Menawar Tuhan

Kadang kita sebagai manusia terlalu tamak, bahkan saking tamaknya serasa bisa menggenggam dunia hanya melalui satu tangan, padahal paha kita saja gak bisa digenggam pake satu tangan.

Gue punya satu cerita unik yang akhirnya menghantarkan gue kepada suatu yang gue sebut dengan totalitas kepasrahan, mungkin loe juga punya cerita yang sama macem gue? Yaah, coba aja simak..

Siang itu mentari terik banget dan gue masih leha-leha diatas kasur empuk, gak ngerti mau gimana gak ngerti mau ngapain, hampa banget 2 minggu gak ada rutinitas dan cuman bolak balik terima panggilan, yaa ibaratnya 2 minggu gue jadi cewek panggilan deh. Iya, gue udah gak kerja ditempat lama gue, yang menurut orang terjamin banget, yang menurut orang gue adalah orang bodoh karena meninggalkannya, tanpa mereka tau kenapa gue bisa gak lanjut disitu. Yasudahlah biarkan Tuhan dan hati gue yang ngedumel yang tau.
Bolak balik panggilan gak ngebuat gue langsung diterima, jelas banget. Birokrasi perusahaan yang ruwet yang buat gue ngerti betul kenapa bisa begitu. Mereka sedang mencoba menseleksi dan mencoba mencari kandidat terbaik, kayak gue yang terus cari kerjaan yang cocok dan gak segan nolakin tawaran (yang mungkin saja berpotensi). Akhirnya pada minggu ketiga gue udah mulai pasrah mau dibawa sampe mana sama Tuhan. Gue sadar gue terlalu tamak, terlalu memilih dan itu semua disadarkan oleh Tuhan dengan penantian panjang terhadap tes-tes gue yang diharapkan ada ujungnya.

Ketamakan gue gak cuman berhenti pada saat kepasrahan gue aja. Tapi juga hadir ketika akhirnya gue mencoba mematikan impian gue, iya.. impian yang gue agung-agungkan semenjak gue SD dan akhirnya jadi bangkotan gini. Impian yang gue harap bisa gue gapai, gue berniat mematikan impian itu manakala datang panggilan dari salah satu perusahaan swasta yang bisa ngejamin kehidupan loe sampe cicit loe, dalam hati gue udah ingin melepaskannya dengan kerja di perusahaan itu (yang emang penempatannya diluar pulau). Tapi Tuhan sekali lagi getok kepala gue, dia ngehardik gue dan menyatakan jangan menyerah pada impian itu, karena nyokap gue ngelarang keras gue kerja diperusahaan itu, nyokap gak mau ditinggal. Dan gue BETE abis.

Kekesalan gue berakhir ketika gue ngeratapin hari dimana tes itu seharusnya terlaksana. Dalam hati sambil bilang, duh kalo gue hari ini tes pasti dari kemarin kaki gue udah nginjek daratan Pontianak nih. Lama ngedonin nasib datanglah telfon yang gak disangka itu, meminta gue mengirimkan CV ke alamat email yang akan segera disms-kan, gue gak gerak cepat malah leha-leha dan agak males-malesan ngirimnya.
Tapi emang gak tau rejeki atau gimana, gue dipanggil untuk besoknya tes dan lainnya.
Malamnya gue bukannya tidur cepet kayak tes-tes sebelumnya, gue begadangin gak jelas, berharap bisa bangun telat dan gak ikut tes itu. Dalam hati setengah ingin ikut setengah ingin tidur aja.
Tuhan lagi-lagi nyentil, dia bangunin gue tiap sejam sesudah gue nutup mata, alhasil ketika jam 04.00 gue memutuskan untuk gak tidur lagi dan mandi aja. Siap-siap dan segera berangkat daripada tidur diganggu terus.
Begitu sampai dalam keadaan ngantuk dan perut kosong, rasanya komplit untuk menggagalkan tes ini.
Gue ternyata salah lagi, tes awal terasa sangat ringan untuk dikerjakan. Tes berikutnya psikotes pun akhirnya gue serahkan kepada Tuhan untuk dijawab, serius tangan gue enteng banget ngerjain padahal kebanyakan soalnya adalah soal yang belum gue temui dari tes-tes psikotes yang selama ini gue telen.

Gue cuman bisa nyengir aja dalam hati, masih berharap ini bukan jawaban dari sang kuasa. Berikutnya ketika tau jam 06.30 harus sudah ada ditempat gue menawar kepada Tuhan,

”kalau jam segitu aku harus udah ditempat, aku gak mau pulangnya jam 4 sore”
 jawaban dari Tuhan adalah : “Pulangnya jam 13.30, sabtu jam 13.00”

Gue coba menawar lagi sama Tuhan

“kalau gajinya cukup buat nabung, kasih nyokap dan modal kuliah, aku mau”
jawaban dari Tuhan adalah : “semua sudah aku cukupkan dengan angka yang tertera pada kertas”

Belum puas, gue coba nawar lagi

“Kalau lembur gak digaji, ogah..”
jawaban dari Tuhan adalah : “semua sudah dikondisikan, ada lemburan”

Belum percaya ini kehendaknya, gue menawar kembali

“tapi jam 06.30 itu kepagian, aku biasa bangun jam 06.00, minimal berangkat jam 06.00 deh. Gimana coba..”
jawaban dari Tuhan adalah : “untuk sebulan kamu masuk jam 7 dulu, sisanya Aku yang atur”

Ajaibnya sejauh ini jam 04.00 gue sudah membuka mata dan menggerakkan kaki ke kamar mandi.

Entah kenapa gue selalu punya spare waktu buat minum energen dan menyiapkan sendiri bekel.
Entah kenapa dengan kurangnya waktu tidur gue, gue masih sanggup berdiri 20 menit dikereta lanjut 15 menit jalan kaki dari stasiun ke tempat tujuan
Entah kenapa sampe sekarang gue yang gampang masuk angin, masih bisa berdiri sambil haha hihi.
Entah kenapa gue yang benci banget masuk sabtu masih bisa ketawa lepas sekarang sabtu masuk.

Semenjak kejadian itu gue berubah jadi lebih pasrah, merencanakan tetap tapi pada akhirnya gue berdamai dengan Tuhan dan mengatakan. Bila ini memang kehendakmu tolong ambillah langkah ini dan iringilah.

Jujur ketika segala tawaran itu dikabulkan sama Tuhan, gue malah jadi takut dan ngeri. Pada akhirnya ya gue bilang “cukup Tuhan sampai sini saja. Aku sudah mengerti dan akan aku laksanakan”

Ketika gue menyatakan hal itu, loe tau apa yang terjadi. 3 Perusahaan yang gue harapkan mengkonfirmasi penerimaan gue dalam waktu dekat, hari itu juga langsung konfirmasi bahwa gue diterima. Antara duka dan inget bahwa Tuhan telah memilih dan sedang menguji akhirnya membuat gue menolak sambil belajar bersukacita dari penolakan itu.

                         “Pada akhirnya kelemahan kita menjadi alat nyata kekuasaanNya”

10 comments:

  1. pengalaman yang keren kak, inspiratif banget. yosh, tetap semangat di tempat kerjanya ya kaka :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap kakak :D
      berharap juga bisa langgeng ditempat yang baru, hihi

      Delete
  2. keren. Semoga sukses di pekerjaannya, dan jangan lupa untuk selalu bersyukur :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin, iya nih.. kayaknya kurang banget update bersyukur. Suka lupa sama apa yang dipunya

      Delete
  3. keren tuh ceritanya :) kadang seseuatu yang tidak kita harapkan justru itu adalah sesuatu yang baik untuk kita dan tuhan tau mana yang terbaik untuk kita :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah! dan seringnya kita gak sadar sama sesuatu yang ternyata baik itu. Tuhan memang luar biasa :D

      Delete
  4. Mpok Chiristina keren,
    Tuhan emang gitu kali ya, kita ngerasa tempat itu nggak cocok, tapi menurutn-Nya cocok,
    Sama kayak aku, mau pacaran tp masi disuru jomblo sama Tuhan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih makasih *sambil salaman*
      mungkin yang itu udah nasib kali pak.. haha :P

      Delete
  5. Ah, idemu bagus sekali, Kak. Coba lebih dirapihin lagi Kak penulisannya. Biar pesannya bener-bener nyampe ke pembaca. :)

    ReplyDelete