Riset Akuntansi 17 April 2013


Metode Pengukuran Sikap (Attitude Measurement Method)

Metode pengukuran sikap dapat dibagi sebagai berikut :
a.       Afektif
b.      Kognitif
c.       Komponen perilaku

1.      Skala sederhana ( Simple Attitude Scale )
Opsi jawabannya sangat sederhana (ex:ya atau tidak). Pertimbangan memakai skala ini ; Pertanyaannya banyak (ex:kuesioner)


2.      Skala kategori (category scale)
Merupakan metode pengukuran sikap yang berisi beberapa alternatif kategori pendapat yang memungkinkan bagi responden untuk memberikan akternatif penilaian (merupakan perluasan dari skala sederhana, boleh memilih lebih dari satu)

3.      Skala Likert (Likert Scale)
Merupakan metode pengumpulan sikap dengan menyatakan setuju atau ketidaksetujuan terhadap subjek, objek atau kejadian tertentu, yang dikembangkan oleh Rennis Likert.

4.      Skala perbedaan semantic (semantic differential scale)
Merupakan metode pengukuran sikap dengan menggunakan skala penilaian 7 butir yang menyatakan secara verbal 2 kutub (biopolar) penilaian yang ekstrim

5.      Skala Numeris (numerical scale)
Merupakan metode pengukuran sikap yang terdiri atas 5 atau 7 alternatif nomor untuk mengukur sikap responden terhadap subyek, obyek atau kejadian tertentu.
(#dari apa yang gue liat dan cerna skala perbedaan semantic dan numeris ini gak ada bedanya, hanya penulisannya saja berbeda, pada skala semantic menggunakan bagus-jelek sedangkan numeris 1-7)

Tugas di tanggal ini adalah : buatlah contoh contoh minimal 3 yang berhubungan dengan ekonomi ataupun PI kamu dengan menggunakan 5 skala yang ada diatas !

No comments:

Post a Comment