjadi aneh?
nah itu dia, dalam kondisi mati suri dimana jantung berhenti sebentar sebenarnya rohnya terlepas dari raganya dan telah melakukan kontak dengan alam bawah sadarnya. Maka dari itu terjadilah keajaiban dengan bangkitnya indera keenam. Menurut gue sendiri sih Mati Suri itu adalah sebuah anugrah, keajaiban dan unik banget. :))

Dan itu tadi beberapa hal ciri-ciri kalian punya indera keenam yang belum terasah, kalo belum pernah merasakan salah satu dari yang diatas ya berarti indera keenam kalian benar-benar tertutup, dan menurut gue orang yang kayak gitu adalah orang yang introvert dan tidak mau merasakan apa yang orang lain rasakan atau tidak perduli dengan orang-orang disekitarnya.
Padahal dunia ini begitu indah loh ^^ dan mengasah indera keenam adalah pengalaman hidup yang akan sangat berharga bukan?

Dan tentu saja cara mengaktifkannya, jangan terlalu terjerumus dalam urusan duniawi hingga lupa bersantai pada diri sendiri... :D

Kerennya Esper ini digunakan pada setiap aspek hiburan, mulai dari gaming, novel, anime bahkan komik.
peran mereka pun suka berbeda-beda, seringnya digambarkan sebagai penyihir pada game, ataupun pada definisi sebenarnya kalo di novel, anime dan manga.
Biar bagaimanapun esper adalah sebuah tokoh yang menarik perhatian dan sangat disukai oleh kebanyakan orang, yaa.. karena orang yang berkaitan kan gak punya kemampuan seperti itu.. hihi..

So, buat kalian kalian.. yuk mulai peka dan istirahatkan sejenak nafsu duniawi-nya :)


Dan ini dia tempat dimana kalian bisa test ESP ^^ good luck!

http://www.scientificpsychic.com/esp/esptest.html
atau disini
http://home.comcast.net/~markjoel/esp.htm











Source ::


14 comments:

  1. Gue dejavu, gak cuma sekali duakali tapi sering. Entah harus seneng atau enggak :/ kadang ada juga nih, gue mikirin sesuatu yang nggak disengaja gtu tiba2 langsung jadi kenyataan didepan mata kepala gue sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah kemungkinan kalo lu terus mengolah rasa atau intuisi itu bisa jadi pandangan lu terhadap situasi menjadi meluas :)

      Delete
    2. Kayak Suzumiya haruhi yak :v keren

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. paling keren ya psikokinesis, bisa ngendaliin apa aja cuma pake pikiran! tapi, omong2, mo tanya nih admin, apa pernah ditemukan ESPer betulan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoyoy, pernah pernah..
      karena gue juga udah jelasin diatas kalo setiap orang pun bahkan bisa ngelatih hal itu! you imagine that.
      kalau kita bisa ngelatih hal begtu apa kabar semua orang

      Delete
  4. min mau nanya ya, kalo komunikasi sama sesuatu yg tak terlihat a. k. a makhluk gaib dan kita bisa minjem/ngutang barang dulu ke 'dia' baru nanti diganti itu lebih masuk klasifikasi ESP yg mana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok yang ini agak ngeri ya, haha..
      dan gue penasaran bagaimana cara ganti barangnya itu, ini makhluk gaibnya tukang kredit barang apa?

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Saya bisa lihat mahluk gaib, tapi saya gak disebut esper. Jdi itu gmna min?

    ReplyDelete
  8. Min cara jadi esper gimana?
    Mau donk....

    ReplyDelete