Namanya Nevus..

Siapakah Nevus itu? pacar baru gue kah? atau bahkan tunangan gue??
Pacar apalagi tunangan jelas bukan kok, gue masih jomblo #ehem #kode, wkwk..
Nevus adalah sesuatu yang udah jadi bagian dari diri gue sendiri, menyertai kemanapun kaki gue melangkah, merasakan apapun yang gue rasakan, dan selalu nempel sama gue baik dalam suka maupun duka, lebih dari sekedar sahabat ya karena dia emang udah bagian dari gue bahkan keberadaannya ada karena diri gue. Tepatnya si Nevus ini ada di kepala gue.
Bentuknya kayak daging tumbuh, lumayan gede sampe kepala gue disebut pitak, tapi itu bukan pitak, akhir-akhir ini suka gatel mengarah ke nyeri, kalo gue garuk bakal berdarah dan si Nevus jadi merah. Darah dikepala sama aja kayak gue harus cuci rambut karena nantinya kepala gue jadi lembab dan si Nevus gak suka kepala gue lembab, berkeringat dan hal-hal lainnya, padahal dengan mobilitas gue yang tinggi apalagi di cuaca kayak gini ngebuat kepala gak bakal bisa kering. Musim hujan ngebuat si Nevus terus ngambek dan minta digaruk.

Jadi apakah Nevus itu? gue pun tau nama ajaib ini dari dokter kulit, karena kebetulan si Nevus ini ngikutin perkembangan kepala gue yang semakin membesar dan rasanya gatal juga nyeri yang ngebuat tangan gue gatel banget pengen garuk, akhirnya gue dan nyokap gue memutuskan untuk pergi ke dokter kulit untuk memeriksakan kepala gue dan taraaa..
"anda terkena tumor jinak kok karena semua orang juga punya tumor jinak ini tapi dalam bentuk yang beragam, tumor yang dikepala anda ini disebut nevus bla bla bla (karena jujur gue lupa, namanya panjang banget dan belibet) gak ganas, kalo mau diangkat ya bisa, tapi ya operasi karena sudah lebar, dan itu berarti anda harus pergi ke 2 dokter lainnya karena saya gak bisa mengatasi kalo udah sebesar ini"
Nah denger kata operasi aja udah buat kepala gue muter apalagi kalo beneran harus, berhubung si Nevus ini ada bukan karena familia atau ada keturunan keluarga dan gak bakal nurun jadi gue rasa semua akan baik-baik aja. Meski pada akhirnya gue pun memutuskan untuk mencari tau siapakah sesungguhnya si Nevus ini.

Namanya Nevus Pigmentosus doi punya nama samaran lainnya Nevus sel nevus, Nevus Nevoseluler (dan entah kenapa kayaknya bukan ini yang diomongin sama dokternya, dokternya mengatakannya lebih panjang lagi apa 2 nama dijadiin satu kali yak sama dia). Arti dari si Nevus ini sendiri adalah tumor jinak yang tersusun dari sel-sel Nevus. Kelainan kulit yang disertai pigmentasi, hampir setiap orang memiliki nevus, sedangkan Nevus yang mengalami perubahan mempunyai resiko 400 kali lebih tinggi untuk menjadi ganas.

Nevus biasanya muncul sejak lahir ataupun timbul beberapa bulan setelah kelahiran, dalam kasus gue kebetulan bidan yang nanganin kelahiran gue melakukan kesalahan hingga ketika gue lahir kepala gue kebentur sama pinggiran tempat tidur, gila gak tuh dengernya, dimana kepala lu yang masih imut imut itu kebentur sama pinggiran tempat tidur (dan gue juga gak heran darimana asal kelebehan gue). Oke pada akhirnya ketika nyokap gue meluk gue dan merasakan keganjilan karena kepala gue yang sebelah agak gimana gitu (wajarlaah maaakk kepala anakmu abis kebentur pinggiran tempat tidur) bidan bilang itu bawaan lahir tapi gak bilang kalo itu bakal jadi kayak gimana ketika gue besar.

Pastinya kalian pada penasaran ya gimana rupa Nevus kepunyaan gue itu, karena gue baek dan mau berbagi siapa tau kalian punya juga yang macem beginian sini gue tunjukin, 3 foto deh biar puas XD ::



Kenalin tiga foto ini, ini adalah Nevus. Ngeri? gue juga ngeliatnya ngeri, orang lain yang kebetulan ngeliat juga ngeri, makanya kadang gue mikir gimana caranya gue kunciran tapi orang lain gak liat.
Gue harus selalu sedia kain kasa, biar kalo ngerasa keringetan gue siap ngapus keringat si Nevus, duh gue sweet banget yaaa
disamping itu gue harus makin banyak makan makanan bervitamin E karena rambut gue udah makin akrab sama rontok, rontoknya kayak orang kena kanker lagi, sisirnya sekali yang kejaring kayak gerebek lokalisasi.

Yang pasti gue harus percaya sama dokternya karena cuman konsul aje bayarnya Rp 95,000 kayak gaji aslab gue sebulan kalo jarang jaga deh itu, dan banyak berdoa biar nih Nevus gak ngerambah jadi yang aneh-aneh, wekekekek.

Tapi berhubung kita udah ngomongin beginian, sekalian aja, gue juga punya sesuatu yang unik di punggung gue, bercak warna kehitaman gitu dan agak lebar. Nah yang ini gue lupa meriksain karena fokusnya ke kepala, tapi kemungkinan ini tanda lahir yang tidak berbahaya kok.
Kebetulan kakak-kakak gue pada punya dan sekali lagi uniknya tanda ini bakal hilang kalo gue bisa nemuin cinta sejati gue, nah loh.. haha.. macem Putri Tonggos yang gue tonton pagi tadi aje, tonggosnya bakal ilang kalo doi berhasil nemuin cinta sejati, yang mencintainya apa adanya. Begitu juga dengan tanda di punggung gue ini, bakal ilang kalo nemuin cinta sejati. Karena terbukti dengan kakak pertama gue yang kini udah nikah tanda yang dia punya ilang, super sekali. Tapi ya biar gimanapun, mau ilang gak ilang gue tetep berharap dapet nemuin cinta sejati itu :P

Update 08 Desember 2021

Setelah sekian lama tulisan ini dibuat dan begitu banyak komentar berlalu lalang plus banyak juga ternyata yang senasib (jadi berasa ga sendirian gitu). 
Gue mau naikin komentar dari salah satu pembaca Catatan Parwa Oryzanti begini :

Assalamualaikum wr wb..Cerita Sore.com
Utk adik2, mba, bunda, mommy dan siapa sj yg membutuhkan informasi terkait nevus.
anak sy jg mengalami hal yg hampir sama di kulit kepala belakang. krn mmg laser tdk disarankan sebenarnya krn akan tumbuh nevus2 kecil lg. laser sementara dpt dilakukan ktk si anak blm ckp umur utk dilakukan tindakan operasi, krn hrs bius total. tindakan operasi dengan mengambil seluruh kulit yg ada menempel nevusnya, kemudian kulit sehat dirapatkan kembali, ini bs dikonsultasikan dg dokter kulit apakah memungkinkan atau dengan trik2 estetik lainnya. Alhamdulillah skr sdh sehat, 4 tahun yang lalu (2017) dilakukan pengangkatan nevus ini di RS Pertamedika Sentul skr RS EMC Sentul, melalui dokter spesialis bedah plastik yaitu dr. Imam Susanto.
Semoga informasi ini dapat membantu dan semoga segera teratasi. 
https://www.emc.id/id/doctors/dr-imam-susanto-sp-bp-re-k

 

 


Sumber :::::
http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/3410/1/08E00609.pdf
http://ijammeru.blogspot.com/2011/06/tugas-praktikum-asuhan-kebidanan-iv-b_7884.html




102 comments:

  1. Ga berani gue liatnya ._.
    Walalupun lo ceritanya seakan-akan kalian pasangan yg sweet, "semoga langgeng ya" adalah kalimat yang tidak cocok untuk saat ini.
    Semoga lo ga kenapa-napa deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, yaa semoga aja (siapa tau) nih nevus ilang dengan sendirinya, dan gue gak kenapa2.
      gue anggep itu sebagai doa dan thx berat doanya sob XD

      Delete
  2. Ya allah itu kenapa ? Klo makin lebar gimana ? Langsung diangkat aja beb .^-^. Ngeri juga itu klo langsung jd daging gtu :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. walah haha, bukan perkara mudah juga ngangkatnya XD

      Delete
  3. Kebetulan saya jg ada di kepala seperti itu bentuk nya lingkaran sebesar koin 500 yang warna putih , kadang terasa gatal banget ya , macam ada daging tumbuh nya kecil kecil kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah ya ya ya.. betul banget.. terus sekarang masih ada?

      Delete
  4. Masih kadang minder jg kl keliatan org haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan minder lagi, kalo bisa rambutnya ditumpuk biar gak keliatan dan ngundang pertanyaan menyebalkan yang harus diuraikan haha

      Delete
  5. Gue juga ada dari lahir itu elu udeh ilang belom ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue belom ilang nih, masih kayak pasangan sejati gitu. Sekarang malah jadi pusat nyeri dan pusing. wekekek.
      Lu sndiri gmana bro?

      Delete
  6. Gue juga ada dari lahir itu elu udeh ilang belom ?

    ReplyDelete
  7. Hy....mau tanya dong gimana hbs kdktr itu dksh obat ga buat ngecilin itu tnda ? Soal nya adik q jgpny tnda ky gtu ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. pnya gue udh gbsa pake obat, cuman bisa pake operasi..

      Delete
  8. Sama gua juga ada, kadang gua suka nanya sama tuhan?
    "Ya tuhan kenapa engkau ciptakan kepala pitak dikepalaku? Kan saya malu kalau orang-orang pada nanya" (tulisan lu kocak juga bro, ngakak geli gua bacanya) mantaafff. Dan gua juga berdoa semoga tuhan hilangin neh pitak dan kasih kesembuhan dengan kulit kepala yg bagus dan tumbuh rambut, aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah iya sama, Ya Tuhan tolong jawab pertanyaan orang jomblo ini..
      AMIN YA TUHAN AMIIINN XD

      Delete
  9. Dah lama ga post (uda 2 thn ga berasa) nevus sebaceous pny saya sdh saya operasi tapi ga bisa full cuma 3/4 bagian saja , pernah saya lakukan tindakan laser sampai 2x tapi hasil mengecewakan karna daging nya msih tumbuh saja jadi saya sarankan untuk melakukan operasi saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. wadaw, sampe numbuh lagi gitu?? -,- saya jadi makin takut

      Delete
  10. Ya waktu di laser bentar emang hilang tapi habis itu perlahan muncul lagi nevus nya , nah habis itu inisiatif saya beraniin diri operasi , operasi nya pun ga lama jg ga sakit, tapi untuk operasi di indo kurang tau dimana (karna saya waktu itu lagi berlibur di rumah tante saya di taiwan)sedang untuk harga kl di rupiahkan skitar 3-4jtan saja, pernah tny ke dokter kulit di daerah saya disaran kan untuk bedah lanjutan yg sisa nya skitr 1/4 bagian di dokter bedah kulit di rumah sakit

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya berhubungan sama banyak dokter emang, waktu sya cek ke dokternya dan tanya prosedur operasi sya mesti ke dokter kulit, saraf dll, soalnya nevus sya lebar dan letaknya gak strategis.
      ujungnya sh dia blang gk msalah, pdahal ya kadang rada nyeri juga XD

      Delete
    2. Nanti kalau ke dokter kulit di sarain terapi dll , lngsng ke dokter bedah plastik , rencana sih mau operasi sisa nya yg kecil di surabaya nunggu ada dana dl XD , thx ya

      Delete
    3. beuh good luck yak! kalau udah operasi berkabar bro

      Delete
  11. Gw juga ade broh.... Ya kadang gatel.. Malah biasanye gue paksa buat nyabutin tuh yang tumbuh. Jadi biasanye tu nevus gw sampe bedarah. Ini semue karna gw sebel sama nih mahluk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu tuh gue juga suka nyabutin, tapi berhubung karena sakit ya udahan, apalgi kalau berdarah ya nyeri juga

      Delete
  12. Trs ngilanginya si mahluk satu ini tub.. Cuma pake oprasi ya? 😶

    ReplyDelete
  13. Halo guys barusan aja habis check di rs di surabaya ,wew saya terkejut harga nya buat operasi sisa nevus saya yg kecil , harga nya mahal banget hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Brp tuh?? Punya saya lebih besar

      Delete
  14. 16-17 , ukuran nevus saya kecil padahal

    ReplyDelete
    Replies
    1. mahal jg y, sya jg ada ukuranya lebi kecil dari koin seratus, jarang gatal sih, cuma bikin cemas

      Delete
  15. Sama nih sy juga punya, udh 36 tahun! Udh ada update lanjutanya boss? Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. saran dari dokter sih cek berkala kalau merasakan sakit dan lebih aware aja apalagi dia melebar atau enggak. Selama enggak melebar ataupun sakit tidak perlu sampai operasi

      Delete
  16. Aku juga sama, barusan abis ke dokter kulit, besok lanjut ke bedah plastik, takut kalau sampai dioprasi, trus rambut hrus di gundul gt, secara aq perempuan, dan ga mungkin jg pakai jilbab, karena bukan muslim 😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. di rs mana ? habis berapa ? thanks

      Delete
    2. 2 hari lagi mau oprasi nih, biayanya pakai bpjs, aku oprasi di rs sidoarjo, ditangani sama dokter bedah plastik

      Delete
    3. berkabar ya teman, biar kita juga tahu gimana keadaan kamu. Oiya mau tahu juga apakah waktu itu memang dokternya menyarankan harus operasi?

      Delete
    4. kabarnya gimana nih yang kemaren habis operasi , coba aja kl bisa kirim gambar mau liat hasilnya habis operasi hehe

      Delete
    5. Baru ingat ini
      Aku udh oprasi, pertengahan desember kmrin, hasilnya lumayan bagus, cm krna aq emang ada turunan kiloid, jd bekas jahitannya itu jd kiloid gt, tp ga besar. Oprasinya jg ga sakit, n di cover bpjs. Proses penyembuhannya 2 minggu
      Akhirnya aq bs lebih percaya dri, krna bs gerai rambut.
      Aq oprasi d rs swasta daerah sidoarjo, ditangani dokter bedah plastik

      Delete
    6. Yg pngen tahu kyk gmna nevusku n hasil stlah oprasi, bs dm ig aq luh_eka.wijayanti

      Delete
    7. Wah selamat ya! aku DM yaa ka.. :)

      Delete
  17. gue mau tanya elo dah dapat cowo yg mau menerima kepala pitak elo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. punya cowok aja belom, haha.. tapi gue yakin ada kok XD

      Delete
  18. Replies
    1. saya dm ig ya kak , trims ya kak ig saya albertwinzzz

      Delete
  19. Saya habis operasi ni
    Gratis semua

    ReplyDelete
  20. Hay mba.. Mba anak saya usia 10thn dia punya venus kaya mba nya.. Minta saran nya dong mba buat venus nya anak saya ����

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau menurut saya sih, selagi tidak berbahaya dan mengganggu tidak apa-apa, lain cerita kalau berbahaya, mengganggu dan memang diharuskan dokter untuk operasi :)

      Delete
    2. Anak saya juga ada ni 11 tahun. Kasi info donk gmna? Hrs ke dokter mana ? Skg agak bercak coklat

      Delete
    3. untuk mbak joanaa saran segera ke dokter bedah plastik karna faktor usia masih muda nanti kalau semakin berumur bakal tumbuh daging apalagi kalau kepala berminyak semakin cepat pertumbuhannya

      Delete
  21. mau tanya kak.apa.kalo udh di operasi bakal tumbuh rambut ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk operasi itu dipotong / diangkat kulit area nevus terus di tarik baru dijahit , nanti bakal ada jahitan halus di sekitr rambut tp gak keliatan alias aman tergantung pny bawaan keloid atau gak

      Delete
    2. ini pun dlu pny saya sebesar uang koin 500 putih lebih besar lg & tumbuh daging bahkan sampai gatal" , sdh saya operasi 1x tp perlu 2x tindakan skrg msih tinggal sedikit tp saya ga berani dikarenakan situasi pandemi

      Delete
  22. Gw cowok umur 22th punya gw penyakit nevus ini besar banget posisi nya di atas telinga sebesar 4 jari dan panjang gw sangat tersiksa dengan adanya nevus ini gw iri sama orng lain rambut gw harus gondrong terus buat nutupi nya pdha gw pngan bnget di cukur pendek sprti orng lain karna pnyakit ini gw suka murung di rumah dan sampai saat ini umur 22th gw blm pernah punya pacar ����

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf mas bro kalau terlalu besar dan panjang bakal kasian jg kalau sampai di operasi semua , alangkah baiknya pakai program bpjs ke rmh sakit rujukan untuk meminimalisir besar & panjangnya nevus melalui operasi bertahap meskipus mungkin ga bisa semuanya dikarenakan kulit akan tertarik

      Delete
    2. pertama-tama semangat buat masnya ya, selanjutnya apakah sudah pernah dicek kerumah sakit dan ini termasuk yang berbahaya, saya setuju sama komen kakak anonymous kalau memang meresahkan baiknya dioperasi memakai BPJS.

      Delete
  23. Anak saya 10thn jga punya sprti itu bulan 12 kmrin laser tp smpe skrg msh suka gatal,
    Skrg sya lagi coba berobat kampung
    Doain ya semoga lekas sembuh dan buat mbanya semangat y dan semoga cepat ilang nevusnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gatal berarti masih bakal keluar daging tumbuh nya , lewat laser percuma apalagi kalau texture kepala berminyak jd makin cepat kembali kesemula. lebih baik ke dokter bedah plastik walau harga pasti lebih mahal tapi coba tny pakai bpjs di rs tersebut apa bisa , semoga membantu

      Delete
  24. Sy 21 taun. Besok saya melakukan penghapusan nih nevus minta doanya ya teman2❤

    ReplyDelete
    Replies
    1. lewat operasi / laser bro ? habis brp ? RS swasta kah ?

      Delete
    2. semoga operasinya berjalan lancar dan diberikan kesembuhan segera yaa kakak :)

      Delete
  25. Mba saya juga ada pitak nya saya cewe dan bentar lagi mau nikah saya tuh mau cerita masalah pitak ini tapi takut , ini tuh pitak nya kaya ada daging tumbuh nya , bukan putih polos ga berambut , sebener nya pitak tuh aslinya kaya gmn si ? Saya tuh insecure banget sama ni pitak dan ga pernh berani ke salon atau potong rambut sm org lain sampe2 sy potong sendiri , saya takut nanti calon suami saya ga nerima ? Ini bsa dioprasi kah? Tapi saya gak nyeri / gatal dan pitak ini ada sejak lahir

    ReplyDelete
    Replies
    1. pitak itu kulit yang tidak ditumbuhi rambut jadi bisa dibilang hanya area kulit itu saja yang botak, hehe emang kalau ke salon ada aja pegawai yang tanya ini apa dan berbahaya ga, tapi ya sebodo aja, mereka juga paling ngomongin kalau saya udah keluar hehe..
      bisa dioperasi kok mba kalau denger dari sepengalaman temen-temen diatas, saya sendiri memilih untuk tidak operasi karena dokter bilang ini sejauh ini ya aman meski kepala suka gatel dan nyeri, lebih2 ini bukan penyakit bawaan yaa..
      kalau dijelaskan nevus itu apa dan emang banyak orang punya, calsum mba pasti akan lebih ngerti dan nerima kok :D

      Delete
  26. Mba punya mba sudah di operasi? Apakah masih gatal sampai sekarang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum dioperasi mba,
      iya masih gatal dan nyeri hehe.. tapi ga kayak dulu yang ga sigap, sekarang mah untungnya aku udah pinter nyiapin kain kasa atau cuci rambut dan suka angin2in kepala

      Delete
  27. Asli, cerita ini mengandung bawang

    ReplyDelete
  28. Oprasi ngilangin nevus di jawa barat di rs mana ya

    ReplyDelete
  29. Assalamualaikum wr wb..Cerita Sore.com
    Utk adik2, mba, bunda, mommy dan siapa sj yg membutuhkan informasi terkait nevus.
    anak sy jg mengalami hal yg hampir sama di kulit kepala belakang. krn mmg laser tdk disarankan sebenarnya krn akan tumbuh nevus2 kecil lg. laser sementara dpt dilakukan ktk si anak blm ckp umur utk dilakukan tindakan operasi, krn hrs bius total. tindakan operasi dengan mengambil seluruh kulit yg ada menempel nevusnya, kemudian kulit sehat dirapatkan kembali, ini bs dikonsultasikan dg dokter kulit apakah memungkinkan atau dengan trik2 estetik lainnya. Alhamdulillah skr sdh sehat, 4 tahun yang lalu (2017) dilakukan pengangkatan nevus ini di RS Pertamedika Sentul skr RS EMC Sentul, melalui dokter spesialis bedah plastik yaitu dr. Imam Susanto.
    Semoga informasi ini dapat membantu dan semoga segera teratasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuah terbantu sekali,
      mohon izin untuk menampilkan komentar ini didalam tulisan blog saya ya mba, :)

      Delete
  30. https://www.emc.id/id/doctors/dr-imam-susanto-sp-bp-re-k

    ReplyDelete
  31. Saya punya juga d atas kepala tepat d tengah agak kebelakang ..rncana saya mau operasional...mau tanya..siapa d sini yg pernah di operasi nevus..apakah aman?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sendiri belum operasi hehe, tapi menurut komentar2 sebelumnya aman saja asal memang ada rekomendasi dari dokter.

      Delete
  32. Iya kmrin sdh saya periksa ke dokter bedah..katanya bisa d operasi dan d rawat inap 3_4 hari mba....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini bedah umum atau bedah plastik ? trims apakah bsa tinggalin nama akun ig biar bsa follow up....thanks

      Delete
  33. ini bedah umum atau bedah plastik ? trims apakah bsa tinggalin nama akun ig biar bsa follow up....thanks

    ReplyDelete
  34. Mas albert sdh pernah operasi yah...gimana rasanya...di bius total atau tidak ...dan perawatan nya berapa lama

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngak , belum nanti aja febuari karna masih repot kerjaan kak

      Delete
  35. Ohh nggk di bius total yah...?? Kok saya d suruh bius total yah...untuk operasi nevus nya

    ReplyDelete
  36. halo gimana kabarnya yg operasi? apakah aman s, saya barusn oprasi tapi cuma diangkat yg muncul benjolan nya saja, karena nevus saya tumbuh benjolan kaya tahi lalat cuma panjang, tidk semua area yg di angkat.. area nevus saya besar aepwrti koin 500

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy blm operasi .. insyallah rncana nya tahun depan .gimana yg udh operasi nevus nya.apakah aman dan brp lama d RS .boleh kirimkan gambar d WhatsAp ,082293527525

      Delete
  37. Saya juga punya... Operasi senin 28 maret sama dokter bedah.. Karna memang jaringan ini aktif bisa melebar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dokter bedah umum atau dokter bedah plastik ?

      Delete
    2. Klw menurut saya melebar sih tidak..sebab d kepala saya in sdh lama dari sy lahir

      Delete
  38. Guys mau cerita, aku punya ini sekitar 6 cm
    Kategorinya tumor jinak tp setiap tumor bisa berubah jd ganas jadi harus diambil.
    Kalau bisa ke klinik dulu atau faskes 1 minta rujukan ke dokter bedah, nanti pasti dokter bedah jadwalin operasi.
    aku 2 hari dirawat, 1 minggu lepas benang.
    Semangat ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh kirimkan foto hasil operasi nya suci sartika di ig @ekhycules

      Delete
    2. Kak suci sartika bisa minta tolong foto hasil operasi di ig @albertwinzzz , terima kasih

      Delete
  39. Anak ku umur 3 tahun punya tanda di kepala.aku kira pitak biasa bisa tumbuh rambut pake minyak kemiri.baru tau hari ini ternyata itu nevus dan harus oprasi..😭😭

    ReplyDelete
  40. saya juga baru selesai operasi eksisi nevus tgl 1 juli 2022 kemarin. di RS SARDJITO, alhamdulillah di cover BPJS

    ReplyDelete
  41. Assalamualaikum, hi panggil aja gue Budy ( nama samaran ) hehe. Gue juga salah satu penerima penyakit ini, kepaksa sii mau gamau udah diberi Ama yang diatas juga kan. Letaknya dibagian atas hampir kebagian belakang kepala.inget bgt pas dipetal disekolah ditahun 2017 dan diliatin satu sekolah sumpah gua trauma berat dan malu.orang² masang wajah jijik ke gue dan setelah itu selama dua tahun disekolah gue harus make kopiah/songkok. Nevus gue Segede setengah korek api gas. Dan inshaa Allah tahun 2024 akhir mau gue operasi, kenapa engga sekarang? Gua takut. Kita semua tau rasanya. Dan gue harap kita tetap kuat, sabar, dan lapang dada buat Nerima ini. Akhir gue serasa berani cerita ini. Hal yang gua tutupin selama ini karena sering dihina orang☺️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih telah kuat!
      ditunggu kabar baiknya ya

      Delete
  42. Bisa di buatkan grup WA biar gampang sharing informasinya🙏🥺

    ReplyDelete
  43. Aku jga punya tanda lahir nevus ini
    Di buatkan grup WA yuk biar gampang sharing informasinya (081399598513 no aku )

    ReplyDelete
  44. Saya punya itu sudah 33 tahun kata ibu ku krn ditarik alat waktu persalinan. Cuma wktu kelas 2 sd pernah membesar dan infeksi dan rasa gatal kayak di foto ts cuma bapak saya kasih obat salep nosib cuma panas dan gatal saat kasih obat dan mengecil. Cuma kalau rambut dipanjangin dan lupa cuci rambut mulai lagi timbulnya daging kecil. Cuma pas googling dapt info bahwa ini genetik terjadi krn masalah pembentukan embrio. Cuma tidak berbahaya tapi bisa jadi ganas.serta bukan penyakit turunan. Di luar negeri mmg disebut tanda lahir. Tahun 2021 operasi nevus cuma dokter hanya tindakan dikikis atau dicukur nevusnya dan skrgmulai timbul lagi. Mmg tindakan terbaik adalah eksisi atau operasi pengangkatan jaringan nevus serta kulit dibawahnya dan dijahit. Skli lagi nevus bukan krn turunan tapi mutasi gen dan bukan krn makanan atau gaya hidup. Intinya jaga kebersihan kulit kepala. Saya pakai cuka apel utk nevus saya fan berhasil. Nevus kering tapi 1 hari 1 kali saja pakainya kalau kebanyakan nanti iritasi. Tapi utk hilamgkan permanen harus operasi pengangkatan jaringan nevus. Rencana tahun dpn. Mau pakai bpjs supaya hemat.

    ReplyDelete
  45. Anak saya juga punya nevus di atas telinga kiri, skrg dia 2,5 tahun. Kata dokternya nevus itu akan berhenti perkembangannya klo dia sudah umur 17 tahun, tp entah benar atau ga intinya si dokter bilang klo nevusnya tidak berbahaya. Pengen bgt bawa dia operasi biar nanti klo sekolah ga dibully sm temen"nya & biar PD. Tp kata dokternya tunggu dia agak gede aja biar bisa dibius lokal, klo skrg harus bius total. Adakah saran mendingan operasi skrg atau nanti klo di udah gede? Tp aku kasian takut dia nanti jadi minder

    ReplyDelete
  46. saya juga punya itu saya kira hanya bekas luka biasa, setelah melihat ini jadi tau kalo ini penyakit, mohon doanya agar saya bisa disegerakan operasi

    ReplyDelete