Setelah Masa Lalu



"Ngajakin nikah doang lewat WA, kesini kalau berani," ucap gue dengan sombong dan 5 menit kemudian tuh cowok udah berdiri di depan warung, nyengar nyengir sambil minta kelengkapan pendaftaran pernikahan negara.

Gilak. Begitulah sosok lelaki yang berdiri di depanku, belum mandi dan baru pulang kerja.

Waktu itu gue sama dia emang lagi ngobrol sembarang aja, yah namanya juga lagi PDKT kalau kata orang sekarang mah. Tapi kaget juga yekan disatroni gitu aja.
Tanpa berpacaran. Tanpa ba bi bu. Dia memutuskan untuk memberikan tulang rusuknya padaku.
-Kilas Balik Sebelumnya-

"Mau ga, ke banyuwangi akhir tahun ini?"
Sepolos itu gue ngajakin mantan 9 tahun yang lalu di tengah pernikahan kakak gue sendiri, ngajakin berduaan macem temen kongkow yang amat dipercaya. Yang ditanya? langsung gelagapan kaget banget, tidak menyiapkan skenario atas pertanyaan dadakan itu.
Gue? gue mah nyengar nyengir aja ngeliat dia nyari seribu alesan.

Ujung-ujungnya? dia WA gue menanyakan perihal banyuwangi meski pada akhirnya ya dia tetep ga bisa ikut. Sebagai lelaki gentle dia ngerasa kita belom sedeket itu sampe bisa pergi liburan bareng. Gatau aja dia penginapan gue campur sekamar wkwkwk..

Sama seperti pertemuan pertama setelah sekian purnama ibarat film AADC ini season 2 nya, bedanya cinta udah punya tunangan, gue masih jadi gembel travelling.
Lanjut ke chat banyuwangi yang jadi panjang sampe hari keberangkatan, wah makin intens tuh chatnya sama dia. 
Kacaulah buat gue jadi berharap sama si mas nya haha..
Usia gue terpaut 7 apa 8 tahun gitu sama dia (ya segitulah kira-kira, gue udah lupa dia lahir tahun berapa) tapi ya dia orangnya asik juga, sok muda sih kalau kata gue mah HAHA..

Sampai di satu titik gue bilang sama dia,
"Lu suka sama gue ya?"
dan dia jawab iya. Sesimpel gitu orangnya, gue tanya dia udah ada yang punya atau ada yang ngejar-ngejar ga. Dia jawab engga ada, oh aman nih anak. 
Apalagi dia ibarat lima langkah dari rumah gue, emak bapaknya gahul banget jadi nyari informasi dia ya ga susah-susah amat. 
Yakin bahwa dia suka gue dan emang engga ada kabar jelek tersiar yaudah yoklah kita lanjutin hubungan ini. Gak usah pake pacaran, langsung kawin aja! kata gue yakin kek dukun tetangga.

Eh! 
Masih ada tapinya, 
Tapi kan kita beda agama, biar Jesusnya sama Salibnya beda! Wah, masalah masalah.
Gue ya ga cuek gitu aja sama masalah itu, gue tanya langsung sama mas nya, masalah ga pindah ke agama gue. Keluarga gimana?



Jawaban dia?
Iya gue udah urun rembug sama keluarga mengenai pindah agama dan mereka oke.

Segampang itu? Ya engga ferguso, selalu ada halangan rintangan dalam kehidupan tinggal niatan dan tekad aja udah sebulat bola dunia belum.

Agustus 2019 kita ketemu di moment ga terduga dan ngobrol ga jelas
April 2020 kita berada di moment ga terduga dan dua keluarga bertemu

Pertemuan dua keluarga tuh berati serius banget, gue sama dia juga udah oke banget nih. Langsung cari guru agama buat mas nya dan belajar agama.
Saban sabtu datengin guru buat memperdalam agama, gue siap banget nemenin dia dan ikut belajar juga. Waktu itu udah covid dan gereja juga online, alhasil saat itu gue jadi jemaat TVRI gaes bareng dia. 
Apa kurang romantis, kita belajar agama bareng, gereja bareng biar di rumah juga abis itu lunch bareng keluarga biar cuman makan sayur asem sama tahu tempe juga.

September 2020 kita tunangan, engga ada badai engga ada ombak tiba-tiba tetangga nikah ya jadi bisik-bisik juga kapan pacarannya coba! haha..
Jadi seringnya kalau ditanya gue sama masnya kenapa bisa ketemu, iya kita taaruf. Anjay kan gue, mematuhi perintah agama biar ga asusila wkwkwk..

Setelah tunangan lanjut belajar agama sampe mabok dan berakar di kepala gue.
Sama sibuk ngurusin pernikahan beberapa bulan lagi. Beberapa bulan yang langsung keliatan mata.
Ya dilalahnya kok akhir tahun 2020 gue menang campaign liburan bareng kementrian pariwisata ke Bajo, masnya juga menang tapi ke Yogya. Ya sama-sama epik dah. Dan gue ga pernah sangsi kalau liburan bareng kementrian, biasanya asik bosque!
Belom gue ulas aja kayaknya nih yang ke Bajo, entar ya gue ulas biar lu pada ngiler dah haha..

Disaat persiapan pernikahan, gue cuman bener-bener pergi ke Bajo sama nginep ama temen kantor, berbanding banget sama tahun 2019 yang gue sebut sebagai tahun keemasan gue. Gimana ga emas gue ngelalang buana, catatan gue penuh sama perbandingan harga transport dan cost liburan.
Rank gue di gmaps maju pesat saking seringnya gue pergi-pergi.

Dan tahun ini pun tiba, awal bulan di Tahun yang baik, engga ding. Copid masih merajalela. Saat itu pemerintah juga maju mundur cantik berlakuin PPKM. Semua mode dicoba dah tuh sama pemerintah. Tapi ya untungnya pernikahan gue pas banget udah boleh nerima tamu, tamu juga boleh makan ditempat.

Januari 2021 menjadi tahun akil balig gue. Dari seorang nona manis menjadi nyonya. Gausah iri kita punya jalan kehidupan masing-masing dan beban yang harus ditanggung #caelah.
Jangan pernah percaya sama orang yang hidupnya baik-baik aja, ingatlah setebal apa topengnya hingga dia berlaku baik-baik saja, lah kok gue jadi ceramah. 

Balik lagi lah ke Januari 2021 yang begitu gemilang. Akhirnya 28 tahun hidup gue, gue berguna juga bagi nusa dan bangsa, udah engga jadi beban keluarga lagi.
Mantaplah petualangan baru dimulai lagi. Kalau kata pertamina mah "Dari enol yaaaa" buat gue ini juga dari enol gimana nanti kehidupan setelah pernikahan nantinya #ashedap

Yang menarik dari pernikahan gue adalah waktu ucap janji pernikahan GUE LUPA! wkwkwk ngakak banget kalau inget sekarang mah. Gue padahal keliatan percaya diri dan apal banget, masnya? masih ngapalin aja gue udah nyengir-nyengir.

Eh pas momentnya dia lancar gue...... GUE LUPA ANJIR. wkwkwk...

Rasanya pengen joget-joget ala lucinta luna ke sekeliling gereja, ya kok bisa-bisanya gue yang tadinya apal banget terus ngeblank.
Masnya udah coba ngomong sama gue, tapi ya namanya ketutup masker astajim yaolloh, lupa dia mulutnya ketutup masker ya GUE MAH KAGAK BISA BACA MULUTNYA ZUBAIDAH. 
Hening yang begitu meresahkanlah pokoknya hingga akhirnya ya Tuhan mah baik ya, niat baik bersambut baik kalau kata gue mah. 
Tiba-tiba ada lampu di atas kepala gue dan gue bisa melanjutkannya dengan baik, untung juga Pastur-nya ga kalah baiknya. Dia sepintas tersenyum dan melanjutkan misa. 
Gue dalam hati langsung teriak kegirangan,   

"Anakmu jadi nikaaahh maakkkk"

Dan begitulah cerita bagaimana gue dan dia ketemu sampai akhirnya menikah. Bener-bener singkat, padat dan jelas banget. Satsetsatset gitu, semoga aja hubungan kita juga langgeng. Mohon doanya yaaa jamaah onlen biar hamba dan suamik (asik sebutannya) bisa menjalani batu kali kehidupan dengan gemilang menuju puncak impian di hati yaaaa. Lope sekebon buat jamaah onlen semuah.  

Nantikan next storeeh dari kami yaaa jamaah 💕

No comments:

Post a Comment