Masa Dahulu

Kemarin gue ketemu sama temen sekolah, semasa smp dulu..
Dia bilang gue udah jadi cewek dan udah gak sok cool lagi, haha..
Inget dia ngomong kayak gitu, gue jadi keinget masa lalu, dimana gue jadi calo buat para cowok nulis surat cinta buat ceweknya..

Wah dijaman gue kertas orji aje laris banget, apalagi nyatain cinta pake surat cinta. Ngetren bener..
Semasa gue sekolah dulu, nembak cewek adalah sesuatu yang sakral, meski beberapa ada juga yang player, tapi itulah masa smp gue..

Ada yang belajar gitar mati-matian cuman demi nembak si cewek, karena cewek itu doyan satria bergitar, gue pikir itu lebih baik, si cowok rela nabung beli gitar dan berlatih giat daripada si cewek demen satria berkuda, udah beli kudanya mahal kursusnya juga gak gampang lagi
Ada yang belajar mati-matian masak, demi buatin bekel cowok tersayang, karena cowoknya minta ceweknya bisa masak untuk rumah tangga nanti, (dan belakangan gue baru tau usai smp mereka putus, untungnya adalah si cewek sekarang buka warung makan)

Ada yang mati-matian ngejar rangking 1 buat nembak cewek yang dia suka, karena cewek ini berada dikelas unggulan dan dia peringkat 1 satu sekolah. Well si cowok emang akhirnya gak bisa jadi peringkat 1 tapi baiknya dia selalu masuk 3 besar.

Ada yang jadi penjaga perpus cuman demi bisa ngeliat cewek kutu buku yang suka mojok bareng buku-buku.
Sedangkan gue jadi penjaga perpus kalo gantiin orang dan emang lebih seringnya begitu..

Ada yang riuh berantem karena ngerebutin idola sekolah, sedangkan idola sekolah sendiri udah tunangan. Entah mereka cowok tangguh atau apa yang pasti gue cuman bisa duduk sambil makan dan ngeliatin mereka berantem sampe akhirnya guru BP dateng dan ngegaplok mereka satu-satu

Ada yang jadiin ajang taruhan siapa yang bisa ngebuat guru keluar kelas sambil nangis a.k.a ngerjain guru, sebagai bukti bahwa dia adalah penguasa angkatan.

Jaman SMP penuh dengan tindakan-tindakan aneh juga

Mulai dari nonton video biru, yang layarnya biru semua. Dimana satu kelas nonton melalui satu hp yang agak kerenan kalo dulu
Mulai dari baca komik bokep ketika guru ngejelasin tentang tubuh manusia, pas sih tapi…..
Mulai dari ngebet ketika ulangan harian, padahal duduk didepan guru, entah waktu itu otak taro dimana…
Mulai dari nyembunyiin hape di atap (sampe sekarang gue bingung gimana mereka buka atap)
Mulai dari pamer gantengan pacar yang otaknya jongkok atau pamer betapa bandel cowoknya
Dan gue biasanya cuman ngeliatin doang, alhamdulilah gue termasuk dikenal –sama temen sebangku dan setengah kelas- gue gak terlalu menonjol kecuali badan gue yang agak gedean dikit alhasil tiap istirahat pergi kekantin.

Jaman smp itu adalah jaman minta makanan tapi makanan yang dipunya gak boleh diminta, wah betapa adilnyalah masa-masa itu..

Dulu penampilan gue juga cowok banget, rambut yang selalu kekuncir, baju dan celana yang gak pernah rapi, lebih banyak diem, dan agak gimana gitu kalo udah ngelawak.

Baju gue pun ngikutin tren baju cowok masa itu, bukan baju cewek yang rumbai-rumbai gak jelas atau tanktop dan segala-galanya, kaos lebih perfectlah dimata gue, apalagi kalo udah ditambah kemeja, serasa gue yang paling beken satu kampung.

Kemana-mana pake jeans dan sepatu yang ada hansaplast warna-warninya ditambah tali yang blink-blink, oke gue alay, ransel adalah teman kemanapun gak selempang apalagi cangklong gak jelas yang kadang bawa makanan dan minuman aja gak muat.

Itu juga masa-masa gue sok cool dan sok trendy juga cowok banget ._.
Jadi buat cowok yang ngeliat gue, gue itu katanya terlalu cool buat dijadiin cewek. Okeh fix..
Puncaknya adalah ketika ada drama dan gue jadi cowoknya, semua langsung mengakui betapa cowoknya gue dan gue pun mulai merasa nyaman ._.
Gue nyaman sebagai cowok meski itu cuman bertahan sampe SMK.

Nah dimasa SMK adalah masa dimana gue harus kenal eyeliner, lipstick, cara berdandan dan cewek lesbi. Iyee.. cewek lesbi, gue pernah nih dapet pengalaman bareng cewek lesbi, dia dibawah angkatan gue, kebetulan pas UAS duduk bareng dia.. beuuuhh abis gue digrepe-grepein sama nih orang -___- rumornya sih dia emang lesbi, ya gue gak percaya dong meski akhirnya gue jaga jarak. Eh pas ketemu duduk sebangku, lah anaknya imut bener begitu ternyata doyannya cewek -___- babar blast,  ujiannya mana susah bener tuh ade kelas nempel-nempel mele, mending tangannya diem, tangannya jalan-jalan. Coba bayangin gimana gue ngerjain ujian sambil diraba-raba -____-

Belum sampe ujian aje, ketika ujian berakhir dan ada acara bebersih kelas gue ketemu die ditangga, gue sih gak ngeh eh tiba-tiba dia meluk dari belakang terus mulai lagi berjelajah tangannya, untungnya sebentar karena banyak anak-anak disitu, gue nengok dia cuman nyengir aje sambil bilang

“nih kak kemarin lupa balikin pulpennya. Makasih ya..” dan gue cuman bisa teriak dalam hati

“maaaakkk aku tak perawan lagii maaakkk..” sampe sini gue udah kayak maen kucing-kucingan sama nih anak, hidup gue sebagai senior pun jadi gak tenang sampe akhirnya ada kabar gembira –kalo mastin kini ada ekstraknya- kalo dia udah pindah sekolah dan akhirnya gue bisa bebas berkeliaran dikantin. Terimakasih Tuhan.

Tapi masa-masa SMK tak kalah menariknya, selain segedung yang isinya cewek semua (tolong bayangkan bagaimana bertumpuknya dosa digedung ini). Disini juga gue belajar untuk menjadi cewek dan belajar mencintai akuntansi #halah..

Sampe sekarang gue kuliah di jurusan akuntansi dan malah merasa gue salah jurusan, rupanya gue udah melupakan bagaimana cita-cita awal gue..

Di masa SMK juga gue kenal yang namanya pacaran, sampe akhirnya di masa kuliah gue kenalan sama JONES (JOmblo NgENes). Tapi kayaknya emang Tuhan mau gue ngeluangin waktu buat keluarga dan kuliah gue –alesan-  dulu semasa SMK gue selalu pacaran gak putus-putus tuh pacaran, salah ding putus iya orang yang sama enggak..

Well di masa SMK gue belajar untuk cinta gaya LDR, cinta gaya berondong, cinta gaya pengangguran, cinta gaya Buaya Darat, sampe cinta yang romantisnya sampe bikin gue tepok jidat. Gue banyak belajar dari mereka, bagaimana akhirnya kita harus mempercayai hati dan bagaimana hati yang kita percayai akan menuntun kita kepada kebaikan diri.

Gue putusnya pun keseringan klise, karena agama juga karna sifat yang udah gak bisa ditolerir.. yaaa jaman-jaman ababil lagi ngetrend banget sih..

Di masa SMK juga gue kenalan sama cabut dari kelas, kenalan sama yang namanya jalan-jalan, kenalan sama kwarto alat musik marching band, kenalan sama musik, kenalan sama kewajiban untuk dandan, dan kenalan sama cewek-cewek mandiri dan tangguh.

Di masa SMK gue belajar bahwa menjadi diri sendiri sama baiknya dengan orang yang bahagia, gue belajar bahwa tertawa lebih menyegarkan daripada bersedih hati, dan belajar bahwa menjadi kuat adalah sebuah tuntutan dan bukan hanya kebutuhan.

Di masa SMK gue belajar bahwa seburuk apapun orang itu dia punya alasan, sebesar apapun kesalahan itu kita harus mampu memaafkan, semarah apapun hari ini ingatlah untuk memaafkan diesok hari.

Buruknya di masa SMK gue juga belajar untuk tidak curhat, gue belajar bahwa memendam semuanya sendiri sama baiknya dengan membuat diri sendiri tertawa, gue belajar bahwa tidak ada yang perlu tau apapun tentang diri gue dan segalanya akan berjalan seperti biasanya. Gue gak perlu klarifikasi apapun, gue gak perlu konfirmasi apapun dan mereka gak perlu tau apa yang sebenernya ada diotak gue, gak perlu tau apapun yang ada dihati gue dan gue bakal baik-baik saja. Itulah keteguhan hati gue, yang berujung kepada sakit lambung akut dan kepala pusing karena dompet gak pernah tebel.

Yaa itulah masa-masa SMK gue yang terkenang banget, yang tiap kali lambung gue kumat gue bakal inget ini adalah tanda pengingat SMK dulu, ketika gue menahan segalanya

Nah sekarang ketika gue dibangku kuliah, ketemu temen-temen yang lebih seru, gokil dan terbuka.. yap mereka terbuka, entah sekali dua kali ngobrol mereka langsung bisa membicarakan masalah yang sebelumnya gue anggap sudah terlalu jauh untuk diobrolkan.

Gue ketemu sama orang-orang yang selalu buat gue takjub dan berkata dalam hati

“oh dunia tuh kayak gini ya..”

Gue belajar bahwa karakter mereka yang berbeda membuat kesenangan tersendiri
Apalagi ketika gue kenal dengan kerjaan sampingan membantu kampus dengan menjadi asisten lab, gue kenal orang-orang tangguh dan mandiri, gue mulai belajar untuk mengenal dari hati, gue mulai belajar untuk mengatakan isi hati, dan gue belajar untuk mulai mempercayai.

Ya bentuk dari tidak terbukanya gue adalah gue kurang percaya pada orang-orang disekitar gue dan itu memang tembok ketangguhan gue tapi malah menjadikan kerapuhan yang dalam didalam diri gue.

Di bangku kuliah yang sebentar lagi gue tinggalin gue belajar untuk mengenal teman-teman yang selalu setia untuk menemani hari, teman yang siap membagikan keceriaan dan teman yang siap berbagi suka dan duka. Mereka tidak selalu ada tapi mereka ada saat dibutuhkan. Mereka bukan hanya 1 atau 2 tapi mereka satu angkatan dalam lab. Ah kalo inget jadi ketawa. Gimana rahasiamu adalah rahasia milik satu angkatan, ketika loe kasih tau satu orang maka satu angkatan bakal tau. Konyol.. tapi gue rasa gue bakal kangen hal-hal itu
Di masa kuliah gue juga kenal sama yang namanya keterbukaan, dari yang sebelumnya gue menyembunyikan rasa sakit sendiri sekarang gue berbagi dan seperti ada tembok yang hancur, mengeluarkan sifat yang baru gue sadari sekarang. Tentang betapa sensitifnya gue sekarang (contohnya ketika nonton film setan, gue nangis. Lu bayangin dong bro gue nonton film setan yang laen teriak gue nangis..) tentang betapa rapuhnya gue #halah

Yang pasti gue bersyukur gue mengalami begitu banyak transformasi, gue mengalami begitu banyak petualangan, gue mengalami begitu banyak kenangan-kenangan yang sampe kapan pun bakal terkenang.
Dan yang pasti gue bersyukur kenal kalian yang udah dengan ikhlas lahir batin mau kenal sama gue dan berteman sama gue. Lebih bersyukurnya lagi karena gue mau ngebahas lengkap temen-temen satu angkatan lab gue wkwk.. ^^ karena yaa menurut gue mereka adalah mahkluk yang bakal ngebuat blog gue yang hina jadi terangkat sedikit derajatnya. Eh ngapain juga gue bilang sama kalian yaa. Ini kan blog gue, suka-suka gue kan yaaa mau diapain :P
(sstt gue tambah bersyukur kalo yang baca mau komen, seenggaknya 500 kata cukuplah atau mau follow blog ini bolehlah –yaa namanya juga anak lebai dan labil-)

15 comments:

  1. saya mampir si masa dahulu ini, pengen ngucapin selamat lebaran, mohon maaf lahir batin ya kak.
    salam kenal dan salam sehat dan ceria selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah parah nih tamunya, tulisannya gak dikomen :v
      tapi karena ini adalah bulan bermaaf-maafan, ane juga mau ngucapin selamat lebaran :D

      Delete
  2. Kak, gue dulu juga calo buat temen2 gue yang mau pacaran loh, dan alhasil guenya yang awet jomblo. #Jones
    mending lo kak, cuman 3 tahun sekelas cwek doang, gue aja udah 6 tahun. #OMG.
    Anyway, Mohon maaf Lahir dan batin ya kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha.. entah gue harus berkata apa, gue cuman bisa bilang... besok pasang iklan jodoh yaa.. wkwkwk
      yoo mohon maaf lahir batin yo sist :D

      Delete
  3. Masa lalu tempat kita belajar.
    Eh udah tu kak aku follow :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan ingatlah kita sekarang adalah berkat kita dimasa lalu.. :D
      gile men, bahagia always on dah XD

      Delete
  4. wkwkw, gilee panjang bangett. eh gua udah follow blog lo, follow balik yaaa. i lap yu!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk.. 5 lembaran lah kalo dipindahin ke word, XD
      haha i lap yu bang! gue follow balik blog lu..

      Delete
  5. banyak pengalaman emang terasa bener manfaatnya. bagus maupun jelek, baik ataupun buruk, pengalaman adalah tutorial buat masa depan :))

    udah gue follow nih blognya, kalo mau follow back, boleh banget! xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoii makanya hidup kudu disenengin sama pengalaman :D dan pengalaman kudu diinget buat pelajaran kedepannya..

      mantab gan! gue polbek balik :v

      Delete
  6. Coba komen lagi nih ya. Malam tadi gabisa komen soalnya. Eh, blognya udah di poloh tuh. Btw, ini Om2 burung Pipit di twitter. mueheheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha ajib dah lu om, sip mantab.. biar apdol gue polbek demi lu om.. haha

      Delete
    2. Makasiiiih mbak cantik udah polbek adek. Sini adek cium dulu biar apdol.:* hahaaaaa

      Delete
    3. Eh, sekali2 blogwalking lah ke blog adek. :D

      Delete
    4. haha.. iyo iyo.. kalo sempet buka di layar yang gedean yak XD

      Delete