Cerita Rujak Bebeg

Sumber


Cerita ini berawal dari santai sore di teras rumah gue yang enggak seberapa sambil mandangin ikan-ikan lucu terus ngebayangin enaknya ditepungin, dicabein atau digoreng gitu aja (lalu siap dilempar bata sama kakak gue selaku yang empunya peliharaan).

Sambil ngebayangin ngegoreng ikan seakan dilempar ke masa lalu gue juga jadi inget gimana gue dulu doyan banget maen sepak bola depan rumah atau jajan bajigur dan ah.. satu hal teringat di otak gue yang lebih kecil daripada kepalan tangan gue, terselip sempurna seperti celana dalam di bagian batang otak gue (apakah kalian sudah merasakan kejanggalan hubungan antara ngegoreng ikan sama cerita masa lalu gue? oke abaikan saja gengs).

Cerita misteri dari tukang rujak bebeg, tahu kan kalian rujak bebeg?
Itu loh rujak yang di bejek-bejek, biasanya anak sini ngomongnya babang rujak bebeg paporit, ingat gengs pake ‘P’ ya bukan ‘F’ dan ‘V’.
Nah abang rujak bebeg ini sangat suka bercerita, syaratnya gampang. Ente beli ane ceritain.
Kita para anak-anak muda dengan semangat menggelora yang sangat haus akan kasih sayang cerita anak-anak dengan antusias mengantri membeli untuk mendengarkan cerita yang sangat gue inget sampe sekarang karena itu cerita kebawa sampe mimpi gue. Kalau gue pikir sekarang ini cerita itu sangat tidak mendidik dan rasional hingga gue merasa waktu kecil gue dihabiskan dengan sangat tidak berfaedah.
Kalau anak-anak yang beli sudah dirasa cukup itu babang rujak paporit akan mulai bercerita dengan berdeham dahulu.
Gue yang biasanya barisan paling depan, karena badan gue cukup gede kala itu dan bisa dibilang ‘laki’ bener makanya selalu dapet tempat strategis bisa jadi yang terdepan.
“Jadi begini ceritanya.. Heh tong kalau mau dengerin beli dulu”
Sepetik cerita dipenggal epik dengan warning yang sangat semangat, anak yang mau dengerin itu pun akhirnya beli.
Nah akhirnya tuh babang ngebebeg sambil cerita. Sebenernya kalian pada bisa bayangin enggak sih, dia cerita dengan efek hujan sambil ngebebeg rujak?
Gue sih sekarang mual ngebayanginnya. Ternyata camilan gue sarat dengan ludah dari tuh babang.

Nah singkat potongan tuh babang bebeg, begini cerita lengkapnya.

“Jadi begini ceritanya, ini cerita dari Kalimantan punya. Kisah nyata, enggak bohong dan teruji. Dahulu kala ya, ada seorang wanita berparas cantik. Saking cantiknya banyak pemuda yang mau melamar. Tapi namanya nih wanita sok jual mahal akhirnya dia nolakin pemuda yang melamar ini wanita. Kalian tahu kan, cowok kalau ditolak itu nyeremin, akhirnya ini wanita hidupnya enggak tenang dan meninggal di tangan pemuda-pemuda yang udah ditolak lamarannya sama dia. Dia meninggal terus jadi hantu gentayangan, nah gentayangannya juga tuh ya cuman dari kepala sampe organ tubuhnya melayang-layang”

“lah kok bisa cuman organ tubuhnya doang bang?” diselak sama temen setongkrongan

“ya bisa..” timpal abangnya

“Ngomong-ngomong organ tubuh apaan?” disahutin sama gue, wajar anak kelas 3 SD elu ngomongin organ tubuh gue tahunya juga organ tunggal terus disawer, sawerannya taro dibelahan dada.

Abangnya diem.
Ditungguin abangnya masih diem.
Terus ditungguin abangnya diem.
Sampe akhirnya dia naro alat bebegnya di pikulannya. Waktu zaman itu abang-abang masih banyak yang pake pikulan, jarang gerobak karena masih mahal banget.

“Nah cerita ntu nih hari sampe sini aje dulu. Besok kalian beli lagi sama abang entar abang ceritain lengkapnya”

Kita pun terdiam,
Terdiam sampe abangnya ninggalin
Lalu kompak berkata
“yaaahhh..”

Besoknya kita nunggunya excited kayak nungguin Lady Gaga pake BH berapi dong, mantengin tempat tongkrongan dia biasa jualan, dengan sangat sabar tingkat dewa sampe akhirnya maghrib menghampiri dan satu satu mulai berguguran diseret emak pulang buat mandi dan belajar.

Babang rujak bebeg paporit tiada kabar seperti hilang ditelan bumi, apakah dia digondol hantu gentayangan yang cuman organ tubuh itu doang?
Bahkan sampe sekarang pun kita tidak bisa menemukan jawaban sesungguhnya dari abang itu kenapa si wanita itu jadi hantu gentayangan tapi cuman kepala sampe organ tubuhnya doang.

Ini sungguh sebuah misteri yang tidak terpecahkan.
Sungguh sungguh sebuah ironi kehidupan.

78 comments:

  1. Ya Allah, siang2 gini liat foto dan baca tulisan tentang rujak bebeg, ngilernyaa

    ReplyDelete
  2. Duh si abang rujak, napa cerita hantu yg bikin ngeri siii. Tp kan penasaran sama lanjutannya ya haah

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget, tapi akhirnya aku cari tahu sendiri hehe

      Delete
  3. ngebayangin hujan lokalnya jadi gimana gitu wkwkwkw
    tapi emang pernah baca hantu yang seperti diceritain si abang ada di Kalimantan. Bener nggak nya aku juga ga tau...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia, urban legend di Indonesia itu menarik banget emang

      Delete
  4. Aih foto rujaknya bikin pengeeen tapi langsung ga nafsu pas baca lanjutannya..wkwkw..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba sambil makan rujaknya, pasti jadinya nafsu wkwk

      Delete
  5. Duh, pasti rujaknya asin banget yak, HAHAHA.
    Kena gerimis si abang tukang rujak bebeg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kayak ada asin-asinnya gitu, kadang sedikit asem #lah

      Delete
  6. Tapi, memang jadi misteri di manapun kayaknya. Tukang jualan kalau ditungguin biasanya gak bakal muncul hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya, kenapa ya kalau lagi BM banget, abang2 enggak pernah muncul

      Delete
  7. babangnya tau ditungguin jadi kagak nongol-nongol yaa mba. Misterinya sama dengan misteri si wanita hantu tadi hehehe

    ReplyDelete
  8. Semoga babang rujak bebeg tetap sehat dan selamat ya meski nggak muncul2.

    ReplyDelete
  9. Nggak usah dipikirin sih makanan si babang dah kecampur ludah apa nggak. Lah... kayaknya semua penjual emang gitu deh. Kalo dipikirin nanti kita takut jajan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha cuman lucu aja sekarang ini malah kepikiran

      Delete
  10. ceritanya nyeremin banget tapi rujaknya sepertinya enak banget ya kak

    ReplyDelete
  11. Rujakny di bebeg jadi 1 sama bumbu itu ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul betul, dibumbuin baru dibebeq jadilah rujak bebeq

      Delete
  12. Hahaha ternyata ada cerita seremnya nih si babang rujak bebeg, duh rujak bebeg tuh kesukaan banget sih dari zaman aku kecil sampe sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi sekarang ini susah banget nyari babang rujak bebeg :(

      Delete
  13. ternyata bukan cuma gebetan yg suka PHP yaa, abang rujak pun bisa PHP-in pelanggan huahahaha

    ReplyDelete
  14. Aih baca ini jadi pengen rujak. Hahaha. Ampun deh itu abang rujak kenapa bikin penasaran yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga abangnya enggak kena azab karena ngegantung ceritanya

      Delete
  15. Wah udah lama banget aku gak minum bajigur, jarang yang jual skr, kalau dulu masih kecil banyak yang lewat penjualnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang aja udah jarang banget nih minum bajigur

      Delete
  16. Jadi kepengen Rujak deh setelah baca postingan ini. Tapi aku nggak suma sama rujak yang pedas. Aku sukanya sama yang sedang-sedang saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau terlalu pedas enggak bisa dinikmatin memang

      Delete
  17. Awal-awal udah pengen rujak aja pas liat gambar, eh pas baca napa jadi serem ya hahaha... Gak jadi lah :D

    ReplyDelete
  18. Hhhaa lwak juga..
    Btw, aku blm pernah nyicip rujak ini yaakk...

    ReplyDelete
  19. Wkwkwk baca jam segini sendiri pulak bikin gue parnoan, itu katanya hantu yang suka gangguin perempuan yang lagi hamil mba kata tante sih teringat ceritanya kemarin waktu ke Kendari pernah melihat hal yang serupa

    ReplyDelete
  20. wkwkwkwk... lucu banget, belahan dada? wow.. jadi mikir ke mana mana ya mbak akunya nih wkkwkw

    ReplyDelete
  21. Untung bacanya pagi jadi ga berasa ngeri hueheheheehe. Aku juga suka rujak bebeg

    ReplyDelete
  22. Sekarang rujak bebeg udah jarang ditemui sih di lingkungan ku kalau waktu kecil masih banyak yang keliling.

    ReplyDelete
  23. Saya tuh kalau bilang "bebeg" seperti bilang "bebek" tapi ternyata salah ya haha
    Makanya sekarang dibiasain.
    Enaknya ya katanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, tulisannya hampir sama soalnya ya, beda di penekanan aja

      Delete
  24. Di daerahku, hantu wanita seperti itu disebut Poppo. Untung saya baca tulisan ini udah pagi, gak kebayang kalo bacanya semalam, kayaknya saya bakal ketakutan deh, hehehe

    ReplyDelete
  25. Wah iya, jangan2 abang rujak bebeg digondol hantu organ eh maksudnya yg organ tubuhnya keliatan, eh gimana sih wkwkwk

    ReplyDelete
  26. hhehe...jadi yg misteri itu babang rujak bebegnya atau hantu kepala yg ada organ tubuhnya? kalau di Sumatra Barat itu namanya Palasiet kuduang.dan dia ngincernya anak2 balita, dg dihisap darah secara magic atau jauh tanpa diketahui orang.

    biasanya anak yg dihisap ini tanda2nya badannya panas terus ga tinggi bgt, alias sumang. dan ubun2 kepalanya terus cekung kedalam.

    nah, kalau kaya gini berobatnya sama org yg bisa alias orang pinter. waullahu alam sih, tapi kebanyakan orang minang percaya itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hoo ternyata ya tiap daerah ada cerita ini?
      seru nih

      Delete
  27. Aku ikut penasaran, kemana ilangnya si babang rujak bebeg. Sangat misterius sekali nih! Coba dilacak Mba, kali babangnya beneran digondol hantu wanita ntu wekekeke

    ReplyDelete
  28. Hahahaha abangnya ngeselin! Cerita ngalor ngidul, habis itu nggak tanggung jawab dengan ceritanya. tapi marketingnya abang penjual rujag bebeg bagus juga ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah bener, pinter banget buat orang nyariin haha

      Delete
  29. Ya ampuuun, babang rujak bebeg bikin penasaran kalo gitu. Itu trik marketing ala babang rujak kali biar selalu menanti kedatangannya, hahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha tapi sedih sampe sekarang enggak ada lagi yang suka lewat

      Delete
  30. Aku kurang suka rujak bebeg deh. Sukanya rujak yang dipotong biasa aja buahnya, gak ditumbuk2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. selera boleh beda, tapi rujak memang paling enak

      Delete
  31. Cerita berubah jadi misteri cerita abang rujak bebeg hehe.

    ReplyDelete
  32. ampun dije agak geli kemproh gimana yak, padahal aku juga suka rujak bebek tapi pas baca 'hujan' abang rujak bebeg jadi agak gimana, wkwk

    ReplyDelete
  33. Untung ya aku baca ini pagi-pagi bukan malam soalnya aku penakut. Untungnya juga aku nggak suka jajan rujak hehehe

    ReplyDelete
  34. Kak, Sekadar saran, itu huruf-hurufnya warnanya enggak terlalu keliatan hehehe. tipis banget soalnya. hehehehe. Btw gue suka deh sama cara lo cerita, lucuk! hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah siyap, akan coba utak atik tulisannya biar agak tebelan

      Delete
  35. itu abangnya tiba-tiba pergi gitu aja? tanpa pesan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, laki2 emang suka gitu ya.. meninggalkan tanpa pesan #huftlah

      Delete
  36. wkwkwk kirain mo cerita kulinerannya nih, ga taunya si abang yg misterius, jd memorable nih si abang :D

    ReplyDelete
  37. Si Abang takut kali niih, makanya gak berani jawab pertanyaan2. Malah jadi diam membisu gitu Abangnya.
    Jangan2 malah udah dibuntutu? Xoxoxox

    ReplyDelete
  38. Jujur gakak saya mba, saya yang gagal fokus atau ceritanya yang melenceng wkwkwk si abang

    ReplyDelete
  39. jangan2 babang rujaknya ini pelaku yg bikin setan gentayangan, kok g mau nerusin dan g muncul lg :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia,
      siapa tahu, aku juga jadi bertanya-tanya

      Delete