Semarang 38 Jam Part 2

Sebelum melanjutkan dengan part 2 ini, sebaiknya kalian baca part 1 nya dulu nih gengs

Day 2

Dan inilah 20 jam milik kita dengan tempat yang akan kita kunjungi sebagai berikut :
1.    Toko Oen
2.    Pura Giri Natha
3.    Klenteng Sam Po Kong
4.    Tahu Baxo Bu Pudji
5.    Bandeng Juwana
6.    Wingko Cap Kereta Api
7.    Pasar Semawis (lagi)

Karena ini liburan mandjha jadi aktivitas dimulai agak siang, gue sendiri memulai hari ini dengan ikut misa jam 06.00 pagi di katedral Semarang dan emang ya dimana juga kalau misa pagi itu isinya orang tua semua, gagal kucek mata sama orang cina semarang dah, haha..

Katedral Semarang

Balik gereja gue menemukan yang lain masih ngelurusin pinggang, sebenernya kolam renang di hotel terlihat menggoda tapi mengingat matahari yang enggak santai dan gue pribadi males bawa pulang baju basah gue mengurungkan niat buat kecipak cipuk.
Kolam renang hotel nih gengs

Jam 11.00

Sebelum memulai aktivitas kita memutuskan untuk nyarap ngerangkap makan siang di Tahu Gimbal Lumayan deket hotel.

Menurut gue sendiri yang porsi makannya lebih sedikit daripada porsi ngemilnya, mesen tahu gimbal tanpa lontong dan pedesnya standar adalah hal paling bijak, karena yang gue pahami kemudian yang jualan itu enggak kasih ampun kalau kalian pesen tahu gimbal pedes, beneran dikasih puedes banget dan porsinya beneran banyak.

Selesai makan didampingi Indah dan Ayu yang rada misuh-misuh karena enggak sesuai lidah si Ayu dan pedesnya petjah mampus buat si Indah, gue sama Fely cuman bisa senyum sambil nyemangatin hidup mereka.

Habis makan kita langsung rapi-rapi tas dan titip di resepsionis, karena kita bakalan menghabiskan sepanjang hari ini di luar dan akan kembali untuk langsung ke stasiun.

Toko Oen

Roti Ganjal Kereta

Kedai rasa otentik dan oldish banget, berhubung gue suka banget sama konsep tua dan es krim jadi pas kita kesini ya gue seneng juga.
Terbilang rasa yang disuguhkan sebenarnya ‘B’ aja dan harganya juga lumayan buat kantong backpacker namun nuansa yang disuguhkan yang jadi nilai plus pangkat dua buat tempat ini.
Es Krim
Sebenernya ya Semarang itu identik banget sama Lumpia, tapi karena isi lumpia adalah rebung dan ketiga temen gue kurang suka bau rebung kita cobalah lumpia di Toko Oen disini yang gedenya sebajeg.
Hasilnya?
Masih bau rebung dan akhirnya gue yang makan sendirian. Thanks loh, jalan kalian emang the best haha..

Habis makan cantik di Toko Oen kita lanjut ke Pura Giri Natha yang jaraknya ternyata lumayan.
Pura Giri Natha

Pura ini sebenernya sama pada umumnya, sedihnya kita enggak bisa masuk karena ada ibadat yang diselenggarakan. Jadi cuman bisa foto cantik didepan pura dan menikmati Kota Semarang bawah sebentar lalu langsung lanjut ke Sam Poo Khong.

Bedanya kita ke Klenteng Sam Po Kong sama temen kerja yang kantornya regional Semarang, Mbak Ifa.. Yeeeaayy hemat ngegrab ke sana.

Kuil Sam Poo Khong

Yang satu ini by request gue nih, haha..
Disini ada 4 klenteng (masuk klenteng ini harus bayar lagi) yang digunakan untuk sembahyang, 1 pelataran luas dan gua batu.
Hal yang menarik buat gue adalah begini, Sam Po Kong atau lebih dikenal Laksamana Cheng Ho adalah seorang muslim tulen (dibuktikan dengan adanya tulisan “Marilah kita mengheningkan cipta dan mendengarkan bacaan Al Qur’an”) tetapi karena bentuk goa batu dan arsitektur yang seperti klenteng, orang Indonesia ras cina beragama Khong Hu Cu atau Tau menganggap ini adalah klenteng dan menjadikan ini sebagai klenteng (tempat pemujaan dan bersembahyang juga berziarah). Menjadikan Laksaman Cheng Ho sebagai dewa Sam Po Tay Djien.

Sejarah ini super menarik dan tempatnya super (panas) juga buat gue. Haha..
Agak lama disini sambil menikmati suasana sekitar, kita juga sempet buat beberapa video buat diikutkan lomba, kebetulan si Indah adalah pencari pundi-pundi melalui lomba-lomba di Instagram.

Sayangnya juga Mbak Ifa hanya bisa menemani kita di Klenteng ini sebelum akhirnya mendapat panggilan hingga harus pulang kerumah. Kita sendiri melanjutkan perjalanan ke Bandeng Juwana dan Tahu Baxo Bu Pudji. Kenapa kedua tempat ini, karena dibanding tempat lain kita sih lebih prefer kesini meski bisa dibilang koceknya lumayan tapi menurut gue sebanding sama rasanya sih.

Niatnya ke Pasar Semawis tapi waktu menunjukkan masih siang, akhirnya ya kita mampir dulu ke Mall Paragon, mall terbesar di Semarang. Sekalian ngulik pengen tahu Mall di kota lain tuh gimana sih.
Tapi jelas banget kali ya namanya mall ya mall, haha..

Selesai berbelanja oleh-oleh dan habis ngiterin Mall Paragon kita bersiap ke wingko cap kereta api lalu Pasar Semawis!

Yeee tempat favorit nih..
Makan babat gongso lagi ditemani tahu cireng yang rasanya lumayan.
Gue rasa ini adalah penutup hari yang lengkap dan sempur meski pada akhirnya ada drama gue deg-degan udah jam 19.30 dan ojek online yang kita pesan enggak kunjung datang.
Ujung-ujungnya sih kita pesan ojek motor satu satu dan untung banget karena ternyata macet luar binasa.

Ambil tas dan langsung gercep pesen ojek mobil untuk memburu waktu menuju stasiun.
Agak deg-deg serr, meski enggak kedengaran panik namun rasanya aura gue berubah dramatis sih emang haha.
Buat kereta sendiri kita pilih Kereta Brantas (Semarang Tawang – Pasar Senen) keberangkatan 21.12 – 03.54 wib.

Well,
Djakarta kita siap..

Fyi aja nih gengs,
Semarang pada dasarnya terbagi menjadi Semarang atas dan Semarang bawah, perjalanan yang gue lakuin adalah semarang bawah dan menurut cerita babang ojek online beberapa tahun belakangan Semarang bawah semakin panas  jadi kalau kalian emang bener-bener butuh kesejukan yang hakiki cobalah ke Semarang atas dan nikmati wisata disana.
Nah untuk wisata kali ini sendiri, meski beberapa tempat wisata gue sebut zonk tapi partner perjalanannya adalah yang tergila dan ter- lainnya.
Kita selalu menyikapi segala perjalanan dengan tertawa, bahkan saking lepasnya hal-hal yang mungkin menurut orang dibilang jelek dan bla bla lainnya malah menjadi hal plus karena bisa dijadiin bahan candaan dan tawa.

Bagaimanapun perjalanan kali ini unforgettable banget sih kalau gue boleh bilang dan memaknai kata-kata “pergilah dengan orang yang tepat” menjadi slogan buat trip singkat ke Semarang.