Ngeluh?

Sumber


Gue rasa gak ada manusia yang gak pernah mengeluh,
ya gak sih?
setubuh gak nih sama gue? pasti enggak, setubuh soalnya kecuali kalo setuju, ckck..

Menurut abang ganteng KBBI mengeluh adalah :
mengeluh/me·nge·luh/ v menyatakan susah (karena penderitaan, kesakitan, kekecewaan, dan sebagainya)
(Ngomong-ngomong tau darimana lu KBBI cowok sampe dipanggil abang?
Ya biar mesra aja )


Oke, setelah tau pengertian dari KBBI, pernah gak sih lu punya temen yang kerjaannya itu kalau gak ngeluh ya ngeluh terus ngeluh sampe lu pusing sama keluhannya.
Pernah punya temen macem gitu?
Kalau emang keluhannya terus-terusan tanpa batas tentu aja kita yang ngedengernya ikutan lelah dan malah ngeluhin si tukang ngeluh ke teman yang lain dan terjadilah rantai setan dimana keluhan itu akan menular dari satu orang ke orang lain lagi.

Tapi sebelum kita beranjak ke sisi negatif yang buat sedih dan baper, sebenernya fungsi mengeluh itu apa sih?
Sepanjang sejarah pertemanan gue selama seperempat abad sebelum masehi gue mendapati hal-hal sebagai berikut :

1. Melegakan

Iya ini jelas banget, Mengeluh adalah hal paling melegakan bagi pengeluh dan merupakan hal yang bikin gatel buat pendengar. Pengeluh biasanya akan mengeluarkan segala hal sampai dia benar-benar plong, sampai tidak ada sesuatu yang perlu dikeluhkan kembali, pada akhirnya dia menjadi bahagia karena berhasil melegakan hati yang sudah sesak akibat keluhan.

2. Berbagi

Gimana gak berbagi orang dia mengeluhnya harus terdengar sama orang lain kok. Otomatis ini akan membuat atmosfer sekitarnya sedikit banyak terpengaruh dan mungkin malah ikut terbawa, biasanya kalau yang terbawa ini akibat mengeluh atasan begini begitu atau mengeluh karena departemen lain bersikap begini begitu.

3. Biar bisa dingertiin

Jadi, kalau gue kerjanya lelet atau begini begitu kalian ngerti kan. Kira-kira untuk pengeluh inilah fungsinya dan meminta maklum dari semua orang. Padahal gak semua bisa dimaklumi dan baik-baik saja. Sampe kadang mereka gak sungkan mengeluarkan unek-unek mengenai masalah keluarga yang seharusnya mereka keep dan dibicarakan dari hati ke hati oleh pasangan.

 4. Karena kita senasib, aku kamu sama loh

Sebenernya lebih nyari temen senasib. Bahwa gue begini loh, ada juga gak yang sama. Mereka lagi mengumpulkan komunitas pengeluh yang berpotensi untuk menimbulkan persaingan siapa yang lebih menderita dengan berbagi mengeluh kepada komunitas yang sebenernya gak ada faedahnya ini, elu gak bakal menemukan titik terang dari sini ya kawan.

Sekarang udah paham kenapa pengeluh mengeluh sampai melenguh?
Kalau kurang paham mungkin lu kurang gaul sampe gak ketemu tipe temen macem begini.
Jadi, apakah mengeluh itu bagus?
Jelas aja enggak.
Gak ada bagusnya.
Gak ada enaknya.
Yang ada kerjaan jadi makin berat dan berantakan, berat tubuh pun bisa kian menyusut atau malah membesar tergantung menyikapinya.

Saran dari gue yang selalu menyarankan ke temen-temen gue adalah begini :
  1. Ubahlah sudut pandang. Kita gak pernah beranjak dari satu sisi kalau memandang segala sesuatunya dari sisi yang sama. Move! Move! itu yang selalu diteriakkin bapak ABRI pas lagi ngelatih kadernya
  2. Berpikir Bersikap Positifa. Yep, negatif memang selalu gak menyenangkan, kesannya hawa setan atau menjadi terkucilkan dimana-mana. Kalau elu berhasil mengubah sudut pandang maka ubah juga pola pikirmu. Menjadi positif gak susah-susah amat kok cuman sering makan hati aja.
  3. Perbanyak sabar. Seperti yang gue bilang sebelumnya, kalau positif itu sering makan hati sama dimakan temen, makanya lu kudu besarin hati, lebih besar daripada badan lu.
  4. Cari temen aura positif. Kalian udah gak dijaman semua orang ditemanin, sekarang kalian tinggal dizaman, semua orang boleh kenal tapi gak semua ditemanin. Bertindak smartlah dengan menyeleksi teman. Pengeluh ketemu pengeluh yang ada seharian otak kalian bakalan butek sama keluh kesah aja.
Itu 4 saran yang berguna menurut gue.
Ingatlah begini, ketika kita mengeluh secara sadar membuat tingkat mood kita menjadi turun drastis, menurunkan fokus dan emosi kita menjadi tidak stabil. Bisa sangat marah sekali akan kejadian-kejadian penyebab keluhan atau bahkan menangis sesenggukan.
Bila keluh kesah ini berkesinambungan gue takutnya kalian jadi berubah nyinyir sama kehidupan orang lain, merubah ke arah iri sekali kenapa dia begitu gue begini (-begini aja).

Lihat?
Begitu banyak jelek ketimbang manfaatnya.

No comments:

Post a Comment