G(h)os(t)-s(h)ip

Apaan tuh G(h)os(t)-s(h)ip, lu mau ceritain kapal berhantu bray??
Woles gue bukannya mau ceritain yang serem-serem sama lu pada, karena gue sendiri takut sama yang serem-serem contohnya istri tetangga -_-v gue cuman mau lempar keripik pedes sama acara yang satu ini, sebuah acara yang kalau diibaratin kapal berhantu, sesuatu yang gue bilang menakutkan deh, karena seringnya tanpa kita sadari tiba-tiba saja dia udah merasuk dalam pikiran kita dan merubah cara pandang kita terhadap sesuatu. 
Wah wah segitu dongkolnya lu sama acara ini? acara apaan sih emang? acara lawakan yang saling menghina, memojokkan dan lempar gabus itu? apa acara lintas politik itu? apa acara gosip-gosip yang udah gak jelas juntrungannya lagi itu? ataauu sinetron indo yang na ujubilee kagak kelar-kelar sampe megap megap nontonnya?
Iya Iyaa itu ituuuu.. bukan bukan yang lawakan bukan juga lintas politik bukan, bukan juga sinet indo murahan yang udah jadi rahasia umum tapi yang itu gosip yang udah gak jelas juntrungannya.
Yang udah meracuni pikiran anak-anak babil itu jadi lebih babil, yang suka ngeheboh-hebohin semua masalah, yang jadi batu loncatan buat artis gak tenar, muara dari segala berita baik yang mengharu biru sampe yang lempar-lemparan kata, yang gosip sama berita sekarang udah beda tipis di beberapa stasiun tipi malah udah bias sama sekali makna sebenernya apa itu gosip apa itu berita.

Nah mencakup semua ini gue mau ngasih penghargaan keripik pedes gue buat Infot*men yang rumahnya di Trans Tv, yang acaranya setiap hari sabtu dan minggu jam 17.30 ntuu, yang pembawa acara atau bahasa kerennya Host si bang Jeremy Teti dan Feni Rose, seorang presenter handal yang bawain berita sedih apalagi gembira kayak ngasih tau keluarga orang kalo salah satu anggotanya meninggal disenggol kucing, dan si Jeremy Teti yang cengkoknya ruarrr biasa indah sekalee *biar gimanapun gue suka lu bang jer #brrbbb*.
Ini acara apaan sih, kok gue baru tau? kalo bener lu gak tau, gue ucapin selamat braaayy!! karena dengan begitu anda terbebas dari ketidakseimbangan dan ketidakproporsionalnya suatu acara *jabattanganpelukhangatketjupmesra*.

Menurut gue yang beberapa kali (kepaksa) nonton setelah ribuan kali pindah channel dan tidak menemukan sesuatu yang disebut bagus dan berkualitas *mana dangdut mana dangdut gueee* akhirnya gue nonton Infot*men ini. Ketika melihat si bung Jer gue pikir wah acara apaan nih, ditambah ada artis yang bersangkutan yang jadi topik pembicaraan lagi.

Gue inget banget yang terakhir kali gue tonton itu waktu eps-nya Dewi Perssik, Oh My.. kenapa mesti juga dia sih -_-". Ketika lagi ada beritanya dia, si Depe dengan Pedenya langsung klarifikasi semua berita berita disertai dengan alasan-alasan yang mengharu biru sampe gue jedotin pala ke tembok, tapi apaaan ujung-ujungnya pembawa acara dengan mukanya yang soo~~ flat malah nanya, "jadi sebenarnya jam berapa kejadiannya?" WTH, si Depe dengan tampang 'apaan sih' cuman bisa melongo dan gue bisa menyimpulkan artis-artis ini sangat sekali..

Infot*men sendiri sebenernya mengusung infotaiment yang ber'teman' sekali. Menghadirkan artis-artis yang akan ikut mengomentari dan narasumber yang menjadi topik acara itu tidak lupa juga dibubuhi dengan opini masyrakat yang dalam hati dan pikirannya "gue masuk tipi gue masuk tipi".
Sesungguhnya gak ada yang salah dengan acara-acara ini, tetapi cara menyampaikannya dan bagaimana acara ini dikemas yang menjadi masalah. Terlebih waktu yang ditentukan adalah jam ketika anak-anak sudah mulai duduk didepan televisi dan menunggu acara untuk ditonton setelah lelah bermain atau lelah menonton hal-hal yang berat insidious contohnya.

Woles bray ini bukan si Depe
Feni Rose dan Jeremy Teti juga sebenarnya merupakan kombinasi ruarr biasa, tapi ya kembali lagi, acara ini sebenarnya untuk apa? menghibur saja? oke menghibur. Tetapi apakah cukup bila menghibur dengan omong kosong?
Yaaa menghibur juga punya etikalah, dimana menghibur mendidik, bukan macam pembodohan.
Apalagi disamping gue kasih keripik pedes sama acara ini, hal-hal berbau Infotaiment juga haruslah ditegasi dan gak membabi buta disuguhkan kepada masyrakat tanpa nafas. Layaknya sebuah sinetron, acara-acara infotaiment atau gampangnya gosip gosip itu udah meluluhlantahkan semua pandangan masyrakat dan ngebuat gue yang gak doyan gosip jadi megap-megap.
Bayangin aje, pagi siang sore saat jam silih berganti saat materi kejadian sudah tidak ada ditempatnya, yang harusnya gosip dimana yang berita akurat real dimane.. semuanya campur aduk gak karuan.
Infotaiment pun sebenarnya kalo secara membabi buta begini dengan topik-topik yang bikin keblinger kayak burger itu menghambat perkembangan anak, segala kemewahan yang dicerminkan para artis apalagi di natal begini gue ngejumpain bahasan Jupe yang ngasih mobil 1em-ber ke Gaston hampir disemua stasiun, ya ewaah kado aje mahal banget mending langsung nikah aje sonoo...
Ditambah dengan tetek bengek hal-hal keartisan yang gak gue pungkiri udah sangat memuakkan, ya artis kawin cerai lah udah kayak beli roti sobek, sobek dikit tuker *lho*. ya artis pergi keluar negerilah, ya artis nepu-nepu pacaran sama siapa buat naekin pamor lah, ada-ada aja dah entah artisnya lah cari sensasi atau ada ada aja nih infotaimentnya yang cari-cari rebut. Bayangin gimane abege-abege labil itu yang punya kebiasaan nelen mentah-mentah informasi nanggepinnya, istilahnya pandangan mereka terhadap kesucian pernikahan pun menjadi bias dan keraguan tingkat dewa. Kali-kali berita tentang artis yang wisuda kek, ato yang dapet beasiswa ape yang begimana gitu yang baek-baek tonjolin gitu kayak dada jupe yang makin nonjol, jangan cuman premis negatif aje ngejembreng dimane-mane *tariknafashembuskan*.

Biar gimanapun kita sendiri sebagai masyrakat dan gak cuman KPI harus memerangi bagaimana kebobrokan stasiun televisi, harus disadari pula oleh semua orang Edutaiment melalui televisi itu sama pentingnya kayak kita makan bangku sekolah dan segala yang bobrok itu kita kudu menentangnya.
Hentikan semata-mata rating! Berikan kami kualitas bukan kuantitas! Berikan kami kecintaan terhadap dunia televisi bukan yang cuman cari duid!

Merdeka! Balikkin Si Bolang disemua televisi!
Balikin Captain Tsubasa! *okesalahtopik*
akhir kata jebreeett..







15 comments:

  1. Haha ampun deh acara TV sekarang. Menurut gue yang bagus cuma ada di kompas TV dan netTV hohoho. Goodluck lombanya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan ampun lagi, buat kita-kita harus lebih selektif lagi tontonannya :/
      aish The Comment yak, wekekek

      Delete
    2. sayangnya, untuk daerah kecil macam kota saya, acara sperti itu tak ada. Jadi? apa yang harus kami lakukan? untuk ada internet. bsia live streaming acara lain xD

      Delete
  2. kirain ghos ship itu. hantu yang shiip, ya hantu yang oke gitu. ternyataaa.....

    sekarang acara di tv lebih mentingin ratting di banding mengedukasiii... huvttt

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuah materi bagus tuh, lain kali mungkin gue bakal buat postingan hantu yang ketje :D
      yap itulah, sebenernya penonton juga dalam keadaan tak punya pilihan

      Delete
  3. judulnya keren! :D
    dan ya aku setuju, balikin captain tsubasa ke tv! *salah fokus*

    makasih udah ikutan yaa~ ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hoho, makasiih :D
      weheheh meski salah fokus tapi gue juga setuju banget :P

      ^^ semoga bisa saling memotivasi dan memberikan pandangan tentang dunia pertelevisian sekarang ini :D

      Delete
  4. sukses deh buat kontes blognya :D

    ReplyDelete
  5. benaaaaaaaaaar... balikin captain stubasa.. balikin power ranger >.<
    emang daah acara sekarang bener bener beda banget sama acarajaman dulu. malah nih yaak sekarang tuh antara berita sama gosip jadi ga ada bedanya. berita artis nongol di acara berita, berita kebanjiran dan segala rupa nongol di acara gosip. jadi gue harus nonton apaaaaaaaa??? *teriak dipinggir jurang*

    ReplyDelete
  6. Wah wah menarik sekali tulisannya. Semoga Menang di GA nya ya
    Oh ya JEremi Teti sudah sering saya liat. Dulu dia kan di SCTV kan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks :D :D
      yap, dia dulu ada di liputan6 SCTV, yang berhasil ngeboyong grammy award buat berita terbaik. tapi karna abis kontrak (dan gaji yang lebih menjanjikan mungkin) doi pindah ^^

      Delete
  7. Kocak banget pokoknya Jeremy Teti ama Feni Rose lagi duet... Jeremy skrg jd entertainer kek Tessy wakakaak

    Komentar juga ke http://j-samudra.blogspot.com/ yakk
    ntar gw sering2 maen sini...
    salam kenal yakk

    ReplyDelete
  8. jiahaha kalo tessy sih emang bakat alami, bang jer ini loh yang gak abis pikir,

    sip siap blogwaking bray :D

    ReplyDelete