KOPDAR KK : Jelajah Ibukota

Yang gak ikutt KopDar KK ngacuuuunggg!!!
gue mau buat review niih biar pada ngiler *uhuk*
KopDar kali ini terbilang rame dan gue banyak ngerasain yang gereget termasuk panas Jekardah yang ngebuat kehidupan gue makin luntur.
KopDar kali ini adalah di Museum Nasional atau loe bisa sebut Museum Gajah, karena ada Gajah mungil nan imut yang nangkring persis didepan pintu masuknya.
Hal pertama yang bikin kopdar kali ini greget adalah dari gue sadar bahwa gue masih hidup sampe gue kira bentar lagi gue encok.


Gue bangun kesiangan, padahal sumfeh deh gue sempet melek mata jam 5 pagi, melek doang sih terus merem lagi :v. Okeh fix gue bangun jam 7 dan langsung bersiap pergi, tidak lupa menyiapkan sarapan dan bekel dengan telor yang ternyata keasinan, manteb laaah asinnya. Gak sampe di kesiangan gue yang akhirnya berniat berangkat jam 08.30 diberisikin sama ponakan yang ketinggalan sarung tangan (jadi ponakan gue ini ternyata mau pantas dan gue sebagai tante gak tau, aaaakk~ maafkan tante durhakamu ini nak). Akhirnya gue mesti pergi kesekolahnya dulu buat nganter sarung tangan, berhubung jalan ke Monas sama ke sekolahan lawan arah, gue yang tadinya niat naek kendaraan umum memutuskan untuk naik motor aja. Tapi malang nasib ditanggung sendiri motor gue mogok pas didepan pintu gerbang Harapan Indah dan apakah kalian tau saudara-saudara, diseberang motor gue yang mogok ada halte transjakarta (apakah ini petunjuk darimu Tuhan?) gue pun langsung dorong motor ke parkiran terdekat dan buru-buru ke halte, disini gue mikir pulang belakangan yang penting nyampe ditujuan, meski dalam hati gue agak ketar ketir juga. Hahaha..
Eng Ing Eng ternyata transjakarta di halte sambungan Pulo Gadung ini cuman ada 2, tadinya sih 4 cuman rusak 2 jadi udah kayak komedi puter aja tuh bolak balik gak berhenti. Nunggunya lama banget, jam 09.30 gue baru bisa naik dan merasakan busway dengan bau terbakar. Gileeee nih pagi gak jauh-jauh dari kebakar, tapi disini gue kenalan sama cici-cici yang belum sempet gue foto, anak Yarsi jurusan teknik informatika yang akhirnya kita berdua ngobrolin blogger. Lumayanlah dapet cici-cici daripada gak ada sama sekali (apa ini maksudnya -___-), gue juga ngobrol sama penjaga Transjakarta yang ngeluhin temen-temennya pada demo, dia sebetulnya setuju sih karena kenaikan gaji yang demo berati kenaikan gaji dia juga, ohya dia juga cerita nih tentang Transjakarta yang akan ada penyesuaian harga seiring dengan dipegangnya Transjakarta oleh pihak swasta, denger-denger sih bakal naik 2kali lipat, yang tadinya 3.500 jadi 6.000 sampe 7.000.
Transit sana transit sini, saking kebanyakan transit gue pun ketiduran, naaaah untungnya banget gue dibangunin petugas untuk ngasih tempat duduk dan ternyata setelah itu adalah halte yang gue tuju, jelas bersyukur karena gue gak mau ngulang kesalahan dimana gue tersesat sampe dikalideres. Akhirnya jam 10.40 gue berhasil mencapai museum gajah dan tersenyum sumringah, aku telah kembali kepada jalan kebenaran :v.
Pasukan KK Jabodetabek (1 Nyelip Palembang :v)
Jadi, disepesialnya Kopdar kali ini bukan cuman karena telor gue yang keasinan tapi juga karena ada nyelip anak Palembang, maen bukan emang..


Setelah menunggu sampe jam 11.15 kami pun bergerak menuju tempat yang enak buat ngumpul dan ngobrol sambil nunggu yang lain (sebenernya sih karena diminta pindah sama satpam :P). Tadinya memutuskan buat ngobrol di bawah tangga tapi karena ternyata ada bau yang sangat sangat sedap akhirnya pindah lagi ke depan gedung yang satu lagi. Nah pembukaan mah langsung dari juragan KK yaak Mpok Pina, doi membeberkan rencananya termasuk salah satunya resign dari kantor demi KK (njiir gue langsung cari tisu dan ngelap mata, kelilipan men..), selain rencana-rencana dahsyat dari Mpok Pina, kita juga diminta nantinya menuliskan harapan-harapan untuk KK, ohyaa disini gue gak jelasin yee rencana dahsyat si Mpok, biar pada penasaran, hihi..

Nah pas teng jam 12.30 acara pun dilanjutkan sama makan siang sampe akhirnya diminta pergi kembali agar tidak makan disitu, tapi karena kepalang tanggung makanan yang dimakan juga mau abis kita pun menghabiskannya dulu lalu bersiap masuk ke museum. Sebenernya ini pertama kalinya gue masuk ke museum ini selain hanya mendengar cerita mistis dimuseum ini, hihi..
Mulai dari foto absurd, gilak sampe buat video yang bikin satpam pada mandangin kita semua terjadi disini, ohyeee diKopDar kali ini juga ngerasain gimana rame-rame diusir bapak satpam, haha..biasanya gue diusir sendiri karena berisik sendirian #kemudianhening..

Nah kita akhirnya keruangan dimana sebelumnya banyak anak SD pada ngumpul, kemudian membicarakan banyak hal mulai dari gimana nasib aku dan kamu kedepannya #okegagalfokus. Mulai dari perbincangan seputar KK dan juga pembacaan dari harapan Kawancut buat KK kedepannya. Nah, setelah itu kita pindah lagi untuk tukeran Buku, karena buku yang mau dituker ada ditas dan tasnya kan kudu dititipin sama satpam yang untungnya bukan Arca kita pun pindah ketempat awal dan mulai mendata siapa aja yang bawa tukeran.

Okeee absen dimulai tukeran pun dimulai, disinilah tingkat keabsurdan hidup gue kayak diuji, karena apa yang gue dapetin seperti petunjuk dari Tuhan Gue.. gue...dapeet... gue.... dapeeett..


2 majalah Hidayah dan 1 majalah Girls
Nah ini dia gereget banget gak sih? pas tukeran buku dapet majalah beginian? (mungkinkah ini petunjuk daripadamu Tuhan? ._.) menurut gue keabsurdan bukan sekedar dapet majalah hidayah tapi juga ada majalah girlsnya, lalu gue mulai berfikir mungkin maksud hati dia mau tukeran sama majalah girls dan hidayahnya itu adalah bonus (atau sebaliknya, yang pasti gue gak berani bayangin). Meski shock berat dapet majalah beginian tapi ada syukurnya juga, gue jadi inget waktu jaman SMP dimana gue lagi seneng baca Misteri dirumah, pas disekolah suruh jaga perpus berhubung semua buku perpus (yang komik) udah gue baca semua isenglah gue baca hidayah dan mulai geli sama ulet dan bangsanya ._. jadi Kawancut yang ngasih Hidayah ini terimakasih mengingatkan awal mula gue geli sama ulet dan bangsanya juga gimana gue percaya bahwa siapapun yang ngelakuin kejahatan pas mati pasti ada uletnya -_-". Yang pasti makasih juga buat girlsnya ternyata ada komik donald bebek, lumayanlah bacaan SD yang akhirnya bisa dibaca lagi :v

usai terisak-isak sama majalah hidayah yang gue dapet, kita pun melanjutkan dengan naik bus city tour yang sekarang gak ada guidenya, gue sih excited banget karena baru kali ini naik bus tingkat, apalagi di Bekasi gak ada, sayanglah kalo kelewatan (gue naek dua kali looh saking excitednya, haha). Nah pas naik ini wuiiihhh... ada yang kurang... gak ada yang mandu wisata, jadi bus wisata dirasa udah gak pas melekat sama bus yang enaknya pake banget full music lagi sayang aja bukan dangdut jadi Indonesianya kurang gereget gitu..
Keliling sekali, pindah berkali-kali.. Iya gue pindah mulu kerjaannya, niatannya sih sampe depan banget biar kayak masuk tipi gitu, tapi apa daya yang didepan gak mau pindah dan gue kan juga gak mungkin mengeluarkan pesona kecantikan gue #halah.

Bus city tour ini emang sih cuman muter-muter tempat sentral Jakarta (kenapa dia gak lewat istana presiden yak? kan penting itu...) sampe akhirnya pada turun di perhentian depan museum gajah dan pantat gue masih nempel di bangku (Jadi setelah gue mendapatkan buku hidayah gue memutuskan untuk gereja dulu.. istilahnya setelah dapet hidayah gue langsung tobat :v). Nah pas duduk sendirian gini ada cowok keceh badai yang duduk disamping gue (sampe deg2an) kecenya kayak gimana, kayak gini niihh.. gagal tobat dah guee..

 Namanya Juan kelas 2 SMP di Manado, disini dia lagi liburan kerumah Omanya, baru jelajah Jakarta Dufan, Kota Tua dan Monas. Cuman 3 hari Jakarta dan hari minggu dia mau pulang, dia bilang Jakarta banyak apartemen dan gedungnya tinggi-tinggi, paling suka Dufan dan berharap bisa masuk sana lagi. Hihi, anaknya lucu dan malu-malu gitu, liat aja tuuh di poto dia mesem gitu, mesem kepaksa karena gue minta foto XD


Gue ngejelasin dikit sama dia, mulai dari Pasar Baru, Sekretariat Negara, Katedral, Istiqlal, Museum Filateli, beberapa gedung lama juga beberapa patung yang berdiri di Jakarta, ketika sampe di halte deket Stasiun Juanda gue pun pamit sama dia mau ke Katedral. Untung banget gue ternyata dateng tepat waktu, setengah jam sebelum misa dimulai, lebih beruntungnya gue ketemu temen lama dan baru disini. Dia jelas tanya kenapa gue sendirian dan gue jelas cerita panjang lebar tentang hari itu sampe akhirnya kita masuk gereja dan mulai misa dengan khusyuk.

Di misa kali ini sebenernya ada yang menarik, gue ketemu Oma-oma, umurnya 73 tahun dan umur cucunya lebih tua setahun dari gue, jurusan akuntansi di UnTar dan udah bekerja diperusahaan keluarga. Si Oma duduk tepat disebelah gue dan ketika misa hampir berakhir dia ngajakin ngobrol sedikit, dia tanya rumah gue dimana, pas gue bilang di Bekasi mukanya pun nampak berpikir kira-kira berapa hari yang gue tempuh untuk sampai di Jakarta -_-" dan dia bilang muka gue masih SMA, waduh andaikata badan gue gak berat terbang kali gue :v. Uniknya dia mengatakan begini, sesuatu yang bakal terkenang banget.
"Jangan lupa untuk berpasrah dan lakukan kebaikan. Ingat apa yang kamu tabur itu yang kamu tuai. Mungkin menjadi orang baik tidaklah mudah akan ada banyak kerikil namun ingatlah untuk pasrah karena Tuhan tidak pernah menutup mata terhadap kebaikan"
 Petuah yang sangat bijak darinya untuk gue yang masih muda gini, sayangnya sebelum gue minta foto dia udah pamit pulang karena cucunya udah nungguin dia untuk pulang (cucunya duduk dibelakang karena kebetulan bangku sebelah gue cuman kosong satu).

kanan teman baru (k'Citra) kiri teman lama (k'Dipta) :))
yang ini gue :P
Tipikal orang yang gampang excited XD










Pulangnya gue nonton layar tancep dulu didepan masjid istiqlal sambil liat-liat masjid, indah bener deehh kalo malem, udah gitu banyak juga pelancong yang foto-foto didepannya. Nah dari sini gue tadinya mau ke Monas, ngeliat air mancur menari sambel makan kerak telor pasti mantep tuh, tapi karena inget motor yang mogok gue pun mengurungkan niat dan mulai nyari halte terdekat buat transit di harmoni dan lanjut ke pulo gadung setelah itu sambung gerbang harapan indah.
Dihalte harmoni ini gue ketemu sama mas-mas yang pada mau naik gunung, si akang dari bandung karena dia emang kuliah disana dan lagi cuti kuliah buat ngejar naik gunung, dia mau naik gunung yang ada diperbatasan jawa tengah dan mau naik kereta disenen turun di solo-jebres soalnya titik point komunitasnya ngumpul di Jakarta. Gue sempet tanya kenapa dia suka naik gunung, sambil sumringah si emas jawab,

"Saya pertama kali naik gunung di Pangrango, untuk pemula itu gunung yang rekomendasi banget. Itu awal mula saya jatuh cinta sama daki, cape sih, kaki sampe pegel badan linu tapi setelah sampai puncak.. ya gitulah.. gak bisa dijelaskan pake kata-kata. Kamu harus cobain sendiri dan ngerasain sendiri lalu kamu bakal tau kenapa orang bisa ngejar gunung sampe ke negeri orang"
 Yang ngebekas adalah ketika dia membicarakan tentang hobinya matanya berbinar dan senyum semangat terpasang diwajahnya sambil malu-malu gitu mukanya dan yang buat gue tertarik dari perkataannya adalah lelah itu ada harganya, selelah apapun itu pasti akan ada yang diterima dan semua itu gak bakal sia-sia. Jelas ini juga jadi motivasi #1day1dream gue :D
Pada akhirnya transjakarta tiba dan kita harus berpisah, satu hal yang gue lupa adalah foto bareng dia, >.<
Nah biar pulangnya gereget akhirnya gue mengeluarkan headset dan ngedengerin One Ok Rock, tapi apa daya lelah sudah dan gue pun tertidur pulas sampe Pulo Gadung, begitu bangun gue jalan ke koridor Pulo Gadung 2 dan menunggu transjakarta yang tak kunjung muncul sampe gue lupa gue kelabasan tidur sambil diri -_-" untung gue gak kenapa-napa, begitupun dengan perjalanan ke halte berikutnya gue jatuh tertidur dan dibangunin oleh penjaga Transjakarta, setelah mengucapkan terima kasih dan pulang, gue pun mulai ngeregangin otot dan ngongkel si beaty pinky dengan harapan bisa nyala, Syukur banget motor kesayangan gue nyala dan akhirnya gue bisa pulang. Jam 10.30 sampai dirumah.

Bisa dikatakan selain ini adalah KopDar dengan tingkat seru tinggi dimana gue banyak ketemu orang baru dan juga merasakan hal baru gue juga bertemu dengan orang-orang tak terduga. :)
Next KopDar : Planet Bekasi!! siapkan rokett yaaaaa :P



13 comments:

  1. wakakak yang abis dapet hidayah, hahaha tepatnya buku hidayah ahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hidayahnya sampe kedalam jiwa dan raga kapten :v

      Delete
  2. waaaaakkkk, bener juga kan kata gue. abis dapet buku hidayah langsung dapet hidayah :v

    elu ke bekasi nyangku-nyangkut dulu kan sampe rumah jadinya jam 10:30pm nah gue, ke bogor nungguin kereta sampe bapuk dan akhirnya sampe rumah jam 9:00pm hahaha *maap curhat*

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakakakak.. :v
      pasti sekarang lu lagi ngopekin karatan hasil nungguin kereta sabtu kemarin..

      Delete
  3. Gua kira abis selesai kopdar lo langsung pulang, taunya masih mampir sana sini dulu wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, sekalian bang :v
      siapa tau ketemu yang bening2 *eh*

      Delete
  4. Ya ampun si ayu... wkwkwk bukannya pulang dia malah nyangsang kemana-mana :v gue aja pulang pulang tepar, yu.... :v

    ReplyDelete
  5. Oh kamu yang dapet buka Hidayah.. Haha. Kocak banget.
    Gw baru pertama ikut kopdar KK. Seru juga. Next kopdar kayknya ga ikut deh. Itu kok nyela kotanya sendiri.. Haha

    Eh iya, novel "Halo, Aku Dalam Novel'-nya bagus. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha *ketawa miris*
      jangan2 dari loe yaaa #ngasahpisau. Wah sayang banget loe jadi gak bisa liat keindahan Bekasi secara langsung XD

      wuiih loe yang dapet??
      syukur deh kalo suka :D
      jangan lupa dirawat yak bro..

      Delete
  6. seru!
    tapi kurang seru, kayaknya sih karena gak ada elu *eh* haha..
    next time ikut yaa :D

    ReplyDelete