Mengenai HOBI



Apa yang kalian lakukan di long weekend awal bulan desember ini?
Apakah tiduran dirumah, menerjang kemacetan tiada ujung atau lebih memilih mantau akun @lambet*rah biar jadi kidz zaman now kekinian yang update gak berenti?

Kebetulan gue sendiri memilih untuk keluar dan memilih melawan arus dengan menjadi GPS hidup kakak gue. Iyak gue nemenin dia temu kangen sama hobi yang sampe sekarang gak bisa gue ngertiin.
Gue ceritain sekilas mengenai hobi dia ini. Hobinya adalah melihara ikan, gak berenti disitu dia juga sempat mendalami Aquascape (ini adalah seni dimana kalian menyusun tanaman, coral dan segala kroni-kroninya membentuk keindahan luar biasa), cuman terbentur modal dia berhenti dan mulai membangun kolam ikan yang lumayan. Ikannya pun bukan main, mulai dari nyoba melihara predator, arwana sampe louhan.

Gue menyebutnya hobi lelaki.
Seperti biasa ritual dia adalah pulang kerja-duduk depan kolam ikan yang dikasih kaca dan mandangin itu lama-lama, awalnya gue pikir kakak gue rada sableng, tapi karena penasaran besoknya gue coba ngelakuin hal yang sama.
Yep, ada perasaan yang berbeda, ngeliat ikan itu lari kesana kemari. Itu ngebuat kepala gue pusing.

“Yah, ngeliat beginian kesenangan tersendiri. Ibaratnya kalau lu gak suka ya lu gak ngerti karena yang dirasain ya beda”
Dia ngomong sebijak itu ketika gue tanya kenapa ikannya dipandangin mulu.
Sama seperti ketika ikannya mati, dia dengan lembut angkat ikannya ngelus-ngelus terus dikubur.
Cowok pun kalau melankolis begini amat ya?




Ngomongin hobi emang bisa buat kita gak bisa mikir lebih jernih, kenapa bisa ngeluarin segitu untuk hal yang begitu doang. Nah ini itu adalah pikiran dimana kita emang gak bisa ngerti letak kesenangannya dimana.
Sama kayak gue yang doyan ngoleksi komik ataupun nulis blog, untuk orang lain mungkin gak ada faedahnya sama sekali, gak ada gunanya apalagi blog gue beneran gak bisa cari uang kayak orang-orang.
Prinsipnya beda, gue nulis karena mau nulis. Karena gue suka (titik).
Suka emang perlu alesan? #tsaah.

Kita emang gak pernah bisa paham dan mempertanyakan hobi orang lain. Hobi itu sendiri menurut definisi gue adalah sesuatu yang menimbulkan kegembiraan luar biasa, membuat kita nyaman dan jelaslah membawa hal-hal positif dalam kehidupan berwarga Negara, jangan sampai hobi itu mengganggu kehidupan orang lain apalagi bila menganggu dompet hingga harus utang kesana kesini, itu bukan hobi tapi obsesi menggila menggerus kehidupan primer.

Hobi itu emang kaya zat adiktif, kita bisa nyandu sampe gila atau menjadi motivasi untuk terus berkarya didalamnya.
Kita gak bisa berenti semaunya, ibaratnya kayak kalian cinta mati sama pasangan kalian, ya masa rela dilepas gitu aja. Gak kan?

Timbulnya masalah adalah disaat kehidupan tidak lagi seimbang, antara pribadi dan hobi, oleh karena itu biasanya cewek atau cowok cenderung memilih pasangan yang support hobi mereka, satu hobi. Kalau enggak ya udah nasibmu gaes buat milih antara hobi dan masa depan.

So, jangan pernah mempertanyakan hobi seseorang sebelum memahaminya. Karena kesukaan orang beda-beda. Tapi ingat hobi-lah dengan hal-hal positif yang emang bisa membuat kehidupan menjadi lebih baik bukan sebaliknya.
Tetap berkarya tetap mencintai hobimu dan tetep pantau blog gue #haseek.

Bhay.

No comments:

Post a Comment