Mantan-Mantan

Haii mantan, baik yang udah nikah ataupun belum, yang masih jomblo ataupun akhirnya sudah menemukan kabar baik, yang sudah didaur ulang atau dibiarkan teronggok tak berbekas.
Apa kabar kaliaaann??
baik?
baik dong.. :D

Telimikici yaaa buat hari-hari yang pernah kalian suguhkan kepada diriku ini, yang mungkin telah menyia-nyiakan diri kalian, tapi percayalah bahwa sekarang mungkin kita tak berjodoh dan ada orang lain diluar sana yang merupakan jodoh kalian dan menunggu agar kalian sendiri #ciiee ditungguin tuh :D
Yang pasti gue juga begitu kok, sedang menunggu pangeran untuk menjemput #haseekk..
:D

Banyak yang bilang buanglah mantan pada tempatnya, sampe sekarang gue masih mikir apa yang dimaksud dengan "tempatnya" itu apa, tapi yang pasti kalian adalah warna baik kelam ataupun cerah di kehidupan lampau, tidak baik mengingat yang lalu, yang baik adalah merancang masa depan, tapi gue juga sadar bahwa tanpa kalian, tanpa pelajaran dari rasa dan kalian yang adalah potongan masa lalu, tak akan ada gue pada hari ini. So, terima kasih banyak atas segalanya.

Gue jadi terkenang bagaimana gue belajar menyayangi, bagaimana gue belajar berlapang dada dengan kekurangan-kekurangan yang ada, bagaimana gue belajar mengalah lebih baik dan egois ada tempatnya, bagaimana gue belajar menatap langit dengan hati yang baik, bagaimana gue belajar bahwa ada hal-hal yang memang seharusnya tidak ada, bagaimana gue belajar mengikhlaskan, dan akhirnya bagaimana gue belajar dari keterpurukan cinta.

Pernah gue terjatuh dalam pusaran cinta dan sulit mengendalikan waktu, bersama seseorang itu mengatur waktu menjadi sulit. Pernah gue terjatuh dan tidak mengerti bahwa saat itu gue terjatuh, segalanya menjadi tidak terkendali dan gue pun jadi kebingungan. Pernah apa yang gue rencanain menjadi gagal hanya karena seseorang dan kala itu gue nyalahin seseorang itu. Pernah gue ngalamin kemalasan over dan hanya berpusat pada satu titik.
Ya, gue pernah mengalami hal itu, hal-hal remeh temeh yang kemudian menyadarkan gue bahwa kehidupan bukan hanya berpusar pada mereka saja. Mereka memang bukan hanya, tapi dalam kehidupan ini gapailah yang mau kamu capai dan buatlah dia menjadi penyemangat, menjadi pendukung dalam kehidupan ini.
Pernah ketika gue terpuruk dan gak bisa bangkit lagi, akhirnya gue mencari sesuatu yang baru. Gue pun jadi belajar bahwa mengendalikan diri sama sulitnya dengan mengendalikan nafsu itu sendiri.

Begitu banyak pelajaran kehidupan, bukan teori tapi melalui proses ketika kita menjalaninya.
Begitu banyak air mata dan kisah yang dapat diceritakan, tapi pada akhirnya kita belajar dan menjadi lebih dewasa.
Begitu banyak hal-hal yang terlupakan ketika kita hendak mencapai langit, tapi ternyata itu adalah semu, karena ketika kaki dijejakkan kembali ke bumi, kita tidak memperoleh apa-apa selain kehampaan.

Gue kini belajar bahwa apa yang dikerjakan adalah sesuatu yang harus dikerjakan sampai tuntas, dan hati yang bergembira bukanlah karena gue dan loe bersatu tapi karena bersama kita dapat menggapai sesuatu.
Ya, gue belajar itu dari masa lalu, gue mengambil hikmahnya. Dan karena itu sekali lagi gue berterima kasih kepada para mantan yang pernah menumpahkan warna dalam kehidupan ini.
Semoga kita saling diberkati dan menerima berkah dari kehidupan! :D

2 comments:

  1. Replies
    1. lucu ketika seringkali kita tidak menyadari bahwa yang menjadikan kita pada hari ini adalah jasa masa lalu.. :D

      Delete