Valentine : Berbagi cinta bersama OMK Yohanes Pemandi


Wah ini semestinya post-an yang dilakukan di bulan kemarin, biar lebih afdol, tapi karena berhubung gue nunggu foto moment itu sampe nungging-nungging dan akhirnya dapet barulah gue post tulisan ini. ^^

So, malam itu gue diajak salah seorang teman untuk bergabung dan menyampaikan cinta dengan moment valentine untuk berbagi cinta ke panti asuhan. Gue yang emang lagi lowong ikutanlah. Awalnya gue emang kepikiran juga, kenapa gak ikutan selama itu berarti kepedulian terhadap sesama, yaa Valentine kan hanya moment saja. Pada dasarnya semua orang butuh moment toh untuk menyampaikan sesuatu? Bahkan ketika cewek atau cowok melakukan penembakan mereka membutuhkan moment.

Acara itu diadakan pada hari sabtu, 15 Februari 2014. Kenapa tidak tepat tanggal 14 Februri mungkin agar para pasangan dapat bertukar sayang sejenak, siapa tau. Yang jelas pada tanggal itu gue jualan cokelat sama mawar. 
Kita berkumpul dirumah Momot, bukan hanya sebagai tempat ngumpul tapi juga sebagai markas merancang strategi guna mensukseskan acara. Disana kita gak hanya dateng ngasih coklat aja tapi kita juga mau ketawa ketiwi bareng mereka, ngegames bareng mereka dan yang pastinya memberitahu mereka secara lisan, kita ada untuk saling perduli.
Acara ini sendiri mengusung tema "Berbagi kasih bersama OMK", dimana sebagai Orang Muda Katolik tidak hanya memikirkan bagaimana cara bersenang-senang dengan duniawi saja, tapi juga bagaimana kita akhirnya kembali kepada pelayanan sesama, well sama kayak tema APP tahun ini yang mengambil tajuk Dipilih Untuk Melayani.
Bertempat di Panti Asuhan KAMI atau Komunitas Anak Maria Immaculata, Pondok Mitra Lestari-Bekasi. Kami datang dengan pasukan kurang lebih 20 orang, bersenjatakan beberapa bingkisan, hadiah-hadiah untuk games gemes, coklat buatan sendiri dan tentu saja makan berat. 
Kami disambut oleh segerombolan anak kecil yang sedang bermain diluar sampai akhirnya kami masuk dan membereskan tempatnya sendiri, bukannya sangsi tapi malah rasanya kayak dirumah sendiri, ngebersihin seakan-akan acara itu akan diadakan dirumah sendiri bukan di panti asuhan. hihi.. ^^ 

Acara dibuka dengan sangat enerjik oleh kami yang langsung menggandeng anak-anak panti untuk menari bersama dan menyenandungkan lagu-lagu sekolah minggu, beberapa dari mereka masih terlihat enggan dan malu-malu untuk turut bergabung meski di raut wajah mereka ingin bergabung. Kami mengajak mereka bernyanyi sampe 3 ronde baru dipersilahkan duduk dan akhirnya dibuka dengan wajar, wekekekk..

Acara demi acara pun dilayangkan, bernyanyi-bergoyang-bermain-bernyanyi-bergoyang-bermain. Situasi ini rasanya melempar gue ke masa lalu, dimana kerjaan kita sebagai anak-anak hanya bermain bernyanyi dan bergoyang, meniru apa yang menurut kita lucu. Ah.. anak-anak ini mengingatkanku kepada masa kecilku yang kadang tidak tahu terima kasih.
Ketika acara dari para OMK telah habis dipersembahkan untuk para anak-anak panti yang tidak hanya terdiri dari anak-anak berusia 3-7 tahun tapi juga oleh anak-anak yang sudah duduk dibangku SMA. Giliran merekalah yang hadir untuk menunjukkan keahlian mereka kepada kami, yak menari! India! wah wah.. karena kebetulan gue lumayan suka sama film India dan beberapa lagu-lagunya, gue pun gak lupa mengangguk-anggukkan kepala ngikutin nada-nada lagu itu sambil sesekali menyanyikannya dan tidak lupa untuk meniru gerakan anak-anak itu yang terbilang simple. Tapi lucunya sempat ada jeda dalam tarian mereka, yang ngebuat gue ketawa sendiri, weleh-weleh. Dari yang paling kecil, sedeng sampe yang gede semuanya memamerkan kemampuan tari mereka yang ngebuat gue sumringah, terlebih melihat beberapa dari mereka memang berbakat menari, bukan hanya menari mereka juga memamerkan suara-suara merdu dari pulau seberang dengan iringan gitar yang merdu. Membawa diri kepada penghayatan yang tiada duanya. 
Ah.. sangat berkesan! pikir gue, meski diakui acara bahkan belum terlihat menuju akhir.


Usai acara pembagian hadiah-hadiah baik dari permainan ataupun hadiah bagi mereka yang telah berani menunjukkan bakat, kami pun melanjutkannya dengan pemberian cokelat buatan tangan yang berbentuk cinta. Hihihi.. terlihat mereka menyukainya, siapa juga sih yang gak suka coklat, manis.. semanis indahnya berbagi. :D
Dan bisa dipastikan usai makan cokelat kami pun makan bersama, yang disuguhkan lebih dari apa adanya dengan selingan tawa canda dan beberapa jepretan untuk mengabadikan moment tersebut. 
Acara selanjutnya malah dilanjutkan dengan obrolan ringan hati ke hati dari para OMK ke anak-anak panti, dan baru gue sadari yang ada di panti asuhan ini gak seratus persen ditelantarkan, dibuang atau tidak punya orang tua. Mereka adalah kumpulan yatim atau piatu atau kedua orang tua yang full bekerja seharian, dari kalangan tidak mampu yang dititipkan kepada panti asuhan, untuk nantinya sepulang mereka bekerja mereka menjemput anak mereka kembali. Wah.. ini seperti panti asuhan yang terletak didekat rumah gue, rumah bagi mereka yang bukan hanya kehilangan orang tua tapi juga bagi mereka yang dititipkan.

Ketika waktu menunjukkan pukul 18.30, kami pun bersiap menyudahi dengan membereskan apa yang telah kami lakukan. Pengalaman berbagi dengan memanfaatkan moment gue rasa akan lebih semarak memang, dan berbagi bersama-sama malah menambah kotak memoar dan menyadarkan bahwa bersama memag lebih baik daripada kesendirian.
Gue pun belajar untuk lebih menghargai kehidupan ini, untuk lebih menghargai sesama dan untuk lebih menghargai kegiatan-kegiatan kemanusiaan ini. Ya sebetulnya terlalu sulit membedakan kegiatan kemanusiaan dengan latar belakang maksud yang munafik dengan kegiatan kemanusiaan dengan latar belakang ketulusan. Tapi hendaklah semuanya kembali kepada yang diatas, biar dia yang menilainya. Dan biarkan juga kita berjalan menjejaki kehidupan ini dengan baik. ^^

Selamat hari penuh cinta 
^
(yang berarti setiap hari bung :P)

6 comments:

  1. Haloo... saya sudah lama sekali mencari informasi mengenai KAMI. Beberapa tahun yg lalu saya ke sana tetapi alamat, telepon, nama pengasuh, dsb hilang. Boleh minta contact details-nya? Terima kasih banyak.

    ReplyDelete
  2. Kalau berkenan, mohon bantuannya untuk mengirimkan info tersebut ke email saya di carmel.ginting (at) gmail.com

    Salam dari Swedia

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke akan saya carikan dulu ke ketua komunitas saya :)

      Delete
    2. Website : www.kamiorphans155rca.com

      Delete
  3. Salam kenal Christina. Saya mau menanyakan no hp / telepon untuk panti asuhan KAMI. Karena saya telepon ke nomor 0218216573 ini tidak bisa dihubungi. Mohon bantuannya ya terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf karena itu yang saya punya,sedangkan setahun ini saya belum juga sempat mengunjungi saudara di KAMI. secepatnya saya akan mengunjungi mereka dan mencoba menanyakan nomor yang aktif.

      Delete