Solo Travelling : Banyuwangi Bagus (Part 2)


Sebelum lanjut, jangan lupa baca part 1 nya dulu gaes Banyuwangi Bagus Part 1

Jumat, 13 September 2019

23.30 wib

Pintu sebelah yang diketok sama Mas Rahmat gue yang bangun. Jadi Mas Rahmat bilang ada yang mau barengan kita lagi 2 orang baru tiba sore tadi.
Luar biasa juga mereka baru dateng udah mau nanjak.

Menembus malam gelap dengan suhu Banyuwangi yang luar biasa. Gue dengan gegayaan ngendarain sendiri. Haha superb emang, padahal mereka udah nawarin diri gitu tapi ya gue pengen ngerasain gimana sih rang orang itu pada touring ke puncak dengan suhu begitu dan masih kuat. Iya gue kuat banget, kuat menggigilnya haha.. Makin ke puncak gigi gue gemeletuk gak karuan, sambil goyang-goyang dan coba fokusin mata mari kita bersemangat gaes menuju puncak impian di hati.

Akhirnya gerbang Taman Kawah Ijen terlihat, disini ada retribusi gerbang nih sebesar 5.000 IDR per orang dilanjut beberapa menit akhirnya pos Paltuding keliatan. Ah iya ada parkir juga, kalau kalian bayar parkir pas di parkiran jangan dibuang karcisnya ya, nanti pas di Pos Paltuding kalian akan diminta bayar parkir nah bisa deh tunjukkin tuh karcis parkir jadi dapet potongan harga, gue rasa kalau masukkin kode promo bisa jadi free haha canda..

Sabtu, 14 September 2019

01.15 wib

Ketika kami sampai jalur pendakian telah dibuka, oke dengan tekad niat yang kuat gue akan nanjak yang ternyata berpasir, omo.. ini mengingatkan perjuangan gue ketika ngedaki gunung batu.

Awalnya nanjak bareng mbak-mbak sama segerombolan yang dari Rumah Singgah, lama-lama kok pada ilang. Eh senternya juga kebawa, mata sukanya gak fokus haha emang gue tuh kalau bodoh suka sekalian. Sumpah sih seperti kebiasaan gue nanjak dan gak keliatan siapa-siapa mereka semua ilang coy. Haha..

Sampai ada yang bilang
“Sendiri aja..”

“Iya, temen-temen saya (kayaknya) naik duluan” dalam hati, gatau sebenernya mereka dibelakang apa didepan, mata gue udah burem. Haha..
Eh terus ditemenin dia dong, lama tuker cerita dia setia banget nungguin gue yang satu tanjakan berhenti nyemangatin diri nanjak lagi berhenti, nanjak lagi berhenti sampe capek kalik. Haha awalnya gue gak enak juga sama nih manusia, sampe gue minta pegangan tangan dia, dia masih oke aja. Jadi tuh ya makin tinggi makin nanjak dan gue makin pegangan sama dia sampe akhirnya pas ada perhentian. Ketemu sama gerombolan rumah singgah terus mereka bilang,
“oh mbaknya udah sama iyus ya..” lah manusia yang gue pegangin daritadi ternyata satu penginapan ya, ngakak? pengen gegulingan gue.
Jadi emas-emas super seiya baiknya ini hingga gue bisa nanjak sampai puncak namanya Iyus atau YUSA. Pastinya gue tulis biar terus inget haha, bisa dibilang berkat dia ya gue bisa nanjak, sabarnya kebangetan juga. Bisa dibilang sampe Puncak Ijen adalah sebuah rasa syukur tak terkira, gimana gue yang ngetrip solo lalu bertemu kawan-kawan yang merelakan tekadnya berbagi sama gue buat naik ke puncak.

Kelar sampai dipuncak kita harus turun ke Kawah untuk ngeliat Blue Fire. Oke turunan. Oke gue bisa. Oke gue kuat. Oke gue kepisah lagi, haha.. kali ini beneran kepisah. Kalau tanjakan hanya dibutuhkan niat maka turunan menjadi masalah lain buat gue. Butuh banyak keberanian dan fokus lebih dengan cahaya super minim.
Gue turun dengan sangat perlahan, sangat hati-hati sampe sempet-sempetnya nyemangatin ibu-ibu yang udah ditengah jalan dan memilih naik aja, padahal gue aja turunnya masih angot-angotan, haha..

Sampai ditengah jalan dan gue tahu kalau blue fire itu ada disana, meletup segaris dengan indah.
Gue sebentar berdiri minggir sementara orang-orang masih berduyun-duyun untuk turun. Memandang ke atas langit, langit lagi bersih, bintang menghamburkan cahaya seperti menyemangati gue, nafas gue udah mulai tersengal, bau belerang sesekali mampir. Mual dan pusing akhirnya gue memilih untuk naik daripada melanjutkan ke bawah.
Sesekali gue menatap ke bawah, meyakinkan diri untuk melanjutkan sebenarnya namun hati menolak, berkata lain.
Memilih untuk menyesal gue pun kembali naik dengan mengikuti orang-orang yang hendak naik. 3 kali berganti orang, yang pertama adalah guide seorang diri. Gue bilang numpang naik dan dia oke. Sampe akhirnya dipertengahan jalan gue bilang duluan aja saya duduk dulu. Yang kedua bersama bule, sumpah sih tuh bule baik banget tapi seperti biasa gue menepi lagi dan mempersilahkan bule itu untuk duluan. Kali ini gue menepi di abang pemikul belerang yang sedang berjualan.
Cukup lama kami ngobrol, mulai dari satu dan banyak hal. Dari kuliah sampai jodoh, dia mendoakan gue dapet jodoh. Ya owoh beruntung banget gue dapet doa dari dia, otomatis gue langsung ngaminin haha.. Jadi ini tuh kayak sesi curhat di tengah kawah Ijen gitu haha, satu lagi sesi curhat yang enggak bakal gue lupakan. Yaa meski akhirnya gue gak dapet tuh blue fire di bawah sana, tapi gue dapet hikmah banyak bareng si bapak penjual sabun belerang.

Nah dia juga nunjukin kalau api di bawah sana tuh adalah hasil pembakaran belerang, jadi untuk ngobatin rasa penasaran gue dia bakar tuh salah satu belerang yang dia bawa dan keluar api birunya gitu. Gue amaze banget terus beli dong tuh sabun belerang buat dibakar dirumah haha.. (jadi gengs dia ini kayak lagi promosiin ke gue gitu buat beli, terus gue kena bujuk rayu beli gitu hahaha) tapi gue ikhlas belinya soalnya dia dengerin curhatan gue.

Sampe akhirnya ada guide sendirian yang lewat dan gue numpang senter sama dia.
“mbak temennya Iyus ya?” terus gue berasa temen gue dimana-mana gitu

“iya, kok tahu?”

“tadi ketemu di bawah, terus kita jalan bareng. Dia kehilangan satu temennya” jawab si emas-emas itu. Terus gue berasa terharu gitu, ada yang nyariin euy..
Tapi ya sama emas ini juga gak sampe atas, gue berhenti di tengah jalan dan mempersilahkan dia melanjutkan perjalanan.
Alasan gue sering berhenti sebenernya simple, gue emang harus berhenti haha..
Jadi ketika gue nanjak dan nafas gue mulai tersengal pandangan gue udah mulai buram lagi, apalagi ini gunung batu ya, gue bener-bener harus memicingkan mata untuk berfokus kembali dan menemukan pegangan, pegangan hidup misalnya #duh.

Duduk dipinggiran, ngeliat ke bawah dengan kabut belerangnya yang cantik dan ngeliat ke atas dengan bintang bertebaran yang indah banget. Disaat seperti ini menatap syahdu sembari bersenandung, iya gue se-melankolis itu emang. Haha..
Gue memikirkan banyak hal, kenangan demi kenangan melintas begitu aja. Gimana ya solo travelling itu menyikap berbagai hal sih. Sesekali gue tersenyum sendiri atas apa yang gue lewatin, orang-orang yang gue temuin dan apa yang dikatakan Mas Rahmat,
“Jangan takut mbak untuk minta bantuan orang-orang, enggak papa. Orang-orang sini pasti akan bantu kok”
Sederhana tapi mengena.
Sampai akhirnya ada yang mau naik, gue langsung menghadang
“mas maaf naiknya boleh bareng?”

“Mbak Christina ya?” terus gue bingung, ini orang sape..

“siapa ya?”

“loh ini mbak Christina kan? ini kita satu penginapan mbak” ngakak? untuk kedua kalinya gue pengen gegulingan sambil push up haha.. sumpah sih mau dia senterin mukanya juga gue enggak bakal ngeh karena gue harus deketin muka dia ke mata gue biar keliatan

“Aman nih, mbak Christina udah ketemu..” dan gue tahu banget lelaki macem mereka-mereka ini nih yang harusnya gue kencani, haha..
Finally, gue sampe ke atas dengan selamat dan mereka semua lengkap.
Tidak lupa foto bareng buat kenang-kenangan.
Ya bisa dibilang ke Kawah Ijen inilah yang paling berkesan buat gue.






Dan ternyata yaa kalau mau liat sunrise kita kudu naik lagi ke atas, nah itu baru cakep sunrisenya. Kalau cuman di bibir kawah ya enggak dapet. Jadi ya puasin foto-foto hehe..
Nah untuk turunnya kebetulan bareng sama Mbak Rini dan Mas Rico yang sama takut turunannya sama gue (jadi berasa ada temen takutnya gitu, haha).

Langkah kaki pertama adalah penentu buat gue, makanya ketika mereka berdua sudah mulai turun gue menimbang-nimbang. Ini turunan, turun beneran, turunnya curam. Mampus gue. Dengan berpegang bahwa dibawah sana ada kang bakso gue  pun akhirnya ngambil ancang-ancang untuk turun sambil inget pesen Babang Fikri,
”kalau turunan boleh pelan asal terus, jangan berhenti nanti paha sama betisnya kerja keras”
Sampe sempet-sempetnya gue nawarin rheumacyl dan koyo sama orang yang kram, padahal gue gatau itu ada faedahnya apa enggak, gue tawarin aja segala isi tas gue dan asal tahu aja, mas-mas kram itu tetep turun paling duluan daripada gue haha, ketawa sih..

Tapi ini adalah hal paling membanggakan berikutnya. GUE BISA TURUN SENDIRI!
ah seneng bolak balik, ibarat daging tingkat kematangannya well done ini, sempurnanya paripurna. Sebangga itu gue? iyalah bangga banget gue.
Yosh, mari kita bersemangat dan berkawan dengan ketakutan-ketakutan itu.

Kelar turun dari Ijen, gue, Mbak Rini dan Mas Rico yang satu kamar penginapan pun memilih makan dulu sebelum kembali ke penginapan, sedangkan yang lain bergegas duluan, katanya mau nyebrang ke Bali.

15rebuan kawan
Hal menarik berikutnya adalah Vegetasi Taman Kawah Ijen yang bener-bener diluar nalar. Cakepnya kebangetan dan gue merasa beruntung ketika kabut masih menyelimuti pepohonan dan gue masih bisa menikmati pohon-pohon yang menjulang dengan tanaman-tanaman membatasi jalanan.

Sungguh hari yang indah~~~~

Begitu sampai di penginapan gue pun beberes mau melanjutkan tidur sementara Mbak Rini dan Mas Rico, nah mereka ini Tante yang nyenengin Keponakan liburan bareng mau lanjut sama suami istri yang sebelumnya gue temuin di penyewaan motor ke Teluk Hijau.

Ah iya, emas-emas yang ada di kamar sebelah itu anak Yogyakarta dan mereka lagi liburan bareng. Lumayan kalau gue ke Yogya ada temennya fufu, mereka mau lanjut nyebrang ke Bali buat ngubah jamnya jadi WITA katanya, duh gusti pengen ngakak takut dosa udah ditolongin soalnya haha..

11.30 wib

Tidur cuman sebentar tapi rasanya lebih dari cukup, gue pun langsung ngegas keluar tidak lupa permisi sama tetangga untuk melanjutkan perjalanan bertualang.

Tujuan 1 : Taman Nasional Baluran


Taman Nasional di perbatasan Situbondo ini enggak gue sangka, jauh.. haha lebih berasa jauh karena jalanan yang dilewati merupakan jalan arteri jadi saingannya sama truk-truk besar nih.

Ah iya, waktu cari makan siang dapet nih Rujak Soto. Ternyata harganya lebih enggak santai meski rasanya menggelegar banget jadi okelah ini adalah makan siang termahal gue.

25rebu, buset dah
Lama perjalanan akhirnya sampe di Taman Nasional Baluran nih. Duduk dan ngobrol sebentar sama tour guide di tempat pembelian tiket gue pun melanjutkan perjalanan. Sepanjang perjalanan tengok kanan kiri berharap ada kijang lewat minimal (Asal jangan macan aja, bisa diam tak bergerak gue) tapi malah nemuin banyak kupu-kupu lewat. Setelah ngelewatin Evergreen akhirnya keliatan juga Savana Bekol. Hooo jadi ini toh Afrikanya Indonesia, oooh jadi Afrika itu sevanas ini yak haha..
Untuk bulan September di musim kemarau begini, padang terlihat gundul dan beberapa tanaman terlihat meranggas. Gue pun asik tengok kanan kiri dan berfoto sebentar di Icon TN Baluran kepala banteng.








Sebentar di Savana Bekol gue langsung ke Pantai Bama dan Hutan Mangrove. Tapi selama disini sih waktu yang gue habiskan kebanyakan di Pantai Bama, kayaknya gak kuat gitu ngeliat ombak apalagi dipantai ini anak-anak banyak banget yang main dipinggiran. Sejuklah liatnya.

Kelar di TN Baluran gue mampir ke Pantai Watu Dodol, ngeliat Pulau Bali dari kejauhan. Betewe kalau garis pantai ini cocoknya ngeliat sunrise yaa.


Puas ngeliatin ombak gue pun bergegas pulang.

Sampai di penginapan udah ketemu aja sama si Mbak Rini dan Mas Rico, mereka enggak jadi ke Teluk Hijau dan ke Pantai Merahnya pun telat dapetin sunsetnya. Katanya sih gegara suami istri yang enggak jadi ke Teluk Hijau padahal udah nunggu.

Ya sudah kelar gue beberes dan mandi, kita pun berburu makanan di pasar malam dusun sebelah. Ini berkat informasi dari Mas Rahmat kalau cari makan di dusun sebelah aja, okelah ngegas langsung kesana.


Ini adalah pasar malam terniat, terbaik dan terbagus yang gue kunjungin haha.. biasanya ngeliat ombak atau kincir-kincir terus sampah pada ngampar, kali ini bersih banget deh. Ketika jalan menyusuri enggak lupa beli camilan dari cilok, sate jantung ati sampe akhirnya berhenti makan lontong sayur pake es kopyor semuanya abis 18.000 IDR dan betapa bahagianya akutuh.

Kenyang sudah ngantuk menerpa dan kami pun kembali ke penginapan sementara pasar malam makin ramai.

Minggu, 15 September 2019

Istirahat sudah, 05.00 wib gue bangun dan bersiap memulai aktivitas. Sementara teman sekamar sudah packing. Mereka naik kereta pukul 06.30 sedangkan kamar sebelah naik bus pukul 07.00.
Setelah pamit dan say goodbye, semoga kita ketemu di lain kesempatan gaes dan hati-hati di jalan!
gue pun melanjutkan perjalanan

Tujuan 1 : Gereja Katolik Maria Ratu Damai


Baiknya memulai hari minggu bahagia ini kita misa dulu nih di Gereja Katolik Maria Ratu Damai. Misa ini dimulai jam 07.00 wib dan berakhir jam 08.30 wib.

Tujuan 2 : Bangsring Underwater


Untuk mencapai tempat ini gue hanya butuh setengah perjalanan ke TN Baluran, jadi enggak berasa amat. Tapi ya di hari ini berasa banget betapa pegalnya kaki gue. Angin cukup kencang hingga ombak lumayan. Gue berpikir apa perlu ya nyemplung ah tapi sayang juga kalau enggak nyemplung. Akhirnya gue sewa alat snorkeling dan guide karena ombak kelewat kenceng.

Sewa snorkeling disini 30.000 IDR dan sewa guide 30.000 IDR ditambah nyebrang 5.000 IDR.
Beda lagi kalau kalian mau sekalian nyebrang Pulau Tabuhan dan Pulau Menjangan dengan maksimal 10 orang, per kapal 500.000 IDR, duh gusti berat yaa buat solo traveler apalagi setelah tengok kanan kiri enggak ada gerombolan mau ke dua pulau itu.

Bener aja ombaknya gak maen-maen cuy, keras bener sampe gue mental-mental dan meski pakai kacamata tetep aja airnya masuk ke mulut. Ya sudah akhirnya bertahan cuman sebentar melanjutkan sesi curhat ke dua sama guide nya. Ini sih ya, kayaknya emang gue demen banget curhat haha..
Kelar curhat main sama hiu-hiu unyu yang cuman bisa diliat enggak bisa dipegang.
Nah kalau ombak lagi gede gini otomatis butek airnya jadi enggak bisa leluasa ngeliat pemandangan bawah laut, apalagi ngeliat budidaya terumbu karang jauh harapan deh. Cuman gue seneng aja ngeliat ikan-ikan bergerombolan dibawah rumah apung dengan irama yang teratur, jadi tolong bayangin aja dengan situasi sesepi itu gue pegangan sama tangga nyelupin kepala doang buat ngeliat ikan-ikan itu haha..





Dirasa cukup dan perut lapar parah gue pun balik ke daratan.
Di daratan kelar bebersih gue langsung beli mie dan es kelapa dong sembari menikmati deburan ombak.
Ah kombinasi mie dan es kelapa seseger itu emang kalau udah dihadapan laut.


Tujuan 3 : Grand Watu Dodol

Cuman gegara namanya sama kayak GWK yang ini GWD gue rasa gue kudu mampir haha..
Jadi ini tuh pengembangan kawasan wisata Pantai Watu Dodol dimana kalian bisa santai-santai mandjha dengan pasir hitam khas pantai Watu Dodol dan ombak yang bersahabat atau duduk manis dengan sisa es kelapa dari Bangsring Underwater diseruput pelan-pelan sambil memandang Pulau Bali nun jauh disana.







Gue bisa bilang tempat ini memiliki konsep kekinian dengan banyak spot bersantai baik keluarga, berkelompok, berduaan atau single fighter kayak gue.

Tujuan 4 : Osing Deles


Ingat waktu di Bangsring gue nanya tempat beli oleh-oleh dimana, mereka arahin ke Osing Deles. Waktu gue googling pun diarahin ke Osing Deles.
Berakhirlah gue di Osing Deles ini.
Tempatnya unik sih menurut gue, dengan camilan yang cukup lengkap, outfit kekinian dan souvenir ala kadarnya rupanya ini rujukan dari Mas Lutfi juga selaku penjaga penyewaan motor.

Tujuan 5 : Kampung Osing


Selesai berbelanja sambil ngitung-ngitung budget oleh-oleh gue pun mampir ke Kampung Osing yang jaraknya cuman 15 menit dari Penginapan.
Nah disini itu dari yang gue baca-baca kita bisa ngeliat proses langsung kopi Kemiren yang tersohor itu beserta rumah adat asli Osing. Cuman ternyata disini tuh ada Wisata Desa Osing tapi isinya kolam renang sama miniature rumah adat. Menurut gue sih kurang worth it yaa makanya gue minta diarahkan beli Kopi Kemiren dimana. Ternyata posisinya tepat dihadapan Wisata Desa Osing ini, dirumah kecil yang kata penjaga Wisata itu persis kayak rumah adat Osing.

Nongkrong di warung sebentar ditemani ngobrol sama bapak yang lagi duduk gue pun izin foto dan beli sebungkus kopi kemiren. Jadi ada dua nih yang berlabel dan tidak berlabel, kalau yang berlabel itu udah keluaran pabrik nah yang gak berlabel itu buatan ibunya. Ibunya nunjukin sertifikat sebagai pembuat kopi. Kerenlah.

Gue pun beli yang enggak berlabel, si bapak bilang bulan depan kalau bisa kembali lagi karena ada festival sewu kopi, itu adalah festival dimana semua orang di Desa Kemiren mengeluarkan meja dan kursi ke jalanan lalu menyeduh kopi dan segala kudapan. Kopi ataupun kudapan yang kalian makan itu sifatnya gratis dengan satu syarat mari kita duduk sembari bercakap, membicarakan hal-hal yang entah layak ditertawakan atau dikritisi. Beginilah cara desa Kemiren menyatukan antar warga.
Ah, ada lagi semboyan disini. Dengan minum kopi bersama kita bersaudara, kira-kira begitulah yang bapaknya ngomong dan gue manggut-manggut takzim.

Sudah cukup ngobrol dan masih ada waktu tersisa gue pun berkeliling Kota Banyuwangi hingga mampir ke Pasar Besar Glagah. Membeli amanah dari kawan sepenanjakan Ijen dan teman sekamar untuk Mas Rahmat yang sudah kesediaan memberikan tempat berteduh. Tidak banyak memang namun dengan keikhlasan mewakili rasa terima kasih kami.

Lelah menerjang, gue kembali ke penginapan. Packing barang-barang biar lebih efisien. Sebentar packing datanglah suami istri yang baru saja dari Bali mau melanjutkan ke Ijen dan menumpang di Rumah Singgah. Asik ngobrol sama yang cewek gue pun kemudian pamit undur diri buat istirahat.

20.30 wib

Gue mendapati diri tertidur pulas, ah untung aja enggak kebablasan. Bersiap lalu segera merapikan diri untuk berangkat pulang. Sebelumnya pamit dulu sama Mas Rahmat sembari memberikan titipan amanah.

Sebelum naik kereta gue pun menyempatkan diri makan bakso di depan stasiun yang rasanya enak euy, ngobrol sebentar sama mas Lutfhi kemudian naik kereta pukul 22.10 wib.

Perjalanan malam kali ini gue bener-bener tertidur pulas hingga Stasiun Surabaya Gubeng.

Kali ini gue tutup dengan foto-foto yang gue ambil di Rumah Singgah BWI




No comments:

Post a Comment