Tugas 12/01/2014

1. Jelaskan bagaimana Audit Sosial Independen dan Mekanisme Perlindungan Formal dapat mendorong perilaku etis?
  • Audit ini meningkatkan kemungkinan rasa takut, dan bentuk audit itu dapat berupa evaluasi rutin yang dilakukan secara teratur dan berkesinambungan dan untuk Mekanisme perlindungan formal ini berfungsi sebagai perlindungan bagi karyawan yang mengalami dilema etis untuk melakukan hal yang benar didepan khalayak tanpa takut bahwa hal itu akan mempermalukan dia. 
http://fatrarivalda.blogspot.com/2011/07/education_14.html

2. Jelaskan tahapan pengembangan moral Lawrence Kohlberg!
  • Pada tahap Prakonvensional kita menemukan :
Tahap 1 - Orientasi hukuman dan kepatuhan : orientasi pada hukuman dan rasa hormat yang tak dipersoalkan terhadap kekuasan yang lebih tinggi
Tahap 2 - Orientasi relativis-instrumental : perbuatan yang benar adalah perbuatan yang secara instrumental memuaskan kebutuhan individu sendiri dan terkadang kebutuhan orang lain.
  • Pada tahap konvensional kita menemukan :
Tahap 3 - Orientasi kesepakatan antara pribadi : perilaku yang baik adalah perilaku yang menyenangkan dan membantu oarang lain

Tahap 4 -Orientasi hukum dan ketertiban : Orientasi kepada otoritas, peraturan yang pasti dan pemeliharaan tata aturan sosial.

  • Pada tahap pasca-konvnsional kita melihat :
Tahap 5 - Orientasi kontrak sosial legalistis : perbuatan yang benar cenderung didefiniskan dari segi hak-hak bersama dan ukuran-ukuran yang telah diuji secara kritis dan disepakati oleh seluruh masyrakat

Tahap 6 - Orientasi prinsip etika universal : orientasi pada keputusan suara hati dan pada prinsip-prinsip etis yang dipilih sendiri.

http://www.pergerakankebangsaan.org/?p=718

3. Jelaskan pendekatan "wortel dan tongkat" atau "the ccarrot and stick concept"!
  • Pendekatan ini berlaku dengan baik dibawah situasi tertentu. Seperti halnya upah pekerja, kondisi kerja dan keuntungan. Dengan alat-alat tersebut individu dapat dikendalikan selama dia berusaha untuk mencari nafkah namun ini akan diabaikan apabila seseorang telah mencapai level penghidupan yang layak dan terpenuhi
http://masroed.wordpress.com/2011/09/09/sisi-perusahaan-dari-manusia/                                                      
4. Carilah beberapa contoh perilaku tidak etis (minimal 5)?
  • Kasus suap daging impor
  • Perusahaan membayar gaji rendah kepada negara miskin
  • Penipuan produk yang tidak sesuai dengan ditawarkan
  • Penjualan produk yang sudah kadaluwarsa
  • Akuntan yang merubah angka
  • Auditor yang tidak jujur
http://trainingsistemmanagemenmutu.wordpress.com/2012/09/01/tidak-etis-perilaku-dalam-tempat-kerja/

5. Apa yang dimaksud dengan :
a. Penyimpang ditempat kerja : Perilaku tidak etis yang melanggar norma-norma organisasi mengenai benar dan salah, ini menyatakan bahwa karyawan sedang mengungkapkan ketidakpuasannya baik terhadap pekerjaannya ataupun kebijakan perusahaan yang dinilainya tidak sesuai dengan motivasinya.

b. Penyimpang hak milik : Perilaku tidak etis terhadap harta milik perusahaan. Seperti mencuri aktiva perusahaan ataupun barang milik perusahaan, memasang tarif tinggi terhadap beberapa pihak dan bahkan mencuri aktiva milik perusahaan lain.

c. Penyimpang Politik : Menggunakan pengaruh seseorang untuk merugikan yang lainnya. Seperti memfitnah atau menuduh seseorang atas yang bukan diperbuatnya, menyebarkan kabar yang tidak benar tentang seseorang, menilai secara subjektif dan bukan objektif.

d. Penyimpang Rumah Produksi : Perilaku tidak etis terhadap jumlah dan mutu produksi. Seperti pulang lebih awal, beristirahat lebih lama, dan sengaja bekerja lamban.

http://blog.stie-mce.ac.id/rina/2011/11/14/etika-manajerial/

No comments:

Post a Comment