iiihh~ngus....


Ingus tuh? Iyak ingus!
kenapa coba gue bahas ini??
mau tauu dong pasti :P

Jadi kejadiannya ini ketika musim pancaroba datang menghadang dan gue terhalang pilek, pilek gue ini udah lebih dari seminggu, sampe gue nulis ini pilek gue berubah jadi batuk berdahak, syediih cekaliii

INGUS itu apa siiyh..

Kalo kata bang Wiki nih yaaa Ingus itu adalah lendir lengket yang ada didalam rongga hidung, nah udah tau dong hidung itu berfungsi mencium bebauan, naaaaahh lapisan cairan lengket inilah yang membantu mengenali bau-bauan dengan sangat baik, dan ingus itu juga menangkap artikel-artikel seperti debu atau serbuk tanaman, kemudian melarutkannya.
Kalo sebelumnya kita bahas UPIL nah berkorelasi niih antara ingus dan upil.. wikikik..

INGUS terbentuknya bagaimanaa siihh..

Ingus itu kan bentuknya basah, licin, dan sedikit lengket yaa. Nah cairan tersebut diprosuksi oleh selaput mukosa, yaitu lapisan sel pelindung rongga dan saluran tubuh yang terhubung langsung dengan dunia luar. Beberapa bagian tubuh yang dilapisi selaput ini di antaranya bibir, telinga, lubang hidung, mulut, saluran pencernaan, alat kelamin dan dubur. Lendir hidung yang sering dianggap mengganggu ini terbuat dari protein, karbohidrat, garam dan jaringan sel, kandungan garam ini yang menjadikan ingus jadi asin-asin gimana gitu, tapi disarankan jangan ada kebiasaan untuk makan ingus yak ..jorok.. :P

Ohya tubuh manusia itu setiap harinya menciptakan ingus sebanyak 1-2 Liter loohh dan ini normal, karena mereka berfungsi sebagai penghadang buat debu ataupun benda asing yang tidak dikenal (benda asingnya bukan ufo yak XD kagak muat juga tuh idung)
Yang gak normal tuh kalo ingus sampe meler-meler, nah ini disebut ingusan, cobaa yuk kita kenali apa aja sih yang ngebuat ingus sampe meler-meler itu :


  1. Infeksi : udah dibilang kan ingus itu dipake buat menghalau benda-benda asing, nah apa jadinya kalo benda asingnya sekompeni, otomatis tubuh memperkuat pertahanannya dan secara menggila tubuh akan memproduksi ingus, tapi tenang yang begini gak bakal berefek lama
  2. Iritas dan Polusi: sekarang ini dijalan perkotaan sebelah mana sih kita ngeliat orang-orang pada gak pake masker, nah ini adalah salah satu untuk menghalau polusi dan keluarganya merasuki hidung (yang paling sensian). Karena kalo kena paparan yang berlebihan dari 2 hal ini akan mengakibatkan pembengkakan dari saluran nasal dan rhinitis.
  3. Reaksi dari makanan : pernah makan makanan yang pedes gile terus abis itu dengan nikmat nelen ingus? nah makanan pedes inilah yang memacu ingus untuk meler-meler (sstt telur dan susu dapat memperparah gejala ini loh)
  4. Faktor Lingkungan : pernah dong sakit enggak tiba-tiba aja ingus meler-meler, biasanya gue ngalamin ini ketika abis mandi malam, seketika ingus bertebaran di atas bibir gue, aaahh~ udah kayak abis mandi sambil nangis deeehh..
  5. Kebiasaan tidak sehat : ah ini sih sudah merusak tubuh, hidup anda siap juga digempur sama ingus yang meler-meler, yak ngerokok dan ngonsumsi alkohol! ini semua bisa menyebabkan iritasi dan peradangan loohh.
  6. Emosi : nah emosi yang sedang kita bina juga dapat menjadi pemicu munculnya ingus berlebih loh, misalnyaa aja lagi nulis surat cinta, saking mendalaminya sampe terharu (padahal sendirinya yang nulis) terus akhirnya ingusan daaahh, aahh cucok beud dah ahhh~
Nah tadi udah dikasih tau tuh kondisi bagaimana ingus bisa meler, tapi itu masih ingus dalam jangka pendek, dimana ingusnya gak ampe berhari-hari. Terus kenalinnya gimana coba yaaa..
Ini nih gue kasih tau cara ngenalin ingus biase biase ajee sama ingus yang gak biasa..

Ini kutipan dari Nona Dr. Jennifer Shu dari Children's Medical Group ::
  1. Ingus yang muncul akibar alergi, trauma (benturan), iritasi dan terpapar polusi udara, penggunaan obat semprot atau masalah anatomi hidung, maka tidak mengandung infeksi bakteri, virus dan mikroorganisme lainnya
  2. Ingus yang muncul tidak berwarna atau bening adalah bukan jenis ingus infeksi
  3. Kalo lendir ingus berwana kuning, hijau atau cokelat, hal ini bisa menjadi tanda adanya infeksi di saluran pernafasan bagian atas
  4. Debit atau volume ingus yang keluar bisa menjadi tanda infeksi sinus yang disebabkan oleh bakteri. Kalau jumlahnya banyak dan sering itu pertanda infeksi.
  5. Ingus yang mengandung bakteri biasanya disertai dengan sakit kepala, nyeri dibagian wajah terutama ketika sedang membungkuk, demam, bau mulut, tidak bisa mencium bau-bauan, gangguan telingan atau batuk yang terus menerus.
Dr. Jenn (cielah belaga kenal lama) juga menjelaskan umumnya infeksi bakteri berlangsung lebih dari 7 hari serta lendir yang keluar lama kelamaan justru memburuk. Jika disebabkan oleh bakteri, maka dibutuhkan bantuan antibiotik untuk menyembuhkan tapi tidak untuk infeksi virus.

yg bgni ini gk bleh
Jadi udah pada tau dong ngenalinnya bagaimana dan bagaimana pula yang menyebabkan ingus ampe meler-meler, tapii sebelum kita berpisah gue juga mau ngasih tau nih kalo kalian pilek jangan sampe salah ngeluarin (lah salah ngeluarin gimana nihhh~)

Ada berbagai macam cara pastinya mengeluarkan ingus yang berlebihan, seringnya adalah dihembuskan dengan keras sambil menutup salah satu lubang hidung dan mulut, jelas dong tekanan udara besar dari dalam akan mendoron lendir ke arah salah satu lubang idung yang kebuka. Nah kalo jumlah lendiri sebatalyon, maka tekanan besar itu akan mencar kemana-mana, yang bisa aja menggiring tuh lendir yang penuh kuman terperangkap ke dalam tuba eustachius, terus kumannya beranak dan menyebabkan infeksi telinga tengah deh, nah fatalnya keadaan ini bisa menyebabkan pecahnya gendang telinga terus budek deh.. hayo hayoo..

Ada baiknya kalo buang ingus mulut ngangap dikit jangan lupa juga pake tisu apa sapu tangan yaa, biar ingusnya kagak beleber kemana-mana macem Bo.. :D

Dan ini salah satu penampakan si Ingus yang ganteng (Final Fantasy III :v)


Yang pasti kalo Ingus-nya kayak yang diatas, 
gue ridho di-Ingus-in saban hari~ :D





Sumber ::
http://id.wikipedia.org/wiki/Ingus

http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20091010215029AAm0iM6
http://health.detik.com/read/2009/08/07/181001/1179494/766/dari-mana-munculnya-ingus
http://ihsanmed.wordpress.com/2011/01/02/membedakan-ingus-biasa-dan-ingus-yang-terinfeksi/
http://home.spotdokter.com/165/jangan-membuang-ingus-terlalu-bersemangat-saat-pilek/
http://bumblebeebiz-infohot.blogspot.com/2011/01/proses-terjadinya-cairan-lendir-hidung.html
www.satrapov.net
finalfantasy.wikia.com

6 comments:

  1. Iyalah cakep! Itu INGUS! Maksut gue, IN-GUS!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakakak :v apapun itu kalo diliatnya sekilas dan langsung dibaca maka langsung Ingus~ srrooooottt XD

      Delete
  2. Replies
    1. yaelah shak, gue juga ingusan nih, mao?? apa kita tanding ingus aja? wkwk :P

      Delete
  3. ingus terjadi juga karena sebelum ngupil gak cuci tangan. jadinya kena pilek deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap, karena ada bakteri2 yang ikut bersamanya.. :D *tambahkan yaa*

      Delete