Dari Bubur Ase Bang Lopi sampai Pasar Kenari



Sore Kawan!
Panasnya Bekasi-Jakarta rasanya tidak menyurutkan semangat untuk berpetualang hari ini.
“Gimana kalau kita melipir ke Bubur Ase dulu?”
sebaris text muncul di layar, Eka begitu panggilan sayang gue ke dia, enggak ding emang itu nama dia.
“manut”
dijawab singkat penuh makna.

Mana mungkin gue menolak ajakan makan lebih-lebih temanya adalah dunia per-bubur-an. Soklah gaspol..

Diawali Stasiun Kranji dengan perut melapar gue dengan setia menunggu kereta yang akan membawa gue transit di Stasiun Manggarai sambung Stasiun Tanah Abang. Sebenernya kalau aja gue lebih teliti ngeliat alamat si Bubur Ase Babang Lopi ini gue bakal ngeh untuk turun aja di Stasiun Gondangdia lanjut ojek online.


Letak persisnya di Jl Kebon Kacang IX nih gaes, jadi semisal kalian datang dari arah Menteng nyebrang perempatan Sarinah ambil arah Tanah Abang belok di deretan Jl. Kebon Kacang yang udah tersohor akan kemacetan dan parkir asal nya.
Letaknya tepat diseberang jalan dan hampir semua penduduk local tahu mengenai Bubur Ase ini.



Terus apa istimewanya sih dibanding Bubur lain?
Terletak pada perpaduan kuah semur dan rasa asin. Jadi dalam bubur termashyur ini terkandung taoge, tahu semur beserta kuahnya, kacang tanah (jujur gue lebih demen kacang kedelai sebagai taburan dibanding kacang tanah), daun bawang, bawang goreng, sawi asin, emping dan kerupuk merah tanpa irisan ayam. Iya, mohon maap ini gue gak nemuin irisan ayam pantes namanya Bubur Ase bukan Bubur Ayam.

Rasanya?
Ada manis semur, asin sawi ditambah pedas sambal merah. Semua bercampur menciptakan rasa unik yang agak sulit gue gambarkan. Rasa yang ngebikin meledak lidah kalian yang nyobain.

Satu porsi Rp 15.000 ditemani teh tawar hangat sudah cukup maknyus. Ngomong-ngomong disini enggak disediain sate yaaa, jadi mari kita nikmati sembari nyeruput teh perlahan.

Setengah jam kami habiskan disini, berbincang sebentar lalu beranjak melanjutkan perjalanan hari ini.

Dari halte Sarinah kami menuju halte transit Harmoni untuk mengambil arah Halte Salemba UI. Yep, tujuan kita selanjutnya memang berdekatan dengan Universitas Indonesia FKG.



Dan disinilah gue dan Eka terdampar.
Wisata Buku Pasar Kenari, inget kan sama Kwitang dan Pasar Buku Terminal Senen yang ngampar-ngampar tak beraturan. Ah pasar buku senen itu mengingatkan gue sama buku puisi Babang Choirul Anwar yang membuat gue terpesona dengan diksi demi diksinya. Zaman gue masih duduk dengan rok abu-abu melekat sempurna dan akhirnya membeli buku itu dan buku Jogja dari sudut pandang penghuni Sarkem.
Bacaan SMA gue emang keliatan tsadest bener dah.

Nah kebanyakan mereka di relokasi ke lantai 3 Pasar Kenari ini, makanya pemerintah memberikan hashtag “Wisata Buku” agar lebih menarik pelanggan.
Di lantai satu dan lantai dua kita akan menemukan banyak abang-abang jualan kabel, spare part dan segala jenis yang enggak gue kenal.
dan tiba di lantai tiga, nih kayak diskriminasi terselubung dah. Cuman lantai ini doang yang pake AC busetdah..
lebih rapi, lebih atraktif interaktif dan akif lainnya.
Pemerintah seperti menyediakan oase bagi penggiat kutu buku di tengah kota begini.

Begitu kami memasuki lantai 3 ini, kami disambut hawa dingin AC. Awalnya gue pikir kami datang kepagian (waktu sudah menunjukkan pukul 11.30) karena banyak tenant yang belum buka, namun siapa sangka tenant disini belum sepadat space yang disediakan.
Terdapat beberapa ruang terbuka untuk membuka satu dua diskusi oleh komunitas atau buat kalian yang nongkrong dan cari suasana baru, 2 lokasi untuk memberikan seminar atau workshop, co-working buat kalian yang butuh ruang diskusi tertutup.
Gue pun udah menemukan toko buku langganan, karena doi menyediakan buku novel yang bikin fokus gue ambyar, pemilihan tema buku yang doi sediakan keren dan cukup update. Kalian pun bisa request buku untuk kemudian diambil, lalu ada tenant penyedia makanan, supermarket milik Pasar Kenari dan The Bencaloon, kedai kopi. Entah kenapa kopi dan buku rasanya perpaduan pas.



Nah sedikit banyak begini penggambaran ruang demi ruang :








Next karena gue pergi dengan hari peringatan Museum Nasional, maka gue pun mengajak Eka ke museum MH Thamrin yang terletak beberapa meter di belakang Pasar Kenari.
Khusus untuk Museum gue akan pisahkan dari artikel ini, so nantikan kelanjutannya gaes.

25 comments:

  1. Masya Allah...keren....ada wisata buku. Tempatnya juga luas dan nyaman ya. Koleksi bukunya gimana?

    ReplyDelete
  2. Bekasi makin-makin nih mba panasnya hahah *wargabekasiterpanggil . wih kanya harus dicoba nih Buburnya kayanya enaaaaaak. Owalah jadi nya yang dipasar senen pindahnya kesini tooooh.. baru tauuu akuuu

    ReplyDelete
  3. Bagian akhir kok jadi gagal fokus sama tangganya. Hehehe unik nih bisa jadi inspirasi buat dekorasi tangga di rumah.

    ReplyDelete
  4. Saya pernah nih ke Jakbook. Tetapi, gak puas karena datang ke sana udah hampir jam 4 sore. Jadinya pegen buru-buru pulang soalnya toko-toko di bawahnya pada tutup jam 5.

    ReplyDelete
  5. Keren banget deh pasar kenari skrg apalagi pedagang buku di kwitang pada sudah pindah ke sana jadi terwadahkan mereka, trus jadi surga para penikmat buku nih gak perlu panas2an lagi di luar :)

    ReplyDelete
  6. Baru tahu ada bubur ase. Trus penasaran rasanya bakal kayak apa. Hehehe.

    Btw the bencoleen bagus yaaa.. Jadi pengen nyicip kopi nusantaranya. Pasti ada banyak tuh yg enak

    ReplyDelete
  7. Wah aku penasaran nih dg rasa bubur Ase ini..terutama karena aku penyuka semur tahu..hehe..

    ReplyDelete
  8. Penasaran banget dengan pasar buku Kenari ini, belum sempet aja mau ke sana. Makin semangat krn pengen mampir ke bubur Ase sekalian.

    ReplyDelete
  9. waah mbak nya dari kulineran sampe ke pasar buku.. lengkap ya jalan2nyaaa.. :D

    ReplyDelete
  10. Buburnya tampak lezat. Aku tim nggak diaduk. Penasaran banget dg pasar kenari ini. Aku harus mampir sini kalau pas ke Jakarta. Senang banget kalau lihat pasar buku rapi gini karena jadi alternatif ngabisin waktu di Jakarta karena aku nggak suka nongkrong2 di mall Jakarta. Nggak cocok, ngarasa lusuh & udik wkwkwkwk

    ReplyDelete
  11. Kayaknya aku ga bakal cocok makan bubur ase deh mba. Ga begitu suka sama asin sawi, apalagi minumnya teh tawar, duh lidahku jawa banget yang kudu makan minum manis, hhee

    ReplyDelete
  12. Sebagai mantan peningmat buku di Pasar Senen dan Kwitang dulunya, senang banget baca wisata buku pasar Kenari ini, secara sy belum main ke sini. Mudah-mudahan nanti juga bisa berkunjung.
    Btw bubur ase-nya juga bikin penasaran.

    ReplyDelete
  13. Ya ampun aku orang pinggiran Jakarta malah baru tau ada tempat ini huhu padahal asyik ya tempatnya Pasar kenari.

    ReplyDelete
  14. Dulu aku tauya pasar kenari tempat beli perlengkapan bangunan lho.. pernah diajak orangtuanya beli gagang pintu apa ya dini hehe.. tapi sekarang sudah lebih bagus dan enak dilihat ya.. ada tempat yang asik untuk baca and mengerjakan tugas dini.. duh jadi pengen mampir kesini juga.. udah lama banget ngga ke daerah pasar kenari

    ReplyDelete
  15. Pasar Kenari sepertinya bakalan jadi tempat yang paling disukai oleh penggemar buku. Tempatnya juga keliatan asyik ya...
    Kalau soal bubur, saya juga lebih suka pakai kacang kedelai dari pada kacang tanah, Mbak.

    ReplyDelete
  16. Aku kok jadi pingin nyicipin buburnya ya hihihi. Nah itu sama kaya Elly Nurul aku taunya dari dulu Pasar Kenari di tempat jual alat-alat gitu dulu sering diajak bapakku ke sana

    ReplyDelete
  17. Duh saya ini penyuka bubur tapi berasa sdh puluhan purnama ga makan bibir... Mau lah jdnya nih hehe

    ReplyDelete
  18. Wah aku juga pengen nyicipin buburnya dengan harga Rp15.000 terjangkau banget dan senang banget ke Pasar Kenari bisa beli lihat wisata buku gini.

    ReplyDelete
  19. wah bubur ase ini sih aku sering denger kak. katanya enak. ahh penasaran jadi pengen ke sana. sekalian cobain buburnya hehe

    ReplyDelete
  20. Baru tahu ada bubur ginian hehehe sayang adanya di Jakarta hiks.... Tapi kalau ngomongin kopi pas juga nih dengan buku....duh tempat yang nyaman buat ngumpul bareng ya sambil nyari inspirasi.

    ReplyDelete
  21. Aku jadi pengen ngintilin kamu mba, hahahah seru perjalanan dari bubur sampai mana-mana
    ngiler sama ruangan bukunya itu. Seruu bisa betah nih aku di sana.

    ReplyDelete
  22. Jadi penasaran nih dengan bubur Asenya. Ada rasa asin, manis dan pedesnya, kira-kira gimana ya rasany makan bubur itu, hehe jadi pengen icip

    ReplyDelete
  23. belum kebayang nih rasanya kayak apa. jadi penasaran pengen coba. ^^

    ReplyDelete
  24. Pasaaar kenari! Ini jalan - jalan yang seru banget dan asli original yaaa mba.. aku pengen napak tilas juga

    ReplyDelete